• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Es Teler] DAME, Handmade Leather Goods yang Berawal dari Modal Nol Rupiah

KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Es Teler] DAME, Handmade Leather Goods yang Berawal dari Modal Nol Rupiah
Agan dan Aganwati para pecinta KASKUS,

emoticon-Toastemoticon-Kiss emoticon-Toast


kali ini ES TELERalias Success Story Recommended Seller, bakal ngupas tentang Agan yang sukses dalam bisnis hand made leather goods alias barang-barang cutom dari kulit emoticon-Big Grin

Agan yang satu ini bernama Kristo, dengan brand utamanya bernama DAME. Yuk kita kulitin rahasia bisnis Agan Kristo!

emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller






Halo Gan Kristo, apa kabar? Lagi sibuk apa nih?

Halo juga Gan, kabar baik. As usual, ane masih sibuk bagi waktu antara ngantor sama bisnis, hehehe tapi tetep enjoying life juga. emoticon-Big Grin


Ceritain dong Gan, bisnis custom handmade leather goods ini bisnis pertama Agan, atau pernah main di bisnis-bisnis lain sebelumnya?

Untuk custom handmade leather goods ini sih sebenernya bisnis ke-sekian yang pernah ane tekuni. Ane pernah coba macem-macem bisnis mulai dari bisnis taman bacaan, studio musik, sampe bisnis ternak kambing, hehehe. Ane mulai coba-coba bisnis dari jaman kuliah dulu.


Kenapa Agan milih fokus di bisnis custom handmade leather goods? Dan kenapa menggunakan nama DAME sebagai brand?

Hmm... kalo ditanya kenapa masuk ke leather goods, mungkin karena ane juga suka barang-barang kulit kali ya, terutama sepatu, hehehe.

Dan untuk nama DAME sih sebenernya ane ambil dari nama tengah ane... emoticon-Malu (S)Tapi kata DAME itu sendiri kan bisa dimaknai macem-macem, mulai dari gelar bangsawan wanita, sampe dibaca kaya kata umpatan "damn", hahaha.







Dulu, berapa modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis leather goods ini?

Dulu, ane malah ga keluar modal sama sekali buat bikin bisnis leather goods ini lho, karena ane berbisnis dengan sistem pre-order dan pembayaran full dimuka. Jadi ane dari awal udah leluasa memakai dana pembayarannya buat belanja bahan, bawa ke bengkel, atur ongkos kerja dan bahkan langsung bisa estimasi profitnya.

Makanya dulu, kendalanya cuma masalah "trust”. Apakah customer percaya buat bayar full langsung ke seller nubie kaya ane? Buat ane, ini tantangan paling berat dalam merintis usaha online.


Sekarang sudah memilki berapa karyawan?

Hmm… ane sih lebih seneng pake istilah "partner"emoticon-Smilie

Partner ane ada sekitar 10 orang, 1 orang bagian pola, 3 bagian jahit, 3 orang bagian sole/konstruksi, 1 orang bagian finishing, 2 orang bagian delivery sama seksi sibuk. Tapi jumlah partner ane ga tentu, karena tergantung jumlah pesanan juga, makanya ane pake sistem pembayaran full dimuka, karena partner ane gajiannya by order, bukan bulanan. emoticon-Stick Out Tongue


Ide-ide untuk model sepatu, tas, dsb itu dapet darimana gan?

Ide untuk model sih awalnya cuma ngikutin model-model yang udah duluan ada, karena toh model dan desain produk, relatif ga beda jauh ya. Tapi belakangan sih ane mulai ngembangin aksen sendiri buat pembeda, hehe kadang ane juga nambah referensi dari majalah-majalah fashion.





Kalo boleh diceritain, gimana sih proses pembuatan handmade leather shoes yang agan produksi?


Proses bikin sepatu sebenernya mulai dari milih bahan kulit sesuai order, bikin polanya, jahit pola, pasang konstruksi (nah di tahap ini baru keliatan bentuk sepatunya), sampe finishing.



Potong pola



Jahit pola



Konstruksi



Finishing




Dalam sebulan bisa produksi berapa pasang sepatu, tas, dsb? Biasanya pesanan langsung customer atau ada juga orderan dari brand lain?

Dalam sebulan, kalo custom sepatu sih masih di kisaran puluhan orderan, karena biasanya custom lebih detail. Untuk tas, paling sebulan hanya sanggup bikin beberapa, maklum, sumber dayanya terbatas.

