Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

orangjahadAvatar border
TS
orangjahad
Sedikit Kisah Penyemangat untuk Kita
Kisah yang akan saya ceritakan di thread pertama saya ini cuma sekedar share tentang pengalaman yang pernah saya alami beberapa tahun lalu, walaupun peristiwa ini sudah agak lama, tapi masih segar di benak saya. Semoga bisa menambah sedikit motivasi untuk agan-agan sekalian.

Hari-hari libur semester saya habiskan di rumah bersama keluarga, maklum saya kuliah di Solo Jateng, sedangkan rumah saya di Pasuruan Jatim. Jadi masa-masa liburan semester adalah Golden Time buat saya yang jarang pulang ke rumah. 16-7-2011 siang itu matahari sangat terik, saya menghabiskan waktu dengan internetan di warnet sebelah rumah. Setelah bayar ke operator, saya berjalan pulang ke rumah. Setelah sampai depan rumah saya melihat sosok kakek-kake tua sedang duduk-duduk di depan teras depan rumah saya, saya berhenti jalan sejenak terus memperhatikan pria tua itu, di tangan beliau membawa sebuah tamborin dari tutup botol bekas yang menunjukkan bahwa dia adalah seorang pengamen yang mungkin sedang capek dan butuh istirahat, kemudian Kakek pengamen tersebut juga memandang ke arah saya terus bilang “Kulonuwon mas, kulo nunut ngiyup teng mriki inggih?” (permisi mas, saya ikut berteduh disin ya?) terus saya jawab sambil senyum jawab “inggih pak, mboten nopo-nopo” (iya pak, gak apa-apa). Sesudah itu saya ngeloyor masuk rumah, kebetulan siang itu cuman ada kakak perempuan saya yang sedang libur kerja. Pertama sih saya gak ada niat bertindak apa-apa sama si kakek, jadi saya langsung saja menuju kamar pengen tidur siang menghindari hawa panas musim kemarau.
Belum sempet saya memejamkan mata, ternyata pintu kamar saya di buka oleh kakak saya. Terus dia inisiatif gitu pengen bantu ala kadarnya sama si Kakek , rupanya tadi mbak kandung saya memperhatikan percakapan saya dengan si kakek tersebut dari jendela kamarnya yang tepat bersebelahan dengan teras depan rumah. Ya udah batal deh niat molor saya, terus saya keluar kamar ngecek dari ruang tamu tuh si Kakek masih disitu apa nggak. Terus si Mbak tanya ke saya, “Enaknya di kasih apaan tuh Kakek?”, saya tanya balik “di dapur adanya apa aja?” mbak saya jawab “cuman ada Nasi putih sama Ayam goreng aja”. Saya bilang ke mbak “ya udah, mbak yang ambilin, ntar aku yang kasih ama tuh Kakek” kemudian mbak saya nyelonong ke dapur nyari nasi. Dari ruang tamu saya perhatikan tuh kakek, umurnya udah lumayan udah tua tapi masih aja ngamen, kalo ngamen di lampu merah sih enak gan, tinggal tunggu lampu merah, gak perlu nyanyi tinggal deketin kaca mobil aja ntar bakal dikasih ama empunya. Kalo di perkampungan kan harus keliling dari kampung satu ke kampung yang laen, gak kebayang berapa kilometer tiap hari dijalanin Kakek ini.
Pikiran saya buyar ketika dari arah dapur terdengar suara mbak nanya ke saya. “nih enaknya di taruh di piring atau di bungkus?” saya jawab “bungkus pake kertas minyak aja mbak , siapa tau dia udah makan, kalo dibuntel kertas minyak kan bisa dibawa bekal perjalanan”. Setelah nasi sudah terbungkus dengan rapi, saya keluar rumah terus nyamperin tuh kakek. “Pak, niki enten sekul ,tolong njenengan tedah nggih?” (pak ini ada nasi, tolong anda makan ya? Terdengar jawaban menolak dari kakek itu “pun, mboten usah mas, mboten usah repot-repot.” (udah gak usah mas, gak usah repot-repot), terus saya jawab ke beliau “pun pak, njenengan tedah mawon, mboten nopo-nopo kok”. (udah pak, anda makan aja, gak apa-apa kok). Terus beliau bilang terimakasih dan mendoakan saya dengan berbagai doa, beneran saya kagak inget doanya si Kakek saking banyaknya.
Setelah itu saya balik badan dan kembali masuk ke dalam rumah, setelah nyampe dalem rumah, mbak saya dari jendela kamarnya masih merhatiin si Kakek yang langsung membuka bungkus nasi dan memakannya dengan lahap. Terus mbak saya keluar dari kamar dan nyamperin saya, dan bilang gini “Tau gak, tadi pas kamu balik masuk rumah tuh Kakek nangis?”. Sontak saya kaget gan, saya tersentuh banget ama kelakuan tuh Kakek, padahal kita cuma kasih makanan seadanya aja sama dia, dan sikap beliau udah kayak orang yang dapat hadiah ratusan juta. Saya langsung nyelonong ke kamar gan, malu saya nangis di depan kakak perempuan saya. Dari dalem kamar saya denger Mbak saya buka pintu terus nawarin si Kakek mau dibuatin kopi apa enggak. Terdengar sayup-sayup suara si Kakek , beliau nolak dengan alasan udah bawa minuman sendiri. Setelah beliau selesai makan, saya perhatikan beliau mulai bersiap-siap merapikan barangnya, kemudian terlintas di pikiran saya untuk mengambil potret bapak itu. Sebelum beliau melanjutkan perjalanannya, dengan sigap saya ambil kamera terus saya “candid” beliau dari dalam ruang tamu saya. Kebetulan kaca jendela rumah saya adalah jenis kaca yang fungsinya hampir sama dengan kaca mobil, jadi dari luar sulit liat dalem rumah kalo gak nempel sedekat-dekatnya dengan permukaan kaca jendela.
Berikut saya tampilin potret Kakek itu:
Spoiler for Beliau:

Spoiler for lebih jelasnya:

Saya lupa beberapa-hari atau beberapa bulan kemudian, Suatu hari bapak itu kembali berada di teras depan rumah saya, entah dengan alasan dia ingin dapat rejeki atau memang teras rumah saya yang nyaman buat istirahat (rumah saya lumayan sejuk sih gan,selain atapnya yang tinggi rumah saya berada di Pandaan sebuah kota di kaki gunung Arjuna.) Karena hari itu akhir pekan, Ibu saya yang sehari-hari kerja, saat itu sedang berada di rumah, terus saya menjelaskan kalau kakek itu sudah pernah berkunjung ke rumah kita dan beliau seneng banget pas dikasih makanan ala kadarnya, Setelah saya laporan, Ibu saya langsung ke dapur mencari makanan buat disedekahkan ama tuh Kakek, Setelah ngambil makanan Ibu saya langsung ke arah teras depan ngasih makanan ama kopi ke Kakek-kakek tersebut, dengan senang hati si Kakek makan dengan lahap. Karena Ibu saya orangnya grapyak (gampang bergaul dengan orang) Kakek tersebut banyak berbagi cerita tentang kehidupannya, rumahnya, kerabat dan keluarganya. Sedangkan alasan bahwa dia menjadi pengamen karena wajar saja dengan umurnya dan tenaganya yang sudah tidak produktif lagi untuk bekerja yang lebih pantas. Uang yang beliau dapat dari ngamen itu untuk membiayai kehidupan dia sendiri dan istrinya yang sama-sama sudah tua, sedangkan anaknya udah pada punya keluarga sendiri, dan gak ada yang mau ngurusin sih kakek tersebut.
Banyak sekali yang dicurahkan kakek itu tentang perjalanan hidupnya, dari yang gitar satu-satunya udah lapuk dan gak bisa dipake lagi, pernah juga di suatu kampung di pelosok gunung si Kakek jalan sampe daerah perkotaan, yang jaraknya mungkin ada 30-40km ditempuh dengan jalan kaki dan sering menolak ketika diberi tumpangan seseorang kenalannya dia menolak dengan alasan tahu diri. Setelah bercerita panjang lebar, kakek tersebut pamit pulang dengan alasan hasil ngamen hari itu sudah cukup untuk makan besok.
Hari itu adalah terakhir kali saya ketemu kakek itu. Semoga Tuhan selalu memberi dia kesehatan dan umur yang panjang agar bisa menghidupi istrinya.

Saya sungguh salut dan hormat sekali kepada si kakek ini dengan umur yang renta masih semangat menjalani problematika kehidupan. Sedangkan banyak para pemuda hanya menghabiskan waktu dengan mabuk-mabukan, main game/internetan terus-terusan, ampe dibela-belain nginep di warnet. Pendidikan dan pekerjaan bagi mereka jadi urusan belakang, selama ada orang tua, duit tinggal minta. Dan beberapa tahun ke depan pun predikat mereka jadi seorang pengangguran.
Itu saja sepenggal kisah dari saya, semoga para kaskuser yang membaca bisa mengambil hikmahnya. kalo berkenan silahkan kasih cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L), kalo belom bisa kasih cendol, dirate emoticon-Rate 5 Star aja biar kesundul terus. thanks
wassalam..
Diubah oleh orangjahad 21-05-2013 07:34
0
13.5K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.