Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ultimatediverAvatar border
TS
ultimatediver
Northern Light dan Landscape artic circle
Agan2 dan bang momod yang baik hati
mohon ijin sebelumnya utk sharing foto Northern Light dan sedikit ceritanya dr newbie.
Terima kasih

Berawal Dari Mimpi

Tahun 1999 saya secara tidak sengaja membuka sebuah gambar di internet yang menampilkan cahaya hijau di langit, dan bertanya2 apakah cahaya tersebut. Kemudian saya melakukan observasi selama hampir 3 tahun mengenai hal ini, dan mulai bermimpi untuk bisa melihatnya secara langsung dengan mata kepala sendiri.
Pada suatu saat di tahun 2010 saya diberikan kesempatan oleh yang maha kuasa untuk bias mewujudkan mimpi saya, lalu saya memulai perjalanan saya ke Norwegia, perjalanan yang saya tempuh cukup panjang. Dimulai dengan terbang selama belasan jam, dan mengendarai mobil sewaan saya sejauh kurang lebih 2500 km dari oslo sampai ke kota tromso yang di klaim sebagai kota terbesar di belahan utara bumi ( tidak lebih besar dr kota bogor ).

Berdasarkan riset yang saya lakukan selama ini, Northern light akan tiba di bumi besok, dan hal tersebut di konfirmai oleh stasiun Polar Light centre di Norway melalui email yang saya layangkan beberapa minggu sebelum saya terbang ke oslo.

Saya menyewa sebuah kabin di pinggir pantai yang menghadap ke kutub utara , posisi berdiri saya menghadap kearah polar circle 66° N. saat itu suhu mencapai -10° celcius, ditemani segelas kopi dan djie sam soe, duduklah saya ditengah keheningan malam sebuah pedesaan nelayan. Pukul 02.00 pagi waktu setempat, saya melihat cahaya hijau menari-nari diatas langit, lalu saya berdiri mengambil remote kamera yg saya ikat di kamera saya sambil menoleh ke langit dan menitikan air mata. Kuasa Tuhan Luar Biasa, saya terpesona melihat cahaya tersebut sehingga saya lupa menekan tombol shutter pada remote kamera saya, tapi saya tidak kecewa sama sekali, sebab hal itu akan saya ingat sepanjang masa.

Saya menetap dikabin itu sepanjang minggu, dan cahaya kutub menari-nari diatas cabin saya sepanjang minggu sambil mengambil gambar.

Ketertarikan saya akan Northern light tidak berhenti disitu sampai akhirnya saya bertemu dengan seorang fotografer BBC yang bernama ketjil skogli yang kemudian melakukan ekpedisi bersama saya di Iceland.

Saya ingin membagikan sedikit pengetahuan dan pengalaman saya akan northern light yang akan saya tulis dibawah ini dan juga saya akan melampirkan sebagian foto2 Northern Light ataupun sekedar Landscape di wilayah utara bumi yang pernah saya rekam.




Apakah itu Northern Light

Adalah sebuah cahaya yang menari-nari diatas kutub dengan warna warni yang memukau seperti, hijau, merah ,ungu, kuning. Cahaya ini dipercayai sebagai kutukan oleh bangsa Viking pada jaman dahulu, akan tetapi pada tahun 1880 banyak orang mempercayai adanya hubungan yang kuat antara Northern light dan Matahari akan tetapi belum bias dibuktikan pada saat itu. Baru pada tahun 1960 an para ilmuwan berhasil meyakinkan melalui riset mereka, bahwa Northern light memang betul berasal dari matahari.

Apa yang menyebabkan terjadinya Northern Light

Northern light terjadi karena adanya solar flare ( letupan di permukaan matahari ) yang terdorong oleh kekuatan daya dorong letupan ( solar wind ) , dan ditarik oleh medan magnet bumi di wilayah polar circle baik di utara ( 66° 33′ 44″ N ) maupun selatan ( 66° 33′ 44″ S ) dan menimbulkan gesekan yang sangat hebat pada atmosphere bumi. Penampakan yang terjadi di utara disebut AURORA BOREALIS ) dan di selatan disebut ( AURORA AUSTRALIS ).

Apa yang menyebabkan Northern light dapat berwarna warni

Northern light menari-nari dengan warna yang berbeda dikarenakan ada nya partikel yang berbeda ditiap-tiap lokasi di wilayah polar circle, gesekan solar flare dengan berbagai jenis partikel di atmosfir bumi menyebabkan berbeda-bedanya warna yang dihasilkan. Sebagai contoh pada saat yang sama saya sedang berada di Iceland dan melihat Northern light tampil dengan warna merah, ungu dan hijau, akan tetapi di waktu yang sama kawan saya di Fairbank ( Alaska ) melihat Northern light yang sama dengan warna yang berbeda.


Kapan terjadinya Northern Light

Northern light terjadi pada saat matahari mengeluarkan letupan di permukaan nya, dimana hampir setiap hari matahari mengeluarkan letupan tersebut. Akan tetapi di permukaan bumi kita tidak bias melihat Northern light setiap hari,hal ini disebabkan karena Northern light terjadi jauh diatas permukaan bumi yaitu sejauh 640 km. sehingga tidak setiap hari dapat terlihat, hal ini juga dipengaruhi oleh Gelap tidak nya langit, posisi revolusi bumi, cahaya bulan, dan juga awan, serta besarnya letupan di permukaan matahari.

Dimana tempat terbaik untuk menyaksikan Northern Light

Tempat terbaik untuk menyaksikan Northern light adalah dari wilayah disekitar Artic circle baik di utara maupun selatan, Adapun penampakan Northern light terjadi di utara dan selatan, akan tetapi akses menuju ke utara lebih mudah sehingga jarang sekali kita mendengar mengenai observasi yang dilakukan di selatan karena letaknya yang dikelilingi oleh samudra hindia )

Negara2 yang dilalui oleh Artic circle : Norwegia, sebagian wilayah Russia, Iceland, Kanada, Alaska, Greenland,

Spoiler for :


Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :

Image ** Copyright Hendro Hioe

Spoiler for :
Diubah oleh ultimatediver 05-05-2013 04:48
0
2.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.