sokebaikAvatar border
TS
sokebaik
(SHARE) Modifikasi Bobber Style on Scorpio


Scorpio 225 besutan Elvin atau yang akrab di sapa EL ini adalah garapan ekstrem kastem pertama dari Graha Motor Works. Dengan bermodalkan engine dan leher komstir, GMW mencoba membangun scorpio EL dengan gaya bobber hot rod. Konsep bobber yang diusung oleh empunya terinspirasi dari trend bobber 200cc dari negeri paman sam sana, hardknock bobber 200cc menjadi acuannya. Langkah awal adalah membuat ulang rangka. Selain tampilan bobber hot rod, EL pun memberikan bekal untuk ubahan motornya, “gw mau motor agar tampilan motor terlihat padat dan tetap nyaman untuk dibawa daily riding atau hard riding sekalipun”. Kepercayaan bro EL kapada GMW tidak bisa dianggap enteng. Maka dari itu GMW merancang ulang Rangka. Dengan bermodalkan pengetahuan dari mbah google dan youtube, GMW mencoba merancang rangka scorpio dengan konsep rigid frame. Rangka dibuat dengan menggunakan pipa besi seamless ¾ dan 1,5 inc yang ditekuk-tekuk menggunakan bending pipe HMW 2-J. panjang rangka melebihi dari panjang rangka aslinya. Bagian yang menyita waktu cukup lama adalah merancang engine mounting, agar mesin terlihat pas dan tidak getar ketika di ajak riding. Setelah rangka jadi, tinggal buat bajunya. Gas tank dan rear fender dibuat dengan menggunakan plat galvanis 1.2 mm. Rake depan dibuat sedikit centang dari aslinya dengan ditopang oleh shock yamaha byson. Untuk segitiganya GMW merancang dan mempercayakan dari mastom modif depok yang sudah biasa membuatnya.

Selain membeli part custom, GMW pun mencoba membuat sendiri beberapa part custom, seperti knuckle kickstater, axlplate, chain bracket, handlebar dan beberapa part lainnya. Untuk kaki kaki GMW menggunakan Dengan velg diamter 16 5 inc belakang dan 16 3 inc dan dibalut Ban shinko white wall SR777 depan belakang depan menjadi kunci dari karakter ubahan bobber dari scorpio. Part orisinil dari scorpio yang digunakan selain mesin hanyalah tromol depan dan belakang saja. Setelah perakitan selesai, GMW pun melakoni test ride sebelum di finishing.

Setelah test ride oleh yang empunya dan dikatakan okeh, bobber pun mulai bersolek mempergarang diri. Laburan kombinasi warna hitam solid, doft, merah, putih serta sentuhan chorme menjadi andalannya. Untuk velg dilabur warna merah agar kesan bobber hot rod-nya keluar. Lalu rangka menggunakan hitam solid. Gas tank, rear fender, box elektrix and accu box menggunakan hitam doft. Untuk sedikit menyamarkan karakter scorpio, GMW mencoba menyiram mesin dengan warna hitam doft dengan dikombinasi beberapa part chomre. Untuk mesin kami mempercayakan ozora powder coating menggarapnya.Untuk kelistrikan GMW percayakan CMM motorsport untuk menggarapnya. konsep elektrik untuk bobber menggunakan elektrik stater mobil carry 1000. penempatan serta penggunaan kabel pun menjadi bagian pengerjaan dari CMM agar terlihat rapih. penggunaan accu 9 volt didukung pengapian dari ceetah power dan Regulator Ceetah Power membuat performa bobber.

Dalam waktu 2 bulan efektif pengerjaan, GMW berhasil mewujudkan sebuah impian EL, sebuah motor custom bertemakan bobber hot rod dengan nama EL pio bobber. Gak tanggung tanggung, si empunya bro El pun langsung menjajaki test ride seorang diri ke puncak bogor. Sempat khawatir karena ini adalah motor custom perdana kami. Tapi alhamdulillah tidak mengalami masalah selama perjalanan.

Data modifikasi

Ban : shinko R16 150 80 / F16 130 80

Stoplamp : custom

Headlamp : HD

Gear : SSS







SUMBER
ref
* menurut gw ini keren buat refrensi motor usang gw dirumah, cuma ini nyaman dipakai dikondisi jalanan (yang agak rusak) di ibukota gak ya??ehh, ....

Bonus :


setelah perkembangan,..emoticon-I Love Indonesia (S)
[YOUTUBE]v-mThU4h5r8&feature=youtu.be[/YOUTUBE]
Diubah oleh sokebaik 08-11-2013 10:09
0
21.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.