Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

manekenekAvatar border
TS
manekenek
Pembalap CRT motogp 2013
Malam gan! tau motoGP gak gan? kali ini ane mau share ttg balapan roda dua yang paling kesohor didunia.. semoga gak repost gan...
seperti yang kita tahu,motogp 2013 udah berlalu sebanyak 2 seri. seri 1 di losail qatar dimenangkan oleh Jorge Lorenzo Fiat Yamaha dan seri kedua di sirkuit Texas dimenangkan oleh Marq Marquez Repsol Honda. Nah apa agan2 tau tentang pembalap tim CRT?? apa sih itu tim CRT? yang pembalapnya kebanyakan jatuh dan di overlap emoticon-Ngakak

Sejarah CRT

CRT memiliki kepanjangan dari Claimed Rule Team, adalah sebuah kategori baru untuk peserta MotoGP, yang merupakan tim privateer (tim pribadi) dan tim non-pabrikan (tidak terkait dengan pabrikan manapun). Tim2 CRT memakai motor berbasis mesin produksi massal, seperti Honda CBR1000RR, Aprilia RSV4, Kawasaki ZX-10R, atau BMW S1000RR, dengan sasis prototype atau modifikasi. Jadi berbeda dengan motor MotoGP biasa, dimana mesin dan sasisnya berasal dari satu tempat atau satu pabrikan. Di MotoGP musim ini, ada tujuh tim yang turun dengan status sebagai tim CRT, dengan dua belas pembalap. Karena di MotoGP skuad pabrikan hanya terdiri atas 3 pabrikan, dan masing2 punya empat pembalap (dua pembalap di tim pabrikan dan dua di tim satelit), maka kehadiran tim2 CRT ini jelas membantu menaikkan jumlah peserta, dari yang hanya 12 pembalap menjadi 24 pembalap. Melihat definisi soal tim CRT yang ada di atas, bila diartikan secara singkat, CRT seperti "me-MotoGP-kan" sebuah Superbike, mengingat motor yang dipakai sebagai basis untuk CRT ini adalah motor yang dipakai dalam balapan World Superbike Championship. Tentu kalian tahu bahwa motor yang dipakai di World Superbike Championship adalah motor produksi massal spek balap. Meskipun begitu, bisa saja bukan mesin motor World Superbike yang dipakai, melainkan benar2 mesin motor produksi massal. Tentu saja, mesin itu sudah dimodifikasi sehingga bisa sesuai dengan kondisi di MotoGP dan memiliki kecepatan yang sama atau mendekati dengan motor MotoGP. Walaupun dalam penerapan di lintasan, motor2 ini masih tertinggal jauh dari MotoGP.
Kenapa kategori CRT ini harus ada di MotoGP ? Kategori CRT dimunculkan di MotoGP sebagai trik untuk mengatasi jumlah peserta di MotoGP yang makin lama makin seret, setelah satu per satu tim pabrikan mundur karena kendala dana. Suzuki menjadi pabrikan terakhir yang memutuskan mundur dari MotoGP karena problem finansial. Dengan mundurnya Suzuki, maka otomatis jumlah peserta MotoGP dari kalangan pabrikan hanya terdiri dari tiga tim saja, yaitu Honda, Yamaha, dan Ducati. Jumlah pembalap yang berlomba juga sangat sedikit, yaitu hanya 12 orang. Mengingat jumlah perolehan poin di MotoGP berlaku untuk 15 pembalap, tentu saja jika susunan ini dipertahankan, jelas akan membuat balapan MotoGP jadi tidak kompetitif, karena 12 orang ini sudah dipastikan akan mendapat poin. Mereka hanya tinggal balapan untuk mencari posisi terbaik saja karena mereka sudah pasti dapat poin. Sisi kompetisi di MotoGP akan mati jika kondisinya seperti ini, dan ini juga akan membuat MotoGP terkesan eksklusif, terutama untuk tim, karena hanya pabrikan saja yang bisa balapan di sini. Tidak seperti Formula 1, MotoGP tidak punya banyak tim privateer atau non-pabrikan. Karena itulah, dipikirkan bagaimana caranya agar balapan MotoGP bisa tetap berjalan kompetitif, dengan harga yang murah, karena kendala terbesar menyangkut balapan di MotoGP adalah soal dana yang besar, melebihi pengeluaran untuk bergabung di Moto2 dan Moto3. Akhirnya, tradisi pun didobrak, tim2 non-pabrikan atau tim privateer bisa ikut bergabung di MotoGP, dengan menggunakan motor yang berbasis mesin produksi massal, dengan sasis modifikasi atau buatan dari pihak lain. Motor2 inilah yang kemudian dikenal sebagai motor2 Claimed Rule Team atau CRT, yang pada musim ini mulai diberlakukan di MotoGP.

