Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ghilang27Avatar border
TS
ghilang27
Ikut demo buruh, puluhan mahasiswa tuntut Papua merdeka



Ikut demo buruh, puluhan mahasiswa tuntut Papua merdeka
Peringatan hari buruh pada 1 Mei, dijadikan momen kebangkitan Papua untuk bangun kembali semangat kemerdekaan. Puluhan mahasiswa di Bandung yang mengatasnamakan rakyat Papua, menghendaki pemisahan Papua dari NKRI. Mereka mengusung spanduk kemerdekaan untuk Papua.

"Kami mau merdeka, mau atur nasibnya sendiri. Papua tidak berubah. Ras kami tetap seperti ini," kata Juru Bicara Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Bandung Franz Kotouki di sela-sela aksi di depan Gedung Sate, Bandung, Rabu (1/5).

Mereka merasa, Papua selalu dieksploitasi dengan segala sumber daya yang ada, namun tidak pernah memikirkan kesejahteraan rakyatnya. Keberadaan TNI yang justru dinilai menjadi bekingan perusahaan eksplorasi milik asing, disebut menambah runyamnya nasib kaum pribumi.

"Tutup segera perusahaan milik kaum imperialis, Freeport, LNG, Medco, dan lainnya. Tarik Militer TNI Polri organik dan non organik dari seluruh tanah Papua. Ratusan ribu rakyat Papua tewas akibat kekejaman militer, apalagi paska pemberlakuan Daerah Operasi Militer," ujarnya.

Pantauan merdeka.com, di sisi lain, ribuan buruh dari berbagai elemen juga melakukan orasi. Mereka yang mengenakan kebesaran baju buruh berorasi menuntut kesejahteraan, yang sesekali diiringi nyanyian.

Untuk rakyat Papua, 1 Mei dimaknai sebagai awal pendudukan Indonesia di tanah air pada tahun 1963.

emoticon-NgakakPAPUA MAU MERDEKA = MAU MAKAN APAemoticon-Ngakak
0
3.8K
62
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.