Akhir2 ini gaya hidup perkotaan yg serba instan membuat banyak kalangan menjadi tidak sempat utk memasak sendiri di rumah. Ujung2nya untuk urusan mengisi perut mereka lari ke warteg, restoran ataupun hotel.
Berhubung newbie pengalaman krj 3,5 th krj d restoran n hotel d Sby, meskipun cm sbg pembantunya koki atau istilah kerennya cookhelper kyk si Sponge kuning itu..
Spoiler for let's cook:
Kali ini newbie mau berbagi tips n trick bagi agan2 yg suka makan d restoran / hotel bareng pacar, suami/istri atau keluarga.. CEKIDOT
Quote:
1. Jangan pernah makan di restoran atau hotel di pagi hari (ketika baru buka)
Kenapa? karena sewaktu restoran/ hotel tersebut tutup malam kemarin, otomatis peralatan masak yang kotor tersebut (bahkan ada yg smp gosong) dalam sekejab menjadi kinclong kembali seperti baru, dengan menggunakan cairan kimia yg cukup kuat (terutama panggangan daging buat burger). Tentunya agan2 g mau jd orang pertama yg terkontaminasi kan??
Quote:
2. Ketika pesan makanan.
Upayakan memesan makanan yang tidak menggunakan penyedap rasa/ kaldu bubuk / vetsin. Kenapa? karena dapat dikatakan 90% makanan yg qta masak selalu menggunakan bahan2 tersebut, mengingat hal tersebut sudah menjadi [I]standart recipe[/I]. Maka jika agan memesan menu yang tidak menggunakan penyedap rasa / kaldu bubuk / vetsin maka qta akan dengan senang hati memasaknya bagi agan2 smua.
Usahakan agan2 jika memesan menu kepada waiter/waitress, menggunakan bahasa n gesture yang sopan. Kenapa? karena berdasarkan pengamatan ane selama ini, cara memesan mkn yg kasar n sok dpt menyinggung perasaan mereka, yg dapat berakibat fatal bagi agan sendiri. Lho kok bisa?? Karena agan2 sekalian g tau apa yg dapat dilakukan oleh mereka jika marah terhadap mkn yg agan pesan. Berdasarkan fakta yg ane liat di lapangan, mereka dpt melakukan hal2 yg menjijikkan seperti (maaf) meludahi mkn yg agan pesan, memasukkan rambut, aneka kotoran / binatang ke dalamnya.
Yang perlu digarisbawahi disini ialah, qta sebagai orang2 dapur yg memasak menu pesanan agan, sdh berusaha menghidangkan makanan yg enk n higienis. Semuanya kembali kepada perilaku agan2 sendiri dlm memesan makanan.
Quote:
3. Ketika makan
Jangan pernah takut untuk melakukan komplain kepada waiter/waitress jika agan merasa ada yg kurang berkenan. Misalnya dagingnya alot/ keras, kurang matang, keasinan, nggak enak, dsb. (Tentunya dengan memperhatikan poin no.2). Berdasarkan motto "Pelanggan adalah raja n kepuasan pelanggan ialah kebahagiaan kami", maka agan berhak untuk mendapatkan makanan baru sesuai dengan yg agan pesan tadi secara gratis! (yang sayangnya hanya diketahui oleh segelintir konsumen). Lho kok bisa?? karena usaha yang bergerak di bidang makanan seperti ini, 95% dapat bertahan karena kepuasan pelanggan. Jika pelanggan tidak puas akan rasa mkn d restoran / hotel, tentunya berita itu akan menyebar 3x lebih cepat drpd jika agan puas yang berakibat kepada menurunnya pengunjung /sepi dan ujung2nya bangkrut.
Agan juga g perlu buru2 keluar/ meninggalkan tempat jika masih ingin bersantai n ngobrol2. Karena ada peraturan, bahwa tidak boleh untuk mengusir pelanggan dengan cara apapun meskipun sudah waktunya tutup! Tapi y jgn sampai 2 jam lewat dr waktu buka agan2 masih keasyikan ngobrol, qta jg manusia..
Quote:
4. Ketika membayar tagihan
Jangan malu untuk mengecek dengan benar, tagihan agan. Bukannya apa2 gan, tp seringkali oknum2 waiter/waitress yg nakal memasukkan menu yg tdk agan pesan ke dalam tagihan agan (seringkali kalau ada acara traktiran, yg tentunya gengsi bagi si pentraktir untuk mengecek tagihannya), yang rugi kan ujung2nya agan sendiri..
Jika ingin memberikan uang tips kepada waiter/waitress, usahakan untuk melihat terlebih dahulu kebijakan di masing2 restoran/ hotel. Seringkali owner tdk memperbolehkannya, yang berujung bagi surat teguran (SP) bagi waiter/waitress yang ketahuan menerima tips tersebut. Tentunya agan tidak ingin maksud baik agan malah jd petaka bagi orang lain bukan??
Biasanya klo ada owner yg membolehkan untuk pemberian uang tips, ada kotak untuk uang tips d bagian kasir. Agan masukin sn aja drpd agan tinggal d meja atau dikasih langsung ke waiter/waitress-nya, krn biasanya seminggu sekali (atau tergantung kebijakan masing2), uang tips tersebut dibagi rata ke semua karyawannya, sehingga tidak menimbulkan rasa iri sesama karyawan, n suasana kerja jd kondusif. (Pernah kejadian dishwasher/ tukang cuci piring bertengkar sm waiter, cm gr2 merasa iri tidak mendapatkan uang tips)
Update!
Quote:
Seringkali kita berpikir kenapa harga minuman yg pake es di hotel / restoran mahal??salah satu alasannya karena es batu yang dipakai di hotel / restoran menggunakan es batu berbahan air matang yg tentunya harganya lebih mahal daripada es balok bahan air mentah seperti di PKL pinggir jalan.. Bagaimana cara membedakannya?? lihat gambar di bawah ini
gbr kiri : es batu bahan air mateng
gbr kanan : es batu bahan air mentah
Cara bedakan es batu bahan air mentah dengan es batu bahan air mateng:
Es batu dari air mentah
Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya susu. Hal tersebut dikarenakan masih banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya. Kebanyakan es batu yang terbuat dari air mentah ini adalah berupa es balokkan atau es dalam bungkusan plastik. Es balok ini sudah pasti sangat berbahaya untuk dikonsumsi dan tidak baik untuk kesehatan. Apalagi bila air untuk membuat es batu ini diambil dari air sungai yang tercemar.
Es batu dari air matang
Sementara itu es yang terbuat dari air matang akan terlihat bening. Hal tersebut dikarenakan gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan terjadi. Selain itu ketika pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.
Sekian tips dari yg ane amati di lapangan, tidak ada maksud untuk menggurui, melecehkan, ataupun menyinggung sama sekali. Disini ane cmn berbagi info aja.
Klo g keberatan boleh atau kasih , tp jangan di y gan ane
Makasih sudah mampir gan..
Diubah oleh tipoengkagendra 28-04-2014 08:53
nona212 dan 4iinch memberi reputasi
2
48.6K
Kutip
641
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!