1 Colin Edwards USA – Forward Racing (FTR-Kawasaki)
2 Claudio Corti ITA – Forward Racing (FTR-Kawasaki) (Rookie)
3 Karel Abraham CZE – Cardion AB (ART)
4 Randy de Puniet FRA – Power Electronics Aspar (ART)
5 Alex Espargaro SPA- Power Electronics Aspar (ART)
6 Hiroshi Aoyama JPN – Avintia Blusens (FTR-Kawasaki)
7 Hector Barbera SPA – Avintia Blusens (FTR-Kawasaki)
8 Danilo Petrucci ITA – IodaRacing (Suter-BMW)
9 Lukas Pesek CZE – IodaRacing (Suter-BMW) (Rookie)
10 Bryan Staring AUS – Honda Gresini (FTR-Honda) (Rookie)
11 Michael Laverty GBR – Paul Bird Motorsport (PBM-Aprilia) (Rookie)
12 Yonny Hernandez COL – Paul Bird Motorsport (ART)

ada Collin Edwards dan Randy de Puniet gan pembalap senior yg di harapkan bisa mengangkat pamor tim CRT emoticon-Smilie

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Collin Edwards

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Claudio Corti

Pembalap CRT motogp 2013
Karel Abraham

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Randy de Puniet

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Alex Espargaro

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Hiroshi Aoyama

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Hector Barbera

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Danilo Petrucci

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Lukas Pesek

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Bryan Staring

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Michael Laverty

Pembalap CRT motogp 2013
Pembalap CRT motogp 2013
Yonny Hernandez

Sekarang apa bedanya motor MotoGP dan motor CRT ? Bedanya sangat banyak. Selain motor CRT memakai mesin berbasis motor produksi massal dan sasis independen atau buatan pihak lain, sementara motor MotoGP memakai mesin khusus dan sasis khusus dari pabrikan, motor CRT dikelola secara independen oleh tim itu sendiri. Beda dengan motor MotoGP yang dikelola oleh pabrikan secara langsung. Kasus yang sama berlaku pada motor tim satelit. Untuk perawatan dan pengaturan settingan motor, semua harus di bawah pengawasan mekanik pabrikan, untuk memastikan agar motor masih dalam spek pabrikan dan motor dalam kondisi baik. Malah sebenarnya ada aturan yang melarang campur tangan pabrikan dalam motor CRT. Untuk aturan ini, biasanya pabrikan akan mengakali aturan itu dengan mengirim tim teknis dari ajang balapan lain untuk mengurus motor CRT tersebut, seperti contoh tim San Carlo Honda Gresini, yang perawatan dan pengelolaan teknisnya diurus oleh tim Honda Ten Kate, salah satu tim World Superbike Championship yang sering jadi langganan mesin Honda. Motor CRT juga lebih murah daripada motor pabrikan, atau motor satelit, karena merupakan motor buatan sendiri. Berbeda dengan motor pabrikan, terutama motor satelit yang disewakan (bukan dibeli oleh tim satelit!) dengan harga tertentu yang cukup mahal. Bisa sampai 2 juta Euro harganya. Itu salah satu faktor yang membuat banyak tim satelit yang menjerit saat berada di MotoGP. Harga sewa motor dari pabrikan yang cukup mahal. Tidak heran kalau kemudian ada tim satelit yang berpindah status menjadi tim CRT, seperti contohnya tim Aspar yang musim lalu menjadi motor satelit Ducati. Untuk regulasi teknis, motor CRT mendapat kelonggaran yang cukup besar. Jika motor MotoGP hanya diberi jatah 6 mesin dalam satu musim (1 mesin untuk 3 balapan, seperti aturan minum obat 3 kali sehari), maka motor CRT mendapat jatah 12 mesin dalam satu musim. Motor atau tim CRT juga mendapat kebebasan untuk membeli mesin dari tim lain sesuai dengan keinginan mereka, dengan harga keseluruhan tidak boleh lebih dari 20 ribu Euro.
Meskipun masih sulit untuk mendekati catatan waktu tercepat motor MotoGP, tapi motor CRT sendiri masih ada dalam jarak yang cukup dekat untuk dapat qualified atau layak ikut balap. Tentu saja, para tim2 CRT tertantang untuk bisa mendekati motor MotoGP, dan mereka akan berusaha untuk mengembangkan motornya sebaik mungkin agar mereka bisa mendekati motor MotoGP, minimal bersaing dengan tim2 satelit.
Wah ternyata jadi pembalap CRT lebih berat yah gan tantangannya.. kalo ane jagoan tetap VR46! jgn lupa bagi gpmania mlm ini ada kualifikasi motogp jerez pkl 23.00 di trans7 dan racenya besok mulai pukul 17.00
sekian trit dari ane emoticon-Smilie


sumber :http://itsallrendifw.blogspot.com/2012/04/mengenal-claimed-rule-team-di-motogp.html
Diubah oleh manekenek 04-05-2013 15:46
0
4.5K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.