Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wawingAvatar border
TS
wawing 
PENIPUAN Lowongan Kerja Melalui SMS
Berbagi pemikiran...

Dengan semakin banyaknya usia aktif di Indonesia yang menganggur atau ingin mencari pekerjaan yang dianggap layak maka mereka yang lulusan SMA / D123 / S1 / S2 berupaya untuk mencari-cari lowongan pekerjaan yang akan mengangkat derajat mereka (menurut mereka sih). Seiring dengan adanya “pasar” pencari kerja yang sangat membutuhkan.. terbuka pula kesempatan bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari celah ini dengan secara random mengirimkan pesan (SMS / BBM / email) dengan iming-iming pekerjaan mengatasnamakan perusahaan yang bonafit.

contoh penipuan:
Spoiler for penipuan loker:


kenapa saya langsung simpulkan bahwa informasi yang datang melalui SMS tersebut adalah sebuah PENIPUAN..?!

gunakan logika Anda:
  • Perusahaan (multi)nasional seperti Freeport atau Pertamina dengan kemampan finansial dan SDM sedemikian banyaknya menggunakan ACCOUNT email GRATISAN? iya kalau anda ataupun saya yang menggunakan akun gratisan, itu masih masuk akal…
  • keberlanjutan dari penipuan tersebut biasanya, anda akan ditelpon atau diSMS (asumsi anda mengirimkan data lengkap dalam CV ke mereka) dan anda akan mengikuti tes / disuruh membayar sejumlah uang untuk mengikut tes pada tempat tertentu. Yang intinya anda di TIPU..!!! karena perusahaan tersebut tidak akan pernah menyerahkan recruitment dengan cara seperti itu. Perusahaan besar memiliki budget tersendiri untuk merekrut calon SDM-nya.


Cara CERDAS menganalisa segala sesuatu dengan segala kemungkinan itu juga harus ditanamkan kedalam mindset, bahwa Segala sesuatu yang terlihat terlalu mudah atau terlalu murah biasanya karena memang penipuan, dan Jangan mudah percaya dengan apapun yang anda lihat / baca / dengar / ketahui begitu saja, teliti ulang pada sumber yang dapat dipercaya dan gunakan akal sehat anda dalam menilai sesuatu, tanyakan kepada yang lebih memahami dan mengerti.

Jangan menjadi orang bodoh yang mudah mempercayai segala sesuai, sekali lagi gunakan nalar + akal sehat + banyak bertanya!!!

Berikut contoh website resmi dari masing-masing yang tercontohkan diatas:

Freeport Indonesia >> http://www.ptfi.co.id/
Spoiler for freeport:



Pertamina >> http://www.pertamina.com/
Spoiler for pertamina:


emoticon-Malu (S)
Diubah oleh wawing 01-05-2013 02:21
0
1.6K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lowongan Kerja
Lowongan Kerja
KASKUS Official
159.5KThread13KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.