freakmoccy85Avatar border
TS
freakmoccy85
Virus Baru `Bad News` Muncul Meneror Pengguna Android
Pengguna smartphone saat ini memang harus lebih hati-hati dalam menggunakan gadget miliknya. Pasalnya para pengguna harus wasapada terhadap aplikasi pada Playstore yang saat ini kebanyakan dapat menimbulkan berbagai ancaman malware atau virus yang dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel kita. Aplikasi palsu yang menyebar pada playstore dinilai mengandung virus berbahaya yang dapat mengancam smartphone kita. Langkah ini bisa kita cegah dengan memasang antivirus terhadap smartphone kita disetiap penginstalan aplikasi. Well, timbulnya virus tersebut ternyata terus berkembang-dan berkembang. Bukan semakin habis tetapi malah muncul virus baru yang lebih berbahaya. Salah satu virus baru yang muncul adalah bernama "Bad News".



Virus baru bernama Bad News ini pasalnya sangat berbahaya dan semakin gencar menyerang lewat aplikasi yang ada di Playstore. Sampai saat ini virus yang bernama Bad News ini telah menginfeksi para pengguna melalui 32 aplikasi milik 4 developer asal Rusia. Selain itu virus ini juga telah menginfeksi setidaknya 2-9 juta pengguna perangkat berbasis Android di Rusia. Cara virus ini menyerang pun tergolong unik. Awalnya virus ini bersembunyi di antara aplikasi yang ada saat ini. Ketika para pengguna sudah mendownload sebuah aplikasi, virus ini belum menampakan diri. Setelah kita sudah menginstal aplikasi tersebut barulah virus ini langsung menyerang ponsel kita. Bagi para pengguna/user yang sudah terserang virus ini, BadNews akan memberikan notifikasi palsu yang mengharuskan pengguna untuk mendownload sebuah aplikasi yang juga merupakan malware penopang BadNews. Nah dari sinilah hal yang semakin buruk bisa terjadi.

Setelah kita secara tidak sadar mendownload aplikasi penopang virus ini, kemudian BadNews akan memiliki kemampuan untuk mendaftarkan korban pada sebuah layanan SMS premium atau bahkan lebih buruk lagi, mereset perangkat pengguna. Para pengguna yang terkena virus ini secara tidak sadar akan terus terkuras habis pulsa mereka. Tidak hanya pulsa, bahkan efek panjang dari virus ini adalah membuat ponsel kita mati. Berbagai fungsi yang terkena reset nantinya akan ikut rusak permanen. Virus ini memang telah meresahkan bahkan meneror para pengguna Android apalagi kita yang sering mendownload aplikasi di Playstore. Memang saat ini jika kita telisik kebijakan pada Playstore, layanan ini bisa dibilang masih cukup longgar dan belum bisa memilah milih berbagai aplikasi yang masuk. Dengan kebijakan yang longgar ini tentu saja virus masih tetap secara mudah melenggang masuk.





Biarpun beberapa waktu lalu memang Google sudah menghapus ribuan aplikasi yang terdapat pada Playstore yang mengandung virus, kebijakan tersebut masih tetap longgar. Menanggapi virus Bad News yang semakin meresahkan para pengguna Android, sebelumnya memang Google sudah menghapus segala aplikasi yang berbagau virus Bad News. Tapi meski Google mengatakan telah mengusir aplikasi berkedok BadNews dari Google Play, namun diduga kuat bahwa malware ini masih bergentayangan untuk menghantui pengguna Android melalui perangkat yang telah terinfeksi.



Nah bagi kalian nih yang sering mendownload aplikasi, sebaiknya hati-hati dalam memilih aplikasi tersebut. Ada baiknya kalian memasang antivirus yang cukup baik dan sering kali men-scan ponsel kalian. Lebih baik mencegah dari pada mengobat.

News Powered By Indonesiaamers.

Quote:
Diubah oleh freakmoccy85 25-04-2013 06:07
0
76K
1.6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.