winsal75Avatar border
TS
winsal75
Wiranto: Harga BBM Naik, Pemerintah Harus Berikan Penjelasan Rasional
JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi harus dijelaskan serasional mungkin kepada masyarakat. Pemerintah dan publik harus membangun rasa saling percaya.

"Kalau pun ada kenaikan, harus ada penjelasan yang sangat rasional kepada masyarakat," tegas Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, di Jakarta, Jumat (19/4/2013). Meski masyarakat Indonesia penurut, ujar dia, bukan berarti tidak tahu apa-apa.

Wiranto mengatakan, pemerintah harus memberikan argumentasi yang jelas sampai masyarakat paham sehingga saat harga BBM dinaikkan, tidak akan terjadi gejolak. "Harus ada keterbukaan, kepercayaan rakyat terhadap apa yang dilakukan pemerintah," imbuhnya.

Menurut Wiranto kepercayaan harus dibangun antara pemerintah dan masyarakat. Tujuannya, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tidak direspons negatif publik. "Kalau trust sudah muncul kuat, ada keterbukaan informasi antara pemberi mandat dan penerima mandat, semua saya kira akan baik-baik saja," kata Wiranto.

Pemerintah kini tengah membahas rencana menaikkan harga BBM bersubsidi dengan cara menerapkan dua jenis harga yang berbeda. Untuk sepeda motor dan angkutan umum, Premium akan tetap menggunakan harga Rp 4.500 per liter, sementara untuk mobil pribadi dipatok harga Rp 6.500 per liter
http://nasional.kompas.com/read/2013..._source=WP&utm


0
1.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.