Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ojongonoleAvatar border
TS
ojongonole
Semua Kata yang Bias Jender Diganti di Washington


SEATTLE, KOMPAS.com - Negara Bagian Washington di Amerika Serikat akhirnya menyelesaikan proyek besar selama enam tahun: menulis ulang semua undang-undang yang menggunakan kata-kata bias jender agar lebih netral. Jadilah kata-kata seperti fisherman atau nelayan menjadi fisher saja. Juga kata freshman atau siswa baru diganti menjadi first year student atau siswa tahun pertama.

Parlemen bekerja sejak 2007 untuk menyelesaikan urusan bias jender ini. ”Usahanya jauh lebih besar dari yang dibayangkan semula. Mankind atau umat manusia itu berarti laki-laki dan perempuan meski mengandung kata man,” ujar Jeanne Kohl-Welles, senator negara bagian asal Seattle. Dalam UU yang baru, kata penmanship atau seni tulisan tangan, misalnya, diganti dengan handwriting.

Namun, Kyle Thiessen yang memimpin 40 petugas untuk merevisi UU ini mengaku tak semua kata yang bias jender bisa diubah. Terminologi airmen untuk penerbang dan seaman untuk pelaut tak bisa diganti karena ada keberatan dari Departemen Pertahanan. Istilah teknik sipil, seperti man hole, lubang berpenutup di jalan untuk mengakses saluran air atau pembuangan di bawah tanah, juga tidak diubah karena tidak ditemukan substitusi yang diterima semua pihak.

Hampir 3.500 peraturan harus diubah meski sebagian besar hanya menambahkan kata ganti she dan her untuk kata ganti he dan his yang sudah ada. Washington menjadi negara bagian keempat di AS yang menghilangkan kata bias jender dalam peraturan mereka setelah Florida, North Carolina, dan Illinois. (Reuters/ap/joe/was)

Code:

http://internasional.kompas.com/read/2013/04/25/08135069/Semua.Kata.yang.Bias.Jender.Diganti.di.Washington

==================================================
Quote:

...... emoticon-Belo


Spoiler for HT:
Diubah oleh ojongonole 27-04-2013 11:10
0
14.7K
213
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.