Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asmandrAvatar border
TS
asmandr
Untuk muslim, pikir Sendiri deh, masuk sebelum dihapus. hehehe
Spoiler for buka:


Kami dahulu berpendapat, bahwa tidaklah seseorang yang tidak menghadiri shalat (jamaah) kecuali ia seorang munafik yang telah jelas kemunafikannya, atau kalaulah ia sakit, maka ia berjalan dengan cara dipapah diantara dua orang hingga ia menghadiri shalat. Abdullah bin Mas’ud berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengajari kami sunnah-sunnah petunjuk, dan diantara sunnah petunjuk adalah shalat wajib di masjid yang dikumandangkan adzan didalamnya. (Shahih Muslim 654-256) penomeran hadist lain (Shahih Muslim 1045-1046)

حَدثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدثَنَا الْفَضْلُ بْنُ دُكَيْنٍ عَنْ أَبِي الْعُمَيْسِ عَنْ عَلِي بْنِ اْلأَقْمَرِ عَنْ أَبِي اْلأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ :

مَنْ سَرهُ أَنْ يَلْقِىَ اللهَ غَدًا مُسْلِمًا فَلْيُحَافِظْ عَلَى هَؤُلاَءِ الصلَوَاتِ حَيْثُ يُنَادَى بِهِن فَإِن اللهَ شَرَعَ لِنَبِيكُمْ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ سُنَنَ الْهُدَى وَإِنهُن مِنْ سُنَنِ الْهُدَى وَلَوْ أَنكُمْ صَليْتُمْ فِي بُيُوْتِكُمْ كَمَا يُصَلي هَذَا الْمُتَخَلفُ فِي بَيْتِهِ لَتَرَكْتُمْ سُنةَ نَبِيكُمْ وَلَوْ تَرَكْتُمْ سُنةَ نَبِيكُمْ لَضَلَلْتُمْ وَمَا مِنْ رَجُلٍ يَتَطَهرُ فَيُحْسِنُ الطهُوْرَ ثُم يَعْمِدُ إِلَى مَسْجِدٍ مِنْ هَذِهِ الْمَسَاجِدِ إِلا كَتَبَ اللهُ لَهُ بِكُل خَطْوَةٍ يَخْطُوْهَا حَسَنَةً وَيَرْفَعُهُ بِهَا دَرَجَةً وَيَحُط عَنْهُ بِهَا سَيئَةً وَلَقَدْ رَأَيْتُنَا وَمَا يَتَخَلفُ عَنْهَا إِلا مُنَافِقٌ مَعْلُوْمُ النفَاقِ وَلَقَدْ كَانَ الرجُلُ يُؤْتَى بِهِ يُهَادَى بَيْنَ الرجُلَيْنِ حَتى يُقَامَ فِي الصف
257 – (654)

Siapa berkehendak menjumpai Allah besok sebagai seorang muslim, hendaklah ia menjaga semua shalat yang ada, dimanapun ia mendengar panggilan shalat itu, sesungguhnya Allah telah mensyari’atkan kepada nabi kalian sunnah-sunnah petunjuk, dan sesungguhnya semua shalat, termasuk diantara sunnah-sunnah petunjuk tersebut, kalau kalian shalat di rumah kalian sebagaimana orang yang tidak hadir di masjid ini shalat dirumahnya, berarti kalian telah meninggalkan sunnah nabi kalian, sekiranya kalian tinggalkan sunnah nabi kalian, sungguh kalian akan sesat, tidaklah seseorang bersuci dengan baik, kemudian ia menuju salah satu masjid yang ada, melainkan Allah menulis kebaikan baginya dari setiap langkah kakinya, dan karenanya Allah mengangkat derajatnya, dan menghapus kesalahan karenanya. Dan menurut pendapat kami, tidaklah seseorang ketinggalan dari shalat (jamaah), melainkan dia seorang munafik yang jelas kemunafikannya , sungguh dahulu seseorang dari kami harus dipapah diantara dua orang hingga diberdirikan si shaff (barisan) shalat yang ada. (Shahih Muslim 654-257) penomeran hadist lain (Shahih Muslim 1045-1046)

حَدثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدثَنَا أَبُوْ اْلأَحْوَصِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ الْمُهَاجِرِ عَنْ أَبِي الشعْثَاءِ قَالَ:

كُنا قُعُوْدًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَأَذنَ الْمُؤَذنُ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ الْمَسْجِدِ يَمْشِي فَأَتْبَعَهُ أَبُوْ هُرَيْرَةَ بَصَرَهُ حَتى خَرَجَ مِنَ الْمَسْجِدِ فَقَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ أَما هَذَا فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ
258 – (655)

Seorang buta (tuna netra) pernah menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata: Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki seseorang yang akan menuntunku ke masjid. Lalu dia meminta keringanan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk shalat di rumah. Ketika sahabat itu berpaling (hendak meninggalkan nabi), beliau kembali bertanya: Apakah engkau mendengar panggilan shalat (adzan)? laki-laki itu menjawab: Benar. Beliau bersabda: Penuhilah seruan tersebut (hadiri jamaah shalat) (Shahih Muslim 653-255) penomeran hadist lain (Shahih Muslim 1044)

Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah bersabda, "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku berkeinginan untuk memerintahkan mengumpulkan kayu bakar lalu dibakar, kemudian aku memerintahkan agar adzan dikumandangkan. Lalu aku juga memerintah seseorang untuk mengimami manusia, lalu aku berangkat kepada kaum laki-laki (yang tidak shalat jamaah) dan membakar rumah-rumah mereka (HR Bukhari 644 dan Muslim 651). penomeran hadist lain (shahih muslim 1042)

agan-agan sekalian termasuk saya mungkin sudah menganggap biasa hal-hal yang seperti ini, mari agan-agan yang punya waktu luang membaca banyak hadist-hadist yang jumlahnya ribuan bahakan puluhan ribu itu agar kita tahu betapa pentingnya amalan sunnah-sunnah terutama yang muakadah di jaman Rasulullah saw.

untuk yang masuk pesantren, yang sudah belajar bahasa arab fa'ala yaf ulu fa'alan, fa huwa faa ilun, wadzaka maf u'lun, dst. jangan berhenti hanya belajar bahasanya saja, kan sudah mengerti bahasa dan maknanya

untuk yang non muslim, mohon saling menghargai antara agama

semoga bermanfa'at

emoticon-Maaf Aganbukan bermaksud menghasut, hanya ingin mengingatkan
0
1.3K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.