Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tryainkAvatar border
TS
tryaink
Situs Web Pertama & Pembuatnya
Quote:


Menikmati informasi tanpa batas dan dapat diakses setiap saat, itulah internet, namun kesemuanya itu tidak dapat Anda dapatkan tanpa adanya peladen web atau Server web. Dan disinilah WWW (World Wide Web) menjadi kumpulan peladen web (server) dari seluruh dunia yang mempunyai fungsi untuk menyediakan data serta informasi agar dapat digunakan secara bersama-sama. Lalu bagaimana awal mula terciptanya sebuah server WWW? Selain itu apa situs web pertama dan siapa pembuatnya?
Spoiler for :Berners-Lee:

World Wide Web mulanya merupakan sebuah proyek dari CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir. Memang agak unik karena notabene CERN lebih banyak berkonsentrasi pada pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa. Semua berawal dari ide seorang ilmuwan bernama Sir Timothy John Berners-Lee atau biasa dikenal dengan nama Tim Berners-Lee yang mengajukan sebuah gagasan proyek yang berbasiskan konsep hiperteks atau hypertext guna memfasilitasi pembagian serta pembaharuan informasi di antara para peneliti CERN. Kepentingan lain pada proyek ini adalah Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya yang jumlahnya sangat banyak. Nantinya Berners-Lee yang menjadi pembuat situs web pertama.

Pada saat mengajukan proyek ini tahun 1980, Tim Berners-Lee masih menjabat sebagai kontraktor bebas di CERN, dan akhirnya dengan bantuan dari rekannya, Robert Cailliau dia berhasil menciptakan sebuah sistem prototipe bernama Enquire. Meski gagasannya sudah diajukan pada tahun 1980, namun proyek World Wide Web ternyata baru selesai 10 tahun kemudian. Akhirnya, dengan sistem program peranti lunak bernama Enquire ini, Berners-Lee sukses menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip miliknya sehingga memudahkan ia untuk melakukan pencarian informasi yang dibutuhkan.

Untuk menciptakan World Wide Web pertama kali, Berners-Lee menggunakan ide yang mirip dengan yang telah dia gunakan pada perangkat lunak Enquire tersebut. Ia mendesain serta membangun sebuah browser yang pertama di dunia dan dinamai WorldWideWeb untuk kemudian dikembangkan dalam NeXTSTEP, sedangkan server web yang pertama bernama httpd. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi telah digunakan secara luas pada jaringan internet, dan di sini Berners-Lee dianggap sebagai pahlawan.

Kesuksesan Barners-Lee ditambah setelah ia menciptakan sebuah situs web pertama yang beralamat di http://info.cern.ch/ dan dimasukkan secara online untuk pertama kalinya tepat pada 6 Agustus 1991. Saat ini situs pertama tersebut telah diarsip, namun masih dapat diakses oleh umum. Dalam situs tersebut hanya terdapat catatan milik Barners-Lee mengenai sejarah pembuatan situs web pertamanya itu. Selanjutnya, pada tahun 1994, ia mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology, yakni sebuah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk World Wide Web.

Yang membuatnya menjadi kebanggan bagi semua orang, hingga saat ini Berners-Lee masih tetap menjadi orang yang rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Ada banyak yang masih tidak menyadari dan mengetahui bahwa World Wide Web merupakan buatannya. Bahkan salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak melakukan hak paten sehingga sampai sekarang WWW masih dapat digunakan secara bebas. Bahkan Berners-Lee pernah menyatakan dalam World Wide Web Consortium bahwa standar yang harus didasarkan pada teknologi ini adalah bebas dari royalti, sehingga siapa saja dengan mudah dapat menggunakannya.

Sampai saat ini WWW merupakan bagian yang paling menarik dari dunia Internet karena melalui web, para pengguna bisa mengakses berbagai informasi-informasi yang tidak hanya berupa tampilan teks saja, akan tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video serta animasi. Jadi bisa disimpulkan bahwa World Wide Web adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan fitur tautan hiperteks. Dengan cara mengeklik pranala atau hipertaut, maka para penggunanya dapat berpindah dari dokumen satu ke dokumen yang lainnya. Dalam sebuah artikel Times, pada bulan Oktober 2009, Berners-Lee mengakui bahwa pasangan awal garis miring ("/ /") dalam alamat web sebenarnya tidak perlu ada. Dia mengatakan kepada surat kabar bahwa ia bisa dengan mudah merancang URL yang tidak memiliki garis miring.

Pada tanggal 16 Juli 2004 Berners-Lee sempat diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya terhadap perkembangan teknologi. Sampai saat ini ia masih aktif dalam pengembangan teknologi berbasis internet.



Quote:
Diubah oleh tryaink 17-04-2013 15:27
0
2.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.