Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alankaskuserAvatar border
TS
alankaskuser
Efek negatif film 5 cm terhadap Gunung Semeru
Salam Lestari!

Pasti sudah banyak dari agan2 yang nonton film 5 cm, film 5 cm diawal kemunculanya memang menjadi fenomena tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia tentunya tidak hanya dikalangan Pecinta Alam saja. Film yang menceritakan tentang persahabatan ini memberi warna baru di dunia perfilman Indonesia.

TAPI tahukah agan2 semua, dibalik kesuksesan film ini ada beberapa hal yang mengejutkan yang tidak terekspos luas.

1. Adanya indikasi perusakan lingkungan di kawasan TNBTS oleh para kru film 5cm.
DID U KNOW?
Ternyata logistik mereka sangat fantastis. Dari kru film saja mereka membawa rombongan sebanyak 100 orang, sedangkan kru lokal sebanyak 150 orang yang bertugas sebagai porter.

Logistiknya seberat 1200 kg dan ditambah 2500 kg peralatan sinematografi dan segala macam tetek bengeknya. Dapur umum untuk konsumsi tiap hari ada 4 buah, dengan dua dapur umum memakai bahan bakar kayu. Dan tentu saja banyak para kru yang mandi dan mencuci di danau Ranu Kumbolo yang terkenal itu.

Lalu darimana mereka memenuhi kayu untuk dapur dan untuk menghangatkan badan ketika suhu dingin. Ini dia perkaranya. Para kru film ini menebang pohon cemara yang ada di kawasan TNBTS. Ada 3 batang pohon dengan diameter 60 - 80 cm, dan puluhan pohon dengan diameter 20 - 40 cm yang ditebang untuk keperluan mereka.

Dari 3 batang pohon dengan diameter 60 - 80 cm ini, jika dikumpulkan akan menghasilkan paling tidak 20 kubik kayu. Sedangkan dari pohon dengan diameter 20 - 40 sm, jika yang ditebang 20 pohon saja akan menghasilkan 100 kubik kayu bakar. Jadi ada sekitar 120 kubik kayu yang dihasilkan dari penebangan pohon oleh kru film “5 Cm”.

Sekedar catatan, untuk jenis pohon cemara yang ada di kawasan TNBTS, untuk mencapai diameter 60 - 80 cm dibutuhkan paling tidak lebih dari 50 tahun. Dan populasi pohon ini sudah sangat sedikit dikawasan TNBTS. Rupanya ini yang menjadi pangkal kemarahan para anak - anak pecinta alam dan fans berat Gunung Semeru.

Hal ini menjadi perbincangan heboh di media sosial terutama oleh kalangan pecinta alam jawa timur, apalagi juga sempat beredar foto2 pengrusakan yang dilakukan, inilah yang membuat kalangan Pecinta Alam dan fans berat gunung semeru emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)

Namun yang lucu, ketika beberapa orang yang peduli pada saat pembuatan film ini mengetahui perusakan hutan di kawasan TNBTS ini ke Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan membawa data bukti foto, mereka mengabaikan dan menyuruh menghapus file foto ini. emoticon-Bingung (S)
emoticon-Bingung (S) emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)

2. Aji Mumpung
Ketenaran Gunung Semeru banyak dimanfaatkan oleh panitia/EO/Organisasi Penggiat Alam yang kini banyak bermuculan di mana-mana. Mereka memanfaatkan situasi ini untuk melakukan even pendakian masal (penmas)

Apa manfaat yang akan diperoleh oleh TN BTS, khususnya dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut???

Selama ini PARA PEMBORONG BISNIS PENDAKIAN dengan berbagai kedok, termasuk kedok aksi bersih hanya mengeruk keuntungan yang sebanyak- banyaknya saja tapi tidak peduli dengan Konservasi (kotoran sampah tidak kerusakan lingkungan) yang diakibatkan oleh kegiatan-kegiatan tersebut, juga hanya akan mengurangi jatah para pendaki amatir lainnya saja yang benar-benar cinta alam dan ingin menikmati keindahan dan keunikan Gunung Semeru tersebut.

Pikirkanlah baik-baik, jangan asal menggebu-gebu ingin menikmati alam, tapi tidak peduli dengan kerusakan yang akan anda akibatkan dan tidak peduli dengan kesempatan orang lain yang ingin menikmati keindahan alam TN BTS.

Event pendakian massal ke Gn. Semeru yang resmi dan diselenggarakan oleh TN BTS, hanyalah event UPACARA KEMERDEKAAN RI TANGGAL 17 AGUSTUS saja, karean TN BTS akan menempatkan petugas-petugasnya di setiap titik jalur pendakian hingga di puncak Mahameru.

PARA PEMBORONG BISNIS PENDAKIAN GUNUNG SEMERU jangankan mememiliki/mengantongi SIMAKSI, berkoordinasi dengan pihak TN BTS saja tidak pernah sama sekali.

TNBTS TIDAK AKAN PERNAH MENGELUARKAN SIMAKSI untuk mereka, karena kegiatan tersebut sudah TIDAK LAGI DIPERBOLEHKAN (khusus untuk kegiatan pendakian Gunung Semeru).

Ini Info resmi dari pihak TNBTS

Sumber: ForumHijauIndonesia

Apa pendapat agan????
silahkan berkomeng Ria di Thread ane emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
47.5K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.