Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganryanAvatar border
TS
ganryan
tips jual beli online
TIPS JUAL BELI ONLINE AGAR TIDAK DITIPU…DAN TIDAK DIRUGIKAN...DAN MERUGIKAN SATU SAMA LAIN…

Untuk penjual :
1. Jujur
Junjung tinggi kejujuran ente semua, jual barang ente. Sebutkan plus dan minus barang yang akan ente jual.Sesuaikan dan iklankan dengan kondisi barang…kalau tidak mengerti dengan barang yang ingin dijual,bilang aja “ane g ngerti barang, ane jual lepas aja..”
2. Harga
Jual dengan harga yang sesuai dengan keadaan barang atau kondisi barang (jika ingin cepat laku)
3. Image / gambar
Sebisa mungkin kasih gambar untuk melihat kondisi barang minusnya dan plusnya untuk posting di kaskus atau iklan via web.
4. COD / ketemuan.
Bertemulah demi keamanan ,ditempat ramai seperti pombensin, kampus, tempat makan, atau kalau bisa deket kantor polisi emoticon-Big Grin. Kalau barang mahal, bawalah 1 teman yang dapat menemani agar lebih aman.Hindari ketemuan malam hari atau midnight maksimal usahakan jam 8 malam selebih dari itu lanjutkan esok harinya (lebih aman).
Usahakan kalo ketemu itu di area local atau terdekat, cari titik tengah ajaa…
Untuk Pembeli :
Nah untuk pembeli nih yang sering merasa rugi…baca baik-baik…
1. Perhatikan iklan / kata-kata
Perhatikan kata-kata atau tulisan si Penjual, perhatikan baik-baik minus barangnya, harganya. Jangan coba membeli barang dengan kondisi baik dan harga yang murah sekali.kalau memang benar harganya miring,ajakin ketemuan COD agar kita tau kondisi barang.
2. COD / ketemuan
Pastikan ketemuan ditempat yang aman, menghindari kejadian yang tidak dinginkan (tepu-tepu). Pastikan jika barang yang dibeli lebih dari 200 ribu jika lebih aman bawa teman 1 orang.
Carilah jarak terdekat titik temu tengah Contoh : jikan ente di depok dan penjual berada di bekasi,usahakan cari titik temu daerah taman mini.
Hindari ketemu malam hari jika harga barang mahal.
Pastikan tempat ketemu aman, bukan tempat sepi…
3. Memilih penjual.
Pilihkan toko atau webstore yang terpercaya, biasanya pengalaman ane itu web yang terpercaya itu biasanya mencantumkan nomer telp,alamat,pin BB, atau biasanya penjual jujur itu mengusahakan bisa komunikasi dengan berbagai cara bisa dari YM,bbm,telp,whatsapp dan lain-lain.cepat respon tidak berbelit-belit, ramah, sopan.
Tanya2 info penjual dengan beda user..misalkan via YM bisa Tanya dengan user berbeda,pastikan jawabannya sama dan tidak berbeda.jika ada keraguan carilah iklan lain…
4. Membeli
Belilah barang sesuai kebutuhan emoticon-Smilie usahakan jika kirim2 pilih penjual yang terpercaya, carilah harga yang sesuai. Jangan coba2 jika ada keraguan membeli barang dengan harga diatas 500.000 dengan system kirim-kirim, usahakan ketemuan jika harga barang mahal.
Belilah barang lokasi local atau jika ente daerah Jakarta yaa beli yang daerah Jakarta,jika dibandung belilah daerah bandung, meminimalisir terjadi penipuan.kemudian usahakan tanya lokasi sipenjual dengan jelas…
5.cari aman
jika membeli barang harus teliti dengan iklan,printscreen setiap iklan atau barang yang kita ingin beli jadi integrasi keaslian tulisan sipenjual bisa diklaim dengan bukti2 sms atau history dialog chatting.simpan baik2 nomer atau ID penjual

nanti ane update lagi...
Diubah oleh ganryan 21-04-2013 13:04
0
2.4K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.