jasadhAvatar border
TS
jasadh
[Mbah Harto] may day = komunis
JAKARTA - Hari Buruh Sedunia atau May Day kembali diperingati. Di Ibu Kota diperkirakan ada lebih dari 150 ribu buruh yang akan turun ke jalan untuk menyampaikan tuntutan. Euforia Hari Buruh sudah terasa sejak pagi. Mereka mulai berkumpul di beberapa titik strategis untuk menyampaikan aspirasi.

Mengulas sedikit sejarah peringatan May Day di Tanah Air yang sudah ada sejak 1 Mei 1920. Tapi sejak masa pemerintahan Orde Baru, Hari Buruh tidak lagi diperingati para pekerja di Tanah Air.

Sejak itu pula, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Ini disebabkan gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia.

Saat Soeharto berkuasa, aksi untuk peringatan May Day masuk kategori aktivitas subversif, karena May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Konotasi ini menjadi kontroversi, karena mayoritas negara-negara di dunia ini -yang sebagian besar menganut ideologi nonkomunis, bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis- menetapkan 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh dengan demonstrasi di berbagai kota. Kekhawatiran bahwa gerakan massa buruh yang dimobilisasi setiap 1 Mei membuahkan kerusuhan, ternyata tidak pernah terbukti.

Sejak peringatan May Day 1999 hingga 2006, tidak pernah ada tindakan destruktif yang dilakukan oleh gerakan massa buruh yang masuk kategori membahayakan ketertiban umum.

Hari ini, buruh kembali memperingati May Day. Lokasi yang dijadikan buruh untuk menyampaikan pendapat yakni Istana Presiden, gedung DPR, dan kantor-kantor kementerian terkait. Tututannya adalah 100 persen Komponen Hidup Layak (KHL) dan hapus outsourcing kecuali lima jenis pekerjaan sesuai peraturan menteri tenaga kerja.



http://m.okezone.com/read/2013/05/01/337/800320



Jaman eyang dulu paling tabu hal kek gini, dan demo2an laennya ...kata komunis pada jaman eyang adalah kata yg menakutkan untuk dibicarakan,makanya biar gag pada demo trus disama2in....
0
2.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.