Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrjackAvatar border
TS
mrjack
[HT] Alamakkkk...Ada Waria Idol di Pantura Jawa Tengah
emoticon-Najis


Para waria bernyanyi menghibur warga saat menggelar Bakti Sosial Ikatan Waria Yogyakarta (IWAYO) di Ledok Code, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta, Kamis (29/11). TEMPO/Suryo Wibowo

TEMPO.CO, Jakarta:Mengenakan gaun panjang yang didominasi warna gelap, Iin Fadilah, tampak sigap berjalan menuju panggung di areal obyek wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal, Ahad 5 Mei 2013. Stoking jaring (fishnet stocking) terlihat membalut kedua kakinya saat ia menarik ujung gaunnya seraya berjingkat menghindari genangan air sisa rob.


Iin adalah satu dari 40 kontestan Dangdut Idol Waria 2013 Pantura (Pantai Utara). Lomba dangdut khusus waria untuk menyemarakkan hari ulang tahun Kota Tegal ke 433 itu diselenggarakan Sub Sub Recipient (SSR) Nahdlatul Ulama Jateng Fatayat I dan Paguyuban Waria Tegal (PWT). "Di SSR NU Jateng Fatayat I, saya sebagai pemandu lapangan wilayah Kabupaten Brebes," kata Iin.


Sama dengan kontestan lain, sebelum menunjukkan kemahirannya menyanyi dangdut, waria berumur 46 tahun itu harus menjalani pemeriksaan sampel darah di sisi timur panggung. Pemeriksaan darah para waria tersebut dilakukan oleh tim Voluntary Counseling Test (VCT) RSUD Brebes dan Dinas Kesehatan Kota Tegal.


Kepada Tempo, Iin menerangkan, sebagai pemandu lapangan ia bertugas menjangkau para waria di sejumlah titik yang tidak pernah tersentuh pemeriksaan kesehatan rutin. "Selain minim akses, ada juga sebagian waria yang takut dengan jarum suntik." Selain itu, ia juga gencar mensosialisasikan pencegahan penularan HIV di kalangan waria di Brebes.


Petugas tim VCT RSUD Brebes, Alfi Prahastuti, mengatakan sejak Januari hingga April 2013, ada 15 pasien yang positif terjangkit HIV. "Semuanya usia produktif, 20 tahun hingga 40 tahun. Sebagian di antaranya waria." Selain memeriksa sampel darah di lokalisasi, tim VCT juga menyasar sejumlah pangkalan truk." Kami juga bekerjasama dengan PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia).


Koordinator SSR NU Jateng Fatayat I, Nur Khasanah, menerangkan program untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat HIV/ AIDS itu didanai Global Fund. Dengan anggaran Rp 952 juta untuk pantura wilayah barat (Brebes, Kota Tegal, dan Pemalang), program itu dimulai sejak 1 Februari 2013 sampai 31 Juni 2015.


"Waria itu sebenarnya laki-laki. Tapi hormon perempuannya lebih banyak. Jadi bukan sekadar gaya hidup," kata Nur kepada Tempo.

Namun, Nur menambahkan, suatu saat para waria tetap akan mencapai titik jenuh, di mana mereka ingin mencari jati diri yang sebenarnya. "Di sinilah peran kami, membimbing mereka kembali ke jalan yang benar tanpa menggunakan cara kekerasan."


hayo siapa yang kemarin ikut ngacung emoticon-Busa

emoticon-Bettyemoticon-Betty emoticon-Betty
0
6.1K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.