Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kortikalAvatar border
TS
kortikal
[Wow] Iran Mengekspor Minyak ke Cina via Indonesia
TEMPO.CO, London - Saat ini Iran menggunakan pelabuhan Indonesia dalam menjual minyak. Menurut sumber Reuters, cara ini dilakukan untuk menghindari sanksi negara-negara Barat. "Amerika Serikat dan Eropa," seperti yang dikutip dari Reuters pada 9 Mei 2013 lalu

Menurut pelacakan kapal AIS, pada bulan April lalu dua kontainer minyak besar (VLCCS) milik Iran mampu menampung dua juta barel setiap berlayar ke Pulau Batam yang akan diberangkatkan ke Cina. Beberapa waktu lalu, Amerika Serikat dan Eropa memberi sanksi kepada pemerintah Iran di Teheran yang diduga sedang mengerjakan senjata nuklir sejak awal 2012.

Sumber Reuters, analis di FACTS Global Energy (FGE) mengatakan Iran telah menggunakan strategi ini selama beberapa bulan terakhir. Mereka (Iran) mengirimkan minyak mentah ke pulau-pulau di Asia melalui VLCCs dan menjualnya ke Cina dari sana. Aliran dana ini sangat penting bagi pendapatan negara sehingga, sumber tersebut menambahkan, sangat penting mereka menjual sebanyak yang mereka bisa.

Iran telah banyak mengirim minyak melalui pulau-pulau lain di Asia untuk membantu menjaga ekspor minyak mereka. Pada September lalu, Reuters pun melaporkan Iran telah memarkirkan minyak mereka di Labuan, Malaysia, sebelum disebarkan ke tujuan lain.

Sumber Reuters lainnya menyebutkan, Iran menggunakan Labuan, Malaysia, lantaran di daerah ini minim sanksi. "Ini memudahkan Iran menggunakan Batam, Indonesia, sebagai basis lain."
sumber

Si ASU kecolongan ternyataemoticon-Malu (S)
Indonesia jd ketar-ketir nihemoticon-Takut
0
1.5K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.