nisamakunAvatar border
TS
nisamakun
Jerman Pastikan Jual 164 Tank ke Indonesia

BERLIN, KOMPAS.com — Pemerintah Jerman, Rabu (8/5/2013), sepakat untuk menjual 164 buah tank ke Indonesia, setelah parlemen Belanda menolak penjualan tank ke Indonesian karena masalah pelanggaran HAM.

Pemerintahan Kanselir Angela Merkel telah memberikan lampu hijau untuk produsen senjata Rheinmetall AG yang berada di Duesseldorf untuk menjual tank ke Indonesia.

Penjualan itu termasuk 104 unit tank Leopard 2 dan 50 unit kendaraan tempur infantri Marder 1A2s. Selain itu, kesepakatan ini juga meliputi 10 tank lain, termasuk kendaraan tempur untuk pegunungan, dan sejumlah kendaraan militer lainnya.

Sejauh ini belum diperoleh informasi terkait nilai dari kesepakatan tersebut.

Konfirmasi ini diperoleh setelah seorang anggota parlemen oposisi Katha Keil dari Partai Hijau yang meminta penjelasan terkait kesepakatan penjualan senjata yang dicapai November tahun lalu itu.

Partai Hijau Jerman selama ini menyuarakan keprihatinannya bahwa Indonesia, yang kerap dikritik karena sering melanggar HAM, akan menggunakan persenjataan buatan Jerman ini untuk menghadapi pengunjuk rasa dan etnis minoritas.

Pemerintah Indonesia sudah mengajukan keinginan untuk membeli tank-tank Jerman pada 2012 dalam kunjungan Kanselir Merkel ke Indonesia. Saat itu, Pemerintah Indonesia berjanji tidak akan menggunakan persenjataan ini untuk melawan rakyat.

Pemerintahan Merkel selalu menawarkan penjualan senjata ke negara-negara yang dianggap sebagai partner strategis. Beberapa negara yang juga membeli persenjataan Jerman adalah Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab.
Emirat Arab.
Spoiler for sumber:

update

Jerman Setujui Penjualan Tank ke Indonesia

Pemerintah Jerman menyetujui penjualan 100 tank Leopard dan 50 kendaraan lapis baja pengangkut personel. Sementara penjualan perlengkapan militer ke Arab Saudi ditunda.
Di Jerman, penjualan perlengkapan militer harus melalui persetujuan dari Dewan Keamanan Nasional, yang termasuk di antaranya Kanselir Jerman Angela Merkel dan beberapa anggota kabinet. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Jerman terkait keputusan itu.
Sebelumnya pemerintah Indonesia telah menyatakan berniat untuk membeli 130 tank Leopard, sebagai bagian dari kampanye memodernisasi perlengkapan militernya yang nilai keseluruhannya mencapai 15 milar dollar AS Leopard-2A6
Sumber informasi dari Jerman tak mengatakan berapa nilai penjualan tank-tank tersebut, namun dari pihak Indonesia menyebutkan nilai penjualan dari kesepakatan awal adalah 280 juta dollar AS untuk pembelian 130 tank Leopard.
Indonesia yang kini pertumbuhan ekonominya di atas 6 persen, tak ingin tertinggal di belakang Cina, Vietnam, Thailand dan negara-negara Asia lainnya. Tahun ini Indonesia juga mengumumkan akan membeli jet Sukhoi dari Rusia dan kapal patroli yang dilengkapi rudal.
Sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia telah meningkatkan anggaran pertahanannya sejak 2010 untuk meningkatkan kapasitas militer dalam melindungi jalur pelayaran, pelabuhan dan perbatasan maritim.
Indonesia, negara kepulauan yang banyak memiliki jalur utama laut dan memiliki wilayah 54.700 km dari garis pantai juga telah memesan tiga kapal selam buatan Korea Selatan untuk memperbanyak armada kapal selamnya. Anggaran belanja militer Indonesia selama tahun 2012 tercatat 72,5 trilyun rupiah. Angka membengkak 30 persen dari tahun sebelumnya, dan pada tahun 2013 ini akan kembali naik menjadi 77,7 trilyun rupiah.
Sementara itu, sumber dari industri perlengkapan militer menyebutkan pemerintahan di Berlin akan menunda pengambilan keputusan penjualan tank ke Arab Saudi sampai pemilu bulan September mendatang. Penjualan itu merupakan isu sensitif di Jerman. Pihak oposisi mengkritisi penjualan perlengkapan militer ke negara-negara Timur Tengah, di mana masih terjadi banyak pelanggaran hak asasi manusia.
http://www.dw.de/jerman-setujui-penj...sia/a-16793542
Diubah oleh nisamakun 08-05-2013 15:42
0
3.9K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.