Untuk pesanan, biasanya sih ane kebanyakan terima langsung dari customer, tapi ada juga beberapa brand yang order pembuatan article produknya ke ane juga. emoticon-Smilie


Kira-kira, untuk gambaran saja, sebulan omsetnya rata-rata berapa?

Wah… kalo ditanya omzet, masih skala kecil kok, masih di kisaran belasan jutaan. Tergantung order juga sih, tapi sesuai kata orang, yang penting dapur ngebul, hehehe.


Selama ngejalanin bisnis ini, pernah ga mengalami hal atau kejadian yang merugikan (misalnya ditipu)? (mungkin bisa diceritain ke Kaskuser, untuk jadi pelajaran juga kalo dalam berwirausaha tentu juga ada untung-rugi).

Kejadian yang merugikan, pasti ada lah ya, mulai dari "black campaign" sampe ditipu juga pernah, hehe. Kalau "black campaign" itu dalam artian negative issues terkait brand ya.

Nah kalau ditipu itu pernah ngalamin untuk masalah bahan baku. Maklum, itu waktu ane masih nubie di usaha ini & baru merintis nyari link supplier bahan. Ya lumayan lah buat pelajaran.


Apa manfaat KASKUS dalam menjalankan bisnis Agan?

Buat ane, KASKUS lah yang nyediain pijakan awal ane buat pemasaran produk ane, secara saat awal merintis usaha ini, ane cuma kenal FJB KASKUS buat ajang jual beli.

Tapi jaringan media sosial online yang menurut ane saat itu potensial buat masarin barang ane, ya memang FJB KASKUS ini karena tampilan oke, jaringan komunitas luas, otomatis pasar lebih luas juga.


Kira-kira, berapa persen konsumen yang datang dari KASKUS?

Karena basisnya ane maen di custom, kebanyakan customer ane ya emang orderan pribadi. Nah, disini peranan KASKUS berasa banget buat usaha ane, karena rata-rata customer ane kenal ane ya lewat KASKUS, makanya porsi customer dari KASKUS tuh hampir 70% dari semua porsi orderan ane, sisanya orderan dari brand lokal yang bikin produknya di ane emoticon-Smilie


Adakah cerita-cerita lucu atau menarik, selama Agan berjualan di FJB KASKUS?

Cerita lucu pas ane masih bingung dengan istilah "rekber". Yang ada di bayangan ane dulu rekber itu adalah ane sama buyer bikin rekening baru, khusus buat transaksi, apa ga gila tuh!? Malu-maluin banget lah, maklum, nekat jualan online, tapi masih gaptek sama istilah-istilah jualan online, hahaha.

Tapi cerita yang paling berkesan sama KASKUS ya waktu pertama banget ane diundang ikut Social Media Festival, ngewakilin FJB Seller. Buat ane, itu penghargaan dan pengakuan untuk semua usaha ane selama ini. Artinya sebagai seller, ane ga parah-parah banget lah, hahahaha.


Terkait dengan tema KASKUS bulan ini yang mengangkat tentang seputar kreativitas dan karya, menurut Agan gimana sih caranya agar kita senantiasa penuh dengan ide, tetap kreatif dan semangat berkarya?

Buat ane, kreativitas itu sebenernya udah ada di diri kita masing-masing, tapi masalahnya generasi kita sekarang ini kadang terlalu memikirkan pendapat orang lain waktu berusaha menunjukkan kreativitasnya, gengsi istilahnya.
Nah untuk mantaining kreativitas, buka mata, perbanyak referensi, dan jangan pilih-pilih orang untuk sharing atau asking, karena kita ga tau kapan & dimana inspirasi itu dateng.


Bisa kasih tips & saran untuk seller-seller newbie KASKUS yang baru mulai berjualan di bidang fashion?

Yang ane bisa share untuk Kaskuser yang baru mulai jualan adalah yang pertama, siapin mental, terutama mental malu dan mental rugi. Kedua, pelajari pasar, karena dunia usaha tuh keras dan butuh perhitungan matang. And the last, give a respect to your customers. Istilahnya kalo pun harga kalah murah, tapi kalo customer puas, pasti balik lagi kok.

Quote:


emoticon-Shakehand2Thanks Gan Kristo! emoticon-Shakehand2


Nama : KRISTO
Nama brand : DAME leather goods
Username : kuclukules (divisi cowo) dan kuncunkkuprit (divisi cewe)
Ngaskus sejak : 2010
Link Lapak :kuclukules dan kuncunkkuprit


Spoiler for :


Diubah oleh KASKUS.Update 18-04-2013 09:03
0
95.3K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.