• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Es Teler] Gan Chandra dan Esprecielo-nya yang Bercitarasa Premium

KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Es Teler] Gan Chandra dan Esprecielo-nya yang Bercitarasa Premium
Agan dan Aganwati para pecinta KASKUS,



emoticon-Toastemoticon-Kiss emoticon-Toast


kali ini ES TELERalias Success Story Recommended Seller, bakal ngupas tentang Agan yang sukses dalam bisnis minuman yang selalu dicintai sebagian besar warga Indonesia bahkan dunia!

Agan yang satu ini namanya Chandra, dengan brand bisnisnya bernama Esprecielo. Doi ini emang start bisnis dari KASKUS. Saking rajin en seneng sharing, Gan Chandra ini sampe bikin tips lengkap berjualan di FJB KASKUS. Yuk intip cerita gimana Gan Chandra membangun bisnisnya!



emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller




Halo Gan Chandra, apa kabar? Lagi sibuk apa sekarang?

Hi Bro, saat ini saya sedang sibuk membangun bisnis saya secara offline, yaitu membangun jaringan distribusi yang baik untuk produk saya, riset untuk produk baru lagi, dan mengembangkan bisnis sampingan bersama partner saya yang lain.


Pertanyaan pertama, sejak kapan menggunakan KASKUS untuk bisnis? Dan kenapa memilih KASKUS?

Saya menggunakan Kaskus untuk bisnis sejak tahun 2008. Saya memilih Kaskus karena saya sudah join di Komunitas Kaskus sejak 2006.


Kenapa Gan Chandra milih bisnis di dunia perkopian? Seberapa besar pasar kopi di Indonesia dan seperti apa persaingannya?

Awalnya karena hal simple saja, yaitu karena saya sendiri suka kopi, dan saya suka bisnis. Karena saya tidak punya uang banyak pada saat itu, bisnis kopi yang modalnya relatif kecil menjadi pilihan. Pasar kopi di Indonesia saya rasa sangat besar dan akan bertumbuh terus seiring berjalannya waktu, namun tentunya pemain (penjual) kopi juga saat ini sudah sangat banyak dan persaingan sangat ketat.


Kemudian sekarang ada juga lini Esprecielo untuk produk teh ya, bisa diceritain kenapa merambah hingga teh juga?

Esprecielo sendiri sebenarnya bukanlah terpatok pada kopi saja, melainkan sebuah brand yang melekat pada anak muda dan produk minuman yang fancy, dinamis, dan bervariasi. Cuma memang waktu awal membuat produk, yang dibuat adalah kopi. Tapi kopi itu sendiri pun langsung dibuat beraneka rasa, jauh sekali dari kesan kopi yang "serius"


Apakah ada cerita dibalik penamaan Esprecielo? Kami lihat branding untuk Esprecielo digarap dengan ciamik, kemasannyanya, fotografinya, pemilihan warna, tipografinya, dsb. Kenapa membangun branding sampai sedetail itu?

Penamaan Esprecielo sendiri memiliki 2 maksud. Yang pertama, dalam dunia kopi, Esprecielo sendiri bisa dibagi jadi 2 kata, yaitu espresso dan cielo. Espresso sendiri merupakan basic coffee untuk seluruh jenis minuman kopi, yang dibrew dengan tekanan tinggi sehingga cara pembuatan espresso cukup cepat (express). Sedangkan Cielo sendiri merupakan bahasa Italia yang bisa berarti Langit maupun Surga. So Esprecielo dalam satu sisi berarti Espresso from Heaven (melambangkan produknya yang enak dan bikin melayang2 saat meminumnya) dan satu lagi, bagi kami pribadi, Esprecielo juga berarti Express Way to Sky, alias terbang tinggi dan cepat menuju langit, dimana langit adalah tempat yang tinggi yang melambangkan kesuksesan.

Untuk desain, karena taste yang kami tawarkan dari Esprecielo adalah taste yang premium, tentu saja packaging dan desainnya juga tidak boleh main-main, karena Customer saat melihat di supermarket atau minimarket tentu saja belum tahu rasa Esprecielo seperti apa, so yang mengundang mereka untuk beli adalah desain dan packagingnya.









Dalam promosinya di thread FJB, Esprecielo menggunakan endorsement dari tokoh-tokoh. Seperti apa pengaruh endorsement ini terhadap penjualan?

Endorsement memiliki pengaruh yang cukup positif untuk "startup kicker". Saat awal launching produk Tea Latte, endorsement membantu agar customer tidak ragu-ragu lagi dalam membeli produk kami. Tentu saja itu awalnya saja, soal repeat ordernya tentu saja tergantung dari taste dari produk itu sendiri... he he he.


