meutuahAvatar border
TS
meutuah
Begini Cara Membuktikan Ada Chip di Dalam e-KTP


Jakarta - Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan e-KTP yang beredar saat ini sudah memiliki chip. Masyarakat pun bisa membuktikan apakah e-KTP tersebut sudah memiliki chip dengan cara sederhana. Bagaimana triknya?

Dalam situs jejaring sosial YouTube, Selasa (7/5/2013), seorang user dengan nama Ahkmad Mulyanto mencoba membuktikan kebenaran chip tersebut lewat aplikasi dalam sebuah tablet. Caranya sangat mudah, dia hanya menempelkan e-KTP ke kamera tabletnya dan keluar berupa tulisan-tulisan yang menandakan kalau kartu itu memiliki chip.

detikcom pun mencoba membuktikan keberadaan chip dalam e-KTP. Caranya dengan menyiapkan ponsel dengan basis operasi Android, dan aplikas NFC Reader. Alhasil, saat kartu ditempelkan ke ponsel, keluarlah data-data terkait keberadaan chip tersebut.

Tulisan tersebut bertuliskan angka-angka dan Radio RFID (radio frequency identification). Namun tidak ada keterangan apa pun soal biodata si pemilik e-KTP. Dengan demikian keberadaan RFID bisa dibuktikan.

Mendagri Gamawan mengatakan kalau chip yang terdapat di e-KTP merupakan chip jenis contactless dan tidak nampak dari luar. "Chip yang di dalam itu namanya contactless, dan tidak muncul di luar," terangnya kepada detikcom.

Di situs e-KTP.com, ada penjelasan chip itu tidak nampak karena menggunakan Gelombang Radio RFID (radio frequency identification), sehingga e-KTP tidak harus persis menyentuh alat pembaca untuk bisa dibaca.

Gamawan membantah foto ilustrasi di situs Setkab.go.id yang menampilkan chip yang terlihat dari luar. Menurut Gamawan, gambar itu salah.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/05/07/144559/2240129/10/ini-salah-satu-cara-membuktikan-ada-chip-di-dalam-e-ktp?991104topnews"]Sumber[/URL]

Ada videonya juga nih emoticon-Jempol



Dicoba aja bagi yang masih ragu gan. emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh meutuah 07-05-2013 12:20
0
5.9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.