Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

berkahsellerAvatar border
TS
berkahseller
Benarkah Iklan Tiket Murah Air Asia?
Benarkah Iklan Tiket Murah Air Asia?



Salam. Misi Momod n Mimin, Agan n Sista. Trit ini ane buat berdasarkan pengalaman sebagai pemilik perusahaan tour and travel. Nama tour and travelnya, kayanya nggak etis deh kalo disebutin di sini. emoticon-Malu (S)Hehehe.. (Liat forum activities ane aja di FJB.. haha..) Say thanks a lot to Kaskus.. Owkeyh, kita mulai.. --> Sejumlah calon penumpang yang akan melakukan reservasi tiket AirAsia melalui perusahaan travel ane, sering nanya, "Benarkah tiket Air Asia dari Jakarta ke Surabaya hanya Rp. 199.000,-?" Biasanya sih yang tanya tarif tu Ibu-ibu, hehehe.. Konsumen kami yang Ibu-ibu, walaupun kayanya minta ampun, tetep aja kalau cari tiket selalu ingin yang murah, hehe.. Itu human nature-nya Ibu-ibu kali ye..
Ane biasanya jawab pertanyaan itu dengan kalimat, "Benar, tapi--ada tapinya, Ibu harus membayar bagasi, dan asuransi Air Asia.." Lagipula, syarat dan ketentuan berlaku...
Umumnya, syarat dan ketentuan dari Air Asia adalah: tiket tersebut berlaku untuk tanggal yang telah ditentukan.. Kalau tarifnya memang muraaahhh banget, biasanya untuk penerbangan antara 6 bulan hingga 1 tahun ke depan... Nah lo.. Selain itu, tiket murah juga umumnya tidak berlaku untuk akhir pekan, hari libur atau peak season.. Karena itu, kalau baca iklan Air Asia di koran, cermati, selalu Air Asia menulis syarat dan ketentuan di bagian bawah, yang umumnya tulisannya kecil-keciiiill bang getz.. Tertutup oleh tulisan angka harga yang sepertinya muraaahhhh bang getz.. Hehehe...
Lalu, bagi kami agen tiket, seringkali kami terpaksa harus menjelaskan dengan cukup panjang dan cukup lebar kepada calon pembeli, bahwa harga tarif tiket penerbangan yang harus dibayar berbeda dengan harga yang tertera di iklan. Kenapa hal itu bisa terjadi? Ya, karena beberapa hal, antara lain:
-Air Asia tidak memberi komisi kepada agen, jadi kami memungut komisi kepada konsumen, besarannya mulai Rp 10.000,- hingga jumlah tertentu untuk rute internasional.
-Air Asia mewajibkan penumpang untuk membeli polis asuransi perjalanan dari perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan Air Asia, dan ini sifatnya wajib, yang harga polis ini tidak tertera dalam iklan. Maskapai lain, asuransi yang wajib hanyalah IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja) yang hanya Rp. 5.000,- sekali terbang. Sedangkan asuransi lain, sifatnya optional, dalam arti penumpang tidak membeli pun tidak apa.
-Air Asia juga mewajibkan penumpang untuk membayar bagasi minimal 15 kilogram. Padahal, maskapai lain umumnya memberi bagasi gratis hingga 20 kilogram.
-Sehingga, jika ada promo tiket Air Asia Jakarta-Surabaya hanya Rp. 199.000,- ditambah dengan beberapa hal yang wajib dibeli tadi, jatuhnya ya sama saja, Bahasa Jawa-nya, sami ugi sami mawon, sekitar Rp 300 ribuan.. Hehehe...
-Oh ya, harga akan semakin mahal jika saat booking tiket Air Asia, kita meladeni semua penawaran Air Asia yang ditawarkan saat proses booking, misalnya: pilih tempat duduk, pilih makanan. Kalau dituruti, ya bisa tiga hingga empat kali lipat dari harga yang ditawarkan di iklan.
Demikian, Ibu-ibu, Bapak-bapak juga, dan last but not least, adik-adik mahasiswa--haha, selain ibu-ibu, adik-adik mahasiswa juga biasanya cari tiket murah biar ada lebihan buat jajan, hehe-- moga catatan yang sedikit ini bisa memberi jawaban.

Rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star ya Gan.. Dan kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) kalau memang sudah ISO.
Polling
0 suara
Maskapai penerbangan domestik apa yang paling Anda suka?
Diubah oleh berkahseller 01-01-2013 10:52
0
7.5K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.