Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [MITOS] Rahasia Punuk ONTA, Apa sih Isi PUNUK ONTA dan Apa Gunanya..???

telenji200772Avatar border
TS
telenji200772
[MITOS] Rahasia Punuk ONTA, Apa sih Isi PUNUK ONTA dan Apa Gunanya..???



Terdapat dua mitos tentang unta unta adalah seekor kuda yang didesain oleh sebuah komite, dan unta dapat menyimpan air di punuknya. Unta berasal dari Amerika Utara sekitar 40 juta tahun yang lalu, namun kemudian punah di sana. Sekitar satu juta tahun yang lalu, unta sampai di Amerika Selatan dan Asia. Pada saat itu, unta dapat bertahan hidup di tengah-tengah lingkungan yang paling keras. Kaki-kaki mereka yang lembut melebar sehingga dapat berjalan dengan mudah di atas salju atau pasir. Mereka memiliki bantalan yang keras dan kasar di bagian dada clan lutut untuk menahan berat badan ketika mereka berlutut. Mereka beradaptasi dengan baik dalam menghadapi badai pasir memiliki rambut di sekitar lubang telinga, dua bans bulu mata, dan dapat menutup lubang hidung mereka. Dua spesies unta masih bertahan hidup sampai sekarang.



Unta Arab (Dromedary) memiliki tinggi yang mencapai 2 m hingga bagian bahunya, memiliki satu punuk, dan dapat berlari sambil melompat dengan kecepatan yang mencapai 16 km/jam selama 18 jam. Unta Bactrian yang memiliki dua punuk telah lama dijadikan sebagai "hewan pengangkut beban" di dataran tinggi di Asia Tengah. Mereka memiliki kaki yang lebih pendek dibandingkan Unta Arab, namun tubuh yang lebih berat. Kecepatannya juga jauh lebih lambat (3-5 km/jam), namun dapat menempuh 50 km sehari dengan beban yang sangat berat.



Terdapat 17 juta Unta Arab di Afrika dan Timur Tengah, dan dua juta di Pakistan serta India. Hanya ada dua juta Unta Bactrian, paling banyak di dataran tinggi di Asia Tengah. Unta tidak menyimpan air di dalam punuknya. Namun, punuk digunakan untuk menyimpan lemak unta bisa mencapai 35 kg. (Hal ini menjelaskan mengapa daging dari bagian tubuh lainnya rendah lemak.) Salah satu keuntungan memiliki begitu banyak lemak yang tersimpan di punggung unta adalah lemak tersebut melindungi unta dari sengatan Matahari gurun pasir.



Lemak juga bertindak seperti alat penyekat. Lemak biasanya hanya memperoleh sangat sedikit pasokan darah. Jadi, meskipun lemak menjadi hangat, hal itu hanya dapat mentransfer sedikit sekali panas ke dalam sirkulasi darah di dalam tubuh. Punuk unta terutama adalah cadangan makanan yang sangat besar, bukan tempat penyimpanan air. Agar dapat menggunakan makanan yang tersimpan ini, unta harus kehilangan banyak uap air dari paru-parunya. Ketika seekor unta membakar satu gram lemak untuk memperoleh energi, ia memproduksi lebih dari satu gram air. Namun untuk melakukan hal ini, unta membakar banyak oksigen sehingga perlu bernapas lebih sering—dan ketika mengeluarkan napas, ia kehilangan banyak air.

Spoiler for DP Jangan DIBUKAn kalo engga TAHAN:


Lalu, bagaimana unta dapat hidup tanpa air selama 17 hari dan tetap bertahan hidup? Pertama, unta telah berevolusi di mana mereka bisa kehilangan 25% berat badan tanpa menjadi sakit. Manusia tidak dapat melakukan hal ini begitu saja. Kedua, unta telah mengembangkan berbagai cara untuk menghemat air. Mereka hanya mengeluarkan sangat sedikit urine karena ginjal mereka memiliki kemampuan cumiatkan urine sehingga urine unta seperti sirop. Kotoran mereka mengandung sangat sedikit air, sehingga ketika keluar, kotoran tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar. Unta mengatur suhu tubuh mereka sesuai lingkungan (berkisar antara 34– 41,7C), dan jarang mengeluarkan keringat. Dan, jika mereka membutuhkan lebih banyak air, mereka mengambilnya dari seluruh bagian tubuh, kecuali aliran darah. Tubuh mereka mungkin mengalami dehidrasi, namun sirkulasi darah tetap normal dan tidak "tersumbat".

Spoiler for Ini Gambar Punuk Onta Setelah Di bedah,isinya LEMAK:


Tidak ada mamalia lain yang bisa melakukan hal mi. Akhirnya, ketika mereka berada di dekat air, mereka tidak bermain-main. Mereka dapat minum sebanyak 100 liter dalam waktu 10 menit. Perut mereka dapat melepaskan air dalam jumlah ini dengan sangat lambat, sehingga metabolisme di dalam tubuh tidak secara mendadak kelebihan beban. Unta tidak menyimpan air di dalam punuknya—dan jika mereka dirancang oleh sebuah komite, para anggotanya telah melakukan pekerjaan yang sangat baik.



Unta di Australia

The Ghan adalah kereta api dengan rute Darwin dan Adelaide. Jalan kereta api sepanjang 2.979 km yang selesai pada tahun 2004 itu merupakan proyek infrastruktur terbesar di Australia dalam setengah abad terakhir. Kereta api itu memiliki panjang setengah kilometer, dan menempuh perjalanan selama dua hari (diperbolehkan berhenti dan menjadwalkan istirahat bagi turis). Kereta besar ini membutuhkan jarak 2 km untuk benar-benar berhenti dengan kecepatan sekitar 100 km/jam. Kereta ini juga membutuhkan bahan bakar diesel seharga 700 dolar untuk menyalakan mesin, berjalan stabil, dan menjalankan seluruh sistemnya (listrik, rem vakum, dan lain-lain). Nama The Ghan berasal dari para pemelihara unta A fganistan yang dibawa ke Australia (bersama unta-unta mereka) 150 tahun yang lalu.







Unta merupakan cara ideal untuk berpergian melintasi padang pasir, dan orang Afganistan telah memelihara unta selama ribuan tahun. Para penjelajah pertama, dan kemudian para pekerja yang memasang saluran telegram, menyukai hewan kekar yang mudah mengatasi kondisi sangat sulit ini. Saat ini sekitar 25.000 unta hidup liar di Australia Tengah.





Quote:


Quote:



Quote:
Diubah oleh telenji200772 22-03-2013 02:54
0
16.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.