Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

0ralucuAvatar border
TS
0ralucu
WTF...Ada Tambang Uranium di Melawi Pada Ngga Tau ...
WTF...Ada Tambang Uranium di Melawi Pada Ngga Tau ...


Warga Melawi Dihebohkan Tambang Uranium


MELAWI - Bupati Melawi Firman Muntaco mengatakan, informasi pertambangan uranium di Desa Nanga Kalan Kecamatan Ella Ilir memang sempat membuat heboh masyarakat Melawi.

Pasalnya aktivitas yang sudah berjalan sejak puluhan tahun silam tersebut tidak banyak diketahui oleh pemerintah setempat.

“Kedatangan pak Menteri (Menristek Gusti M Hatta) di sini adalah sebagai jawaban atas kecurigaan tersebut. Nanti beliaun akan menjelaskannya setelah berkunjung dari Kalan,” kata Firman, Jumat (3/5/2013) malam.

Bupati mengatakan, beberapa tahun silam saat dirinya masih menjabat sebagai wakil bupati juga sempat mendatangani kementerian ESDM untuk meminta kejelasan penambangan uranium di wilayah tersebut.

Sebab informasi yang berkembang uranium tersebut telah diambil oleh negara Perancis, namun kita tidak tahu bahannya seperti apa. Saya waktu itu datang bersama pak Sukiman, saat masih menjabat sebagai ketua DPRD Melawi,” tegasnya.

Kedatangan Menristek ke Melawi diharapkan bisa memperjelas semuanya, sehingga tidak ada lagi kecurigaan dari masyarakat. Dan setelah berkunjung ke lokasi diharapkan nanti juga mentri bisa mengadakan seminar.
Uranium adalah sejenis hasil pertambangan sebagai bahan dasar energi nuklir. (Ali Anshori)

Quote:


Pemerintah Eksplorasi Uranium di Melawi


MELAWI - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, memastikan pemerintah akan melanjutkan eskplorasi terhadap potensi uranium yang terdapat di Desa Nanga Kalan Kecamatan Ella Ilir Kabupaten Melawi.

“Kita terus melakukan eksplorasi tetapi dengan tenaga ahli kita sendiri, kita ingin tahu sebarannya di mana, sebagaimana diketahui inikan tidak langsung bisa dipakai, makanya harus diproses dulu, kita akan serahkan ke ESDM, akan ditindak lanjuti seperti apa,” katanya kepada wartawan usai ramah tamah dengan masyarakat Melawi di pendopo bupati Jumat (3/5/2013) malam.

Usai ramah tamah, pada Sabtu (4/5/2013) mensristek bersama kepala batan dan jajaran Pemkab Melawi turun ke Desa Nanga Kalan Kecamatan Ella Ilir untuk melihat secara langsung lokasi penambangan uranium. Wilayah pertambangan berjarak sekitar 22 km dari Desa Kalan berada di atas bukit yang jauh dari pemukiman penduduk.

Sebagaimana diketahui, Wilayah tersebut memiliki kandungan uranium sekitar 24 ribu tonyang setara dengan kebutuhan listrik sebesar 9.000 megawatt selama 125 tahun ke depan. Namun potensi itu telah dikeruk negara lain. Prancis disebut-sebut telah menguras kandungan uranium di Desa Kalan, Kecamatan Ella Hilir, Melawi.

“Pemerintah tidak akan melakukan kerjasama dengan luar negeri, melainkan akan mengerjakan sendiri, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi uranium yang terdapat di Desa Kalan, namun kita tidak sampai ke eskploitasi,” katanya.

Sementara itu kepala Badan Atom Nasional Djarot S Wisnubroto, membantah adanya eskploitasi yang dilakukan oleh Prancis. Kata dia kerjasama yang dilakukan Batan bersama CEA beberapa tahun silam hanya untuk keperluan penelitian.

“Saya kira eskplorasi itu untuk lembaga semacam litbang, bukan eskplorasi yang besar, untuk untuk mengetahui seberapa besar potensi yang ada, bukan terukurnya berapa, itu yang penting, kita sampaikan kepemerintah, dan angka 24 ribu itu bukan angka yang kecil,” tegasnya.

Dikatakannya, mengatakan uranium yang terdapat di Desa Kalan tidak akan di eskploitasi, namun akan terus dilakukan eksplorasi, hal ini sebagai cadangan negara.

“Kadang-kadang kita berfikir di luar negeri murah kita kita pakai itu, jangan sampai di dalam negeri kita melakukan eskploitasi namun di luar negeri sendiri murah, nah ini yang menjadi pertimbangan kita sendiri,” katanya.
Rudal

Quote:

BTW.....kok sampai bupati ngga tau ya...??


sekilas info
Spoiler for atom:


emoticon-I Love Indonesia
0
10K
90
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.