Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elhubbyAvatar border
TS
elhubby
Indonesia Kembangkan Energi Angin
Jakarta (ANTARA News)- Balai Besar Teknologi Energi (BP2TE) BPPT dan United Nations Development Programme (UNDP) tengah mengembangkan energi dengan memanfaatkan potensi angin melalui proyek Wind Hybrid Power Generation (WHyPgen) Market Development Initiatives.

Penanggung jawab nasional proyek WHyPgen, Soeripno Martosaputro, di Rumpin, Tanggerang Selatan pada Rabu mengatakan, proyek pengembangan energi angin sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Baru tersebut dibiayai dana hibah dari Global Environment Facility (GEF).

Dia menambahkan, total anggaran sekitar 2,3 juta dolar AS dan bisa menghasilkan sekitar 18,8 GWh atau Giga Watt hour atau sama dengan 400 ribu megawatt per hari.

"Hingga 2030, peranan Bahan Bakar Minyak (BBM) masih cukup besar. Sebanyak 36 persen kebutuhan energi final nasional bergantung pada BBM yang sayangnya, semakin menipis. Kondisi tersebut mendorong pemerintah untuk sungguh-sungguh mengembangkan energi dari sumber energi baru dan terbarukan sebagai energi alternatif yang lebih ramah lingkungan," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya tengah memetakan potensi energi angin pada delapan lokasi yang potensial di antaranya di Bali, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, Banten dan Jawa Barat.

Proyek tersebut, kata dia, membutuhkan kerjasama antara para pemangku kepentingan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, PT Perusahaan Listrik Negara serta komunitas ahli yang tergabung dalam Masyarakat Energi Angin Indonesia (MEAI).

Dia menambahkan, energi angin sebagai salah satu sumber energi terbarukan memang memiliki sumber energi yang tidak terbatas jumlahnya dan ada secara cuma-cuma di alam semesta sehingga diharapkan dapat lebih berkelanjutan.

Penelitian mengenai energi angin dan pemanfaatannya sebagai pembangkit listrik pada dasarnya telah dilakukan sejak lama oleh banyak lembaga seperti LAPAN, BPPT, Kemenristek, Kementerian ESDM dan lain sebagainya.

Dari data yang dihimpun, sebanyak 166 titik di Indonesia telah dilakukan pengukuran terhadap potensi energi angin yang dimiliki dan dari 166 titik tersebut terdapat 69 titik lokasi yang memiliki potensi cukup bagus untuk pengembangan listrik tenaga angin.


Energi dr bahan bakar fosil semakin lama akan semakin habis, SDA alternatif adalah solusinya. Pemerintah hrs mengeksplorasi dg semaksimal mungkin demi ketersediaan energi masa depan. Selain jumlahnya melimpah energi alternatif jg ramah lingkungan emoticon-I Love Indonesia
0
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.