Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karmilaAvatar border
TS
karmila
Ex-Menko Perekonomian RI Zaman Gus Dur, Rizal Ramli: Mafia Migas Setor Ke Istana
Ex-Menko Perekonomian RI Zaman Gus Dur, Rizal Ramli: Mafia Migas Setor Ke Istana
Rizal Ramli (IST)

Rizal Ramli: Mafia Migas Setor Ke Istana
Wednesday, 24 April 2013 13:33

itoday - Rencana pemerintah mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM) dengan cara menaikkan harganya (BBM) justru akan menguntungkan para mafia migas.

"Istana Hitam terus menerima setoran dari mereka? Sungguh tidak bermoral, menaikkan harga BBM tapi diam-diam menerima setoran dari mafia migas," kata mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli diskusi bertema 'Grand Design Tata Kelola Energi Nasional' yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Indonesia di komplek UI, Depok, Selasa (23/04).

Rizal Ramli menyarankan pemerintah membangun kilang (refinery) BBM. Langkah ini akan menurunkan biaya produksi BBM.

Dengan kilang baru, Indonesia bisa menghemat biaya transportasi & asuransi mengangkut minyak mentah ke Singapura dan impor BBM jadi. Artinya, tidak perlu memberi keuntungan kepada kilang dan pajak di luar negeri. Kalau pun harus mengimpor migas, seharusnya Pertamina bisa mengimpor langsung tanpa melalui mafia. "Sayangnya langkah ini tidak dilakukan, karena akan merugikan para mafia migas," papar calon presiden alternatif versi The President Center ini.

Rizal meminta pemerintah menyikat mafia migas yang selama ini membuat biaya BBM tinggi. Para mafia migas ini meraup untung sekitar Rp10 triliun per tahun. "Menaikkan harga BBM cuma menghasilkan pemasukan Rp21 triliun dengan dampak yang pasti membuat beban rakyat semakin berat. Jangan lupa, 63 juta pengguna sepeda motor yang jelas-jelas rakyat menengah bawah memakai BBM," pungkas Rizal.
http://www.itoday.co.id/politik/riza...etor-ke-istana

-------------------------

Bukti tertulisnya berupa dokumen-dokumen, foto-foto, video, mana? Jangan asal cuap ajalah! Ntar situ dibilang Ph.D Amrik yang asal 'njeplak aja!!
0
2.5K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.