Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ricckeyyAvatar border
TS
ricckeyy
Supaya Bayar Kost Tidak Terasa Berat

Supaya Bayar Kost Tidak Terasa Berat



Salah satu pengeluaran besar bagi anak kuliahan atau orang kantoran yang hidup mandiri adalah membayar kost tiap bulan. Namun untuk mensiasati agar dibulan tertentu kita masih bisa memakai uang bulanan kita untuk refreshing, traktir makan atau shopping, ada kiat tertentu yang bisa kita coba. Caranya?

1. Bike To Work

Bersepeda dijalan raya ibukota bukanlah hal yang tabu saat ini. Mengapa bersepeda bisa memperhemat pengeluaran? (terutama bila kita anak kost). Pertama, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membeli bahan bakar. Kedua, bersepeda itu menyehatkan badan karena sama dengan berolahraga (setidaknya anda tidak perlu menyetorkan uang ke fitness centre untuk bersepeda/threadmil). Ketiga, uang anda bisa disimpan untuk sesuatu yang lebih penting seperti biaya bulanan kost terasa lebih enteng, atau anda ingin sekedar membeli barang yang anda idamkan.

2. Hindari kebiasaan nongkrong di cafe / fast food resto.

Dengan menahan diri tidak menghabiskan uang di coffee shop atau pun fast food, anda akan menyimpan banyak pengeluaran anda. Suatu saat tanpa diduga ternyata kedisiplinan gaya hidup anda bisa menjaga saldo tabungan anda hingga 70 persen. Tentu kita tidak ingin hidup kita hanya untuk menimbun lemak. Itu sebabnya banyak anak kost yang menunggak karena lebih mementingkan gengsi daripada memenuhi kebutuhan.

3. Arisan

Jika kita punya banyak teman di lingkungan kost, tidak ada salahnya coba mengadakan kegiatan arisan. Jika dalam satu kost-an kita ada sekitar 15 sampai 30 orang, maka untuk melaksanakan undian arisan perorangnya kita bisa kumpulkan 100/150 ribu tiap bulan. Selain bisa saling mengenal teman satu hunian, kita bisa menjadikan ajang arisan ini sebagai ajang ngumpul sembari ngobrol atau barbeque-an. Dan bila kita belum dapat arisan, setidaknya uang yang kita setor tidak akan sia-sia, karena ini sama saja menabung. Satu saat kita akan menerima bagian kita. Dan yang terpenting adalah kebersamaan di lingkungan kost.

Selamat mencoba.



0
1.1K
4
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.