rewordAvatar border
TS
reword
Suka musik??ada dampaknyal oh gan buat kesehatan
Mendengarkan musik bisa bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari meredakan stres hingga mempercepat masa pemulihan sesudah sakit. Tapi hati-hati, ada beberapa jenis musik yang justru merugikan kesehatan jika terlalu sering didengarkan.

Selera-selera musik serta dampaknya bagi kesehatan adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Lifemojo

1. Musik klasik
Tidak perlu diragukan lagi, alunan nada yang merdu dan sangat harmonis pada jenis musik klasik seperti Mozart sangat ampuh meredakan stres sekaligus meningkatkan kecerdasan. Sebuah studi di Hong Kong menunjukkan, belajar sambil mendengarkan musik klasik bisa menngkatkan prestasi belajar pada anak-anak usia 6-15 tahun.

Bukan hanya pada anak-anak, manfaat mendengarkan musik klask bahkan bisa dirasakan oleh janin di dalam kandungan. Terbukti pada masa kini, banyak ibu hamil rela memasangkan head set di perutnya supaya calon bayinya sudah cerdas sejak dalam kandungan.

2. Musik India klasik
Bicara soal manfaat, musik tradisional India yang didominasi irama 'raga' dan 'taal' jauh lebih menyehatkan daripada lagu dangdut di film-film Bollywood. Musik-musik India klasik seperti ini sering dipakai untuk terapi untuk mengatasi banyak keluhan, mulai dari sakit kepala hingga hipertensi.

Sebuah studi menyebutkan, musik India klasik juga bagus untuk memperbaiki kualitas tidur. Jenis musik yang satu ini memiliki efek hipnosis sehingga membuat orang bisa tidur lebih nyenyak.

3. Musik country
Kabar buruk bagi yang senang mendengarkan musik country seperti yang sering dibawakan oleh Tantowi Yahya. Menurut penelitian James Gundlach, kebanyakan musik country memiliki lirik-lirik bertemakan kegalauan dan bisa memicu keinginan untuk bunuh diri atau suicidal tendency.

4. Musik rap atau hip hop
Meski ada yang bilang musik rap atau hip hop adalah simbol pemberontakan, efeknya bagi kesehatan tidak selalu negatif. Penelitian pada sekelompok remaja menunjukkan, musik ini bisa membangkitkan semangat positif untuk melakukan aktivitas fisik misalnya olahraga.

Namun ada juga penelitian yang menunjukkan adanya dampak negatif. Karena kebanyakan musik ini bertemakan kekerasan dan ungkapan seksual yang vulgar, maka sebagian remaja cenderung untuk meniru gaya hidup sesuai tema lagu rap yang digemarinya.

5. Musik metal
Dentuman bass drum dan lengkingan gitar dengan distorsi maksimal yang mendominasi musik-musik metal merupakan pemacu hormon adrenalin yang bisa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Bisa dipahami jika kerusuhan mudah sekali tersulut dalam setiap konser musik seperti ini.

Efek negatif musik metal, rock dan sejenisnya makin terasa apabila didengarkan oleh seseorang yang memiliki riwayat depresi. Nuansanya yang brutal dianggap bisa mewakili kepedihan hati yang dirasakan, sehingga bisa meningkatkan hasrat untuk bunuh diri.

jgn lupa agan agan semua kasih ratenya yahemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh reword 17-04-2013 05:47
0
2.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.