Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JapsantanoAvatar border
TS
Japsantano
Makanan Khas Kota Brebes JaTeng

Sate Blengong Kupat Glabeddd....!!!
Asli Maknyuz euy... emoticon-Smilie








Brebes- Jika membahas kabupaten ini identik dengan Telur Asin dan Bawang Merahnya. Yapz, benar sekali. Takan akan susah mendapatkan telur asin yang enak dan bawang yang berkualiatas di daerah Brebes.

Brebes juga menyimpan berjuta ragam kuliner yang menggiyurkan. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia setiap masakan pasti memiliki cita rasa yang berbeda dan unik.

Sate Blengong

Sudah menjadi hal yang tak lagi asing di lidah orang Brebes atau yang pernah menikmati langsung di alun-alun sembari menikmati indahnya sore hari. Sate yang berasal dari daging sejenis itik, yaitu hasil kimpoi silang Entok Betina dengan Bebek Jantan anak nya di namakan Blengong menurut orang Brebes...namun blengong lebih rendah lemak. Sehingga yang memiliki masalah dengan kolestrol tak usah begitu menghawatirkan. Daging blengong yang empuk dan tidak amis membuat panganan ini menjadi primadona. Bahkan di berbagai penjuru Kabupaten Brebes terdapat banyak kios-kios yang menyediakan Sate blengong.

Sate yang menggunakan tusukan terbuat dari bilahan bambu yang dibuat agak panjang, ini yang menjadi ciri khas sate blengong Brebes dagingnya pun di potong tebal dan panjang disetiap potongan satenya. Di olah dengan berbagai bumbu rempah membuat cita rasa sate blengong ini selalu memanggil para penikmatnya untuk mencoba lagi dan lagi.

Kupat Glabet

Orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kata-kata Ketupat. Panganan beras yang dimasak dengan dipadatkan di dalam bungkusan daun pisang ataupun daun kelapa (daun blarak). Ketupat yang biasa di makan saat lebaran ini. Di Brebes menjadi olahan yang enak dapat di temui sepanjang hari. Pada umumnya kupat Glabet Khas Brebes sama seperti ketupat-ketupat pada umumnya. Namun santan dan cara penyajiannya yang berbeda.

Kupat Glabet disajikan dengan guyuran santan yang tidak begitu kental. Di taburi krupuk mie yang sudah di remas-remas dan di campur dengan bawang goreng. Penyajian bersama sate blengong yang menggugah selera.
rasanya aduhai dan satenya panjang sekali  
+ 35 cm kalau dengan  tusuknya + 50 cm Wah..Wah..Wah dan bumbu satenya terasa sekali di lidah dan khas bikin lidah bergoyang.

Orang Brebes yang identik suka makanan yang pedess, gurih dan asin ini turut mewarnai rasa pada sate blengong dan kupat glabet. Satu set panganan ini dapat menjadi teman makan malam, atau biasa ramai dimakan saat sore hari di areal Alun-Alun Brebes.

Kalau yang sering mudik dan melintasi Kabupaten Brebes  pasti tahu akan panganan ini karena saat-saat itu banyak yang menjual sate blengong dan kupat glabet.


SELAMAT MENCOBA
jika Berkunjung/ Melintas ke BREBES
Jawa Tengah
Diubah oleh Japsantano 07-05-2013 06:23
0
13.4K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.