makbedungdutAvatar border
TS
makbedungdut
[ IPTEK ] Manusia dan Simpanse Miliki Durasi Tidur yang Sama


TEMPO.CO, London - Tidur adalah keadaan istirahat alami yang dilakukan oleh semua mahluk hidup kecuali tumbuhan. Hal tersebut terjadi karena tumbuhan tidak memiliki otak seperti halnya manusia dan hewan.

Namun sesungguhnya tidak ada batasan waktu yang akurat mengenai berapa jam waktu ideal untuk tidur. Satu penelitian menyebutkan, durasi tidur yang tepat untuk manusia berkisar 5 -11 jam, dengan waktu rata-rata 7 jam 45 menit. Penelitian lain yang dikembangkan Jim Horne dari Pusat Penelitian Tidur Universitas Loughborough menyebutkan, “Waktu tidur yang kita butuhkan setara dengan ‘waktu tidak mengantuk’ kita pada siang hari.”

Sementara itu, beberapa hewan memiliki waktu tidur yang begitu panjang. Sebut saja ular piton yang membutuhkan tidur selama 18 jam sehari. Keluarga kucing besar, seperti harimau, macan, dan singa menempati urutan kedua dengan waktu tidur selama 15-16 jam sehari. Sementara kucing memerlukan waktu tidur selama 12-13 jam sehari. Beberapa hewan lain hanya membutuhkan sedikit waktu tidur. Jerapah, contohnya, ia hanya memerlukan tidur selama kurang dari 2 jam tiap harinya. Sementara gajah dan keluarga domba memerlukan tidur selama 3-4 jam sehari.

Lantas bagaimana dengan simpanse yang memiliki hubungan kekerabatan sangat dekat dengan manusia? Seperti ditulis BBC, ternyata simpanse membutuhkan 9 jam untuk tidur setiap harinya. Hmm, tidak jauh berbeda dengan manusia, ya?

mata berita

kalau evolusionis yang jawab bakalan mencong kemana mana nih emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

btw, keluarga domba ternyata doyan begadang juga yah emoticon-Ngakak
Diubah oleh makbedungdut 09-05-2013 08:29
0
3.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.