Berapa besar kira-kira omset Esprecielo perbulan?

Saat ini omzet kami belum terlalu besar, baru sekitar 360 jutaan per bulan. Namun kami cukup puas karena perkembangan kami cukup pesat, dimana di 2011 rata-rata omzet kami hanya di 30 jutaan, di 2012 sekitar 150 jutaan, dan sekarang di awal quarter II 2013 sudah mencapai 360 jutaan. Kami berharap dan berjuang agar bisa terus berkembang sampai menjadi bisnis besar sekelas Tao Kae Noi (Rumput Laut asal Thailand) yang menjadi idola saya pribadi dalam bisnis karena memiliki latar belakang cerita hidup yang sangat mirip dengan saya, hehe. Buat yang belum nonton bisa lihat filmnya The Billionaire's Secret, pernah tayang di bioskop Indonesia juga.


Sekarang Esprecielo memberdayakan berapa karyawan?

Saat ini Esprecielo baru punya sekitar 10 karyawan, namun kami memiliki banyak distributor dan mereka juga memiliki karyawan mereka masing-masing.


Esprecielo hanya fokus di pemasaran secara online saja atau juga melakukan promosi di offline juga?

Tentu saja kami sekarang banyak fokus di offline juga. Kami memasarkan Esprecielo ke supermarket dan minimarket, seperti Food Hall, Ranch Market, Indomaret Fresh, Family Mart, Alfamidi, dan yang lainnya.


Apa manfaat KASKUS buat Gan Chandra?

Wah, manfaat Kaskus untuk saya sich amat sangat luar biasa !! Pertama, saya memulai kecil-kecilan dari Kaskus, saya mendapat banyak supplier dari Kaskus, semua distributor saya pun menghubungi saya awalnya dari Kaskus. Distributor saya di Jakarta malah dari Komunitas Kaskus Entrepreneur Corner. Sejujurnya, saya bukanlah apa-apa dan mungkin saya tidak bisa berada di tahap ini sekarang bila tidak kenal Kaskus. Dimanapun saya membagikan motivasi, saya selalu bilang "Thanks to Kaskus!"







Ada ga pengalaman unik atau lucu atau berkesan selama membuka lapak di FJB KASKUS?

Saya pernah mendapat pelanggan yang aneh-aneh, haha. Tapi saya malah lebih aneh sih, dulu waktu saya handle sendiri, saya selalu kirimkan barang yang dipesan tanpa peduli Customer sudah transfer atau belum. Tidak jarang barang sampe duluan sebelum Customer transfer, namun hal itulah pula yang membuat saya cepat terkenal sebagai Recommended Seller, haha.


Terakhir, apa gambaran rencana Esprecielo untuk 3 tahun kedepan?

Target kami, Esprecielo akan menjadi pioneerdi bidangnya, dan kami juga sedang berjuang agar Esprecielo bisa menjadi Brand Internasional yang bisa membanggakan bangsa, dengan distribusi merata di seluruh Indonesia (masuk puluhan ribu minimarket dan supermarket) dan bisa ekspor ke negara-negara lain dan mengharumkan nama Indonesia, membuktikan bahwa Indonesia pun bisa memiliki produk yang premium dan tidak murahan.


Apa pesan Gan Chandra Buat Kaskuser yang Sedang Memulai Bisnisnya?

Pesan saya untuk yang lain, jangan pernah berhenti berjuang, karena saya sudah membuktikannya bahwa bila kita punya passion kita pasti maju! Saya dahulu adalah orang yang sial, Papa saya ditipu habis-habisaan di masa saya SMA, sehingga saya jadi rendah diri dimasa itu, bahkan sempat dihina oleh banyak orang. Saya memulai bisnis kecil tanpa modal, hanya bermodalkan ide dan kerja keras, mulai dari kios kecil-kecilan, bangkrut berkali-kali, sempat berjualan kopi di roda seperti kaki lima, namun dengan passion yang tinggi, dreams yang jelas, dan kegigihan dalam berjuang, saya bisa maju dan terus maju. Keep fight!


Terimakasih Gan Chandra untuk waktunya, sukses terus untuk Esprecielo!

Sama-sama, terima kasih banyak ya!



DATA SELLER

Username Kaskus : [Shadow]LenZ

Ngaskus sejak : 2006

Nama Brand : Esprecielo, Sarang Kopi





Spoiler for :




0
63K
739
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.