Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

soiponAvatar border
TS
soipon
{Bikin Panas Ical} LPI: Capres Ideal Mahfud MD, Terburuk Aburizal Bakrie
Updated: Fri, 10 May 2013 00:05:42 GMT | By Merdeka Politik News Feed
LPI: Capres ideal Mahfud MD, terburuk Aburizal Bakrie


MERDEKA.COM, Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan analisis terkait siapa Calon Presiden (Capres) yang ideal untuk memimpin Indonesia di Pemilu 2014. Hasilnya nama Rizal Ramli, Mahfud MD dan Sutiyoso yang paling mendekati sosok ideal untuk diusung sebagai presiden.

Direktur LPI Boni Hargens mengatakan, penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan kriteria pemimpin berdasarkan 4 kategori, yakni, ideologi, rekam jejak, latar belakang dan kepribadian.

"Pemimpin harus menganut ideologi nasionalisme yang bersumber pada pancasila, pemimpin juga harus berprestasi, bersih dari korupsi dan tindak pidana lainnya," jelas Boni saat memaparkan hasil temuan LPI di Galeri Cafe Cikini, Jakarta, Kamis (9/5).

Boni menjelaskan, hasil analisis berdasarkan penilaian skor 1 dengan kategori, ideologi: nasionalis dan pancasilais, latar belakang: non konglomerat, rekam jejak: berprestasi, bebas korupsi, tidak melakukan pelanggaran HAM dan berdasarkan kepribadian akan mendapat skor 1 bila memenuhi klasifikasi: cerdas, tegas dan populis. Dengan pola penghitungan yang dilakukan secara sederhana yakni, freedom house.

LPI melakukan riset terhadap 11 nama tokoh yang dinilai kuat jika maju sebagai capres dalam pemilu 2014. Mereka adalah Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Wiranto, Sutiyoso, Rizal Ramli, Irman Guzman, Gita Wirjawan, Mahfud MD, Marzuki Alie dan Sri Mulyani.

Analisis dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan pola penghitungan feedom house. Penilaian dikategorikan dalam 4 kriteria dalam asumsi LPI, yaitu, Ideologi (Nasionalis, Pancasilais), Latar Belakang (non Konglomerat), Rekam Jejak (prestasi, bebas korupsi, tidak terlibat dalam tindak kriminal atau kejahatan besar) dan Kepribadian (cerdas, tegas, populis) dengan skor 1 bagi setiap tokoh yang memenuhi kriteria.

Source


Punya Catatan Kelam, Ical dan Wiranto Masih Bercitra Buruk
Senin, 06 Mei 2013 - 00.00 WIB


Jakarta - Citra Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical) dan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto dinilai masih buruk. Sebab, keduanya dinilai memiliki latar belakang atau catatan sejarah yang kelam.

Demikian diungkapkan Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens, saat dihubungi, Minggu (5/5/2013).

Pernyatan Boni tersebut sekaligus mengkritik hasil survei yang dirilis oleh Lembaga Survei Nasional (LSN).

Menurut Boni, 'jejak hitam' yang dikaitkan dengan Wiranto yakni kasus 98. Sedangkan, Aburizal Bakrie atau yang akrab disapa Ical terkait kasus luapan lumpur Lapindo.

"Citra kedua orang itu masih buruk. Tidak ada manuver politik yang memulihkan citra mereka," ungkap Boni Hargens.

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) ini bahkan menyebut survei LSN yang menempatkan Ketua Umum Partai Ical dan Wiranto dalam posisi tertinggi sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilihan Umum tahun 2014 merupakan hal yang tak relevan.

"Itu survei yang melawan logika publik. Saya tidak melihat preseden yang membenarkan hasil survei itu," tegasnya.

Boni tidak sependapat dengan penilaian Peneliti utama LSN, Dipa Pradipta yang menyatakan karakter pemilih pemula tidak melihat isu yang beredar selama ini seperti kasus Lapindo. Mereka cenderung untuk melihat isu terbaru.

Menurut Boni, pemilih pemula malah perlu dicerahkan oleh media melalui pemberitaan. "Media harus memberikan berita dengan informasi yang akurat dan mencerdaskan," tandasnya.

Source

Melawan survey pesanan Ical yang dilakukan LSN (Umar Bakrie), LPI pun membalas dengan survey-nya. emoticon-Matabelo
0
2.6K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.