Massacare
TS
Massacare
[Keyboard] CM Storm QuickFire TK Review - Unique Hybrid TKl Mechanical Keyboard
CM Storm QuickFire TK Review

Hybrid TKL Mechanical Keyboard


Tenkeyless mechanical keyboard? Bukannya uda lama uda ada di pasaran? Well, check this baby here, Cooler Master Storm QuickFire Rapid TK, and it's a sexy hybrid TKL. Kenapa saya sebut hybrid? It's a TKL, but it has numpad. Huh?Baca aja deh di review ini.

Specifications and Features


Berikut ini fitur-fitur dan spesifikasi yang ada di keyboard ini:

Specifications:


PS: Yang tersedia di Indonesia hanya yang red switch doank yah emoticon-Stick Out Tongue.

Features:
  • Mechanical RED CHERRY MX switches with a lifespan of over 50 million keypresses
  • Compact and ergonomic layout with an integrated numpad section
  • Fully backlit with red LEDs, 3 modes, and 5 brightness levels
  • NKRO through USB for unlimited simultaneous keystrokes
  • Embedded red steel backplate for maximum stability and durability
  • 7 easy-access multimedia shortcut keys
  • Super grip pads and keyboard standoffs with rubber feet for increased stability
  • Windows keys can be disabled for uninterrupted gaming


Packaging and Build Quality




Packaging? Hampir sama aja sih sebenarnya dengan mechanical keyboard lainnya. Ga ada yang agak mencolok atau special dari packagingnya. Kotaknya dari kardus lumayan tebal dan juga keyboard di dalamnya dilapisin dengan foam tipis. Sangat disayangkan tidak disediakan keyboard roof atau sejenisnya yang terbuat dari plastik mika. Melihat sebagian besar mechanical keyboard yang beredar di pasaran sekarang ada disediakan keyboard roof dari plastik mika (bahkan ada yang menyediakan keyboard roof dari bahan rubber seperti di leopold FC700R series atau Filco TKL Series). At least the box does the job very well for protecting what's inside it.


Tampak atas box.

Tampak bawah box.

Some stickers for switch type.

And some of the description on the backside. Nothing stands out here.

Sorry man, no keyboard roof, just plain thin foam.


Di pembelian keyboard ini, hanya disertakan bonus berupa keycap puller yang terbuat dari bahan plastik. Does the job very well. And....just that. No more other bonus or anything. Just keycap puller, USB to mini USB cable for the keyboard, and quick manual. Not much a problem sih, soalnya kan yang orang incar keyboardnya.


Simply that, no more other thing included in the package.


Lanjut ke keyboardnya sendiri. Body keyboard ini terbuat dari bahan ABS , cuman sayangnya buildnya masih belum terlalu kokoh kalau dibandingkan dengan pesaingnya. Di beberapa titik masih bisa dirasakan ada bagian yang berasa hollow atau kopong. Not really a problem sih, waktu dipakai gak bakalan kita ketok-ketok juga , wong bakalan dipake untuk mengetik juga. Cuma tetap aja ada satu perasaan kurang puas kalau buildnya kurang kokoh dibandingkan pesaingnya di range harga yang sama seperti leopold FC700 ataupun filco TKL (yang sering dijadikan benchmark standar keyboard TKL yang kokoh tuh gmana). Kabel untuk keyboard ini detachable, dan tipe kabel yang digunakan adalah USB to mini USB, jadi bagi yang mau coba-coba ganti kabelnya dengan warna sleeving yang diinginkan, silahkan dicoba aja emoticon-Stick Out Tongue. Dan juga di bagian belakang keyboardnya disediakan alur wiring untuk kabelnya dengan 3 posisi. Pretty much interesting kalau mau meja tampak lebih rapi dengan alur wiring yang sesuai. Oh iya, dan kabel yang disediakan adalah braided USB cable yak, not really much different sih kalo dibandingkan dengan kabel USB biasa, tingkat ketahanannya tidak beda jauh, cuman secara estetika maybe much more better for our eyes. One more good thing about this keyboard tuh dibagian feetnya, adanya rubber di ujung feetnya menambah grip keyboard ke meja. Banyak brand yang kurang memikirkan hal kecil seperti ini lumayan ngaruh loh ke kenyamanan.


Tampak atas keyboard.

Coba ketok bagian ini, terasa paling kopong lho, cuman not really a problem sih, wogn keyboard bukan buat diketok2 koq emoticon-Stick Out Tongue

Tampak bawah keyboard. Ada alur wiringnya lho emoticon-Stick Out Tongue.

Alur wiring.

Colokan ke keyboardnya menggunakan mini USB.

Tadaaaa. Rapi kan? emoticon-Stick Out Tongue

Rubber coating feet, AWESOME.


Now here comes the bright side of this keyboard. Ukuran keyboard ini hampir sama dengan keyboard TKL lainnya, dengan beda hanya tambahan 1 kolom aja. Nah untuk apakah kolom itu? Kalo dikeyboard TKL biasa, otomatis numpadnya tidak ada, kalaupun ada, numpadnya terintegrasi dengan row huruf yang dipake untuk mengetik, which is not comfortable kalau dipakai untuk menginput data yang banyak kombinasi huruf dan angkanya. Dan ditambah lagi kalau mau menghidupkan fungsi numpadnya harus memalui dip switch yang normally tersedia di bawah keyboard. Agak ribet kalau mau ganti mode ke numpad mode dan balik lagi ke mode biasa. Nah di CM Storm QuickFire TK ini, bagian numpad keyboardnya diimplementasikan ke bagian keyboard yang biasa terdirii dari printscreen, scroll lock, pause break, insert, delete, page up, page down, and so on termasuk bagian directional buttonnya juga. Nah semua fungsi itu diimplementasikan sekali beserta numpad juga. Dan untuk mengganti ke mode numpad atau kembali ke mode biasa, tidak perlu bolak balek keyboard lagi, tinggal idupin numlock aja, done. Pretty much simple and easy to use kalo memang mau keyboard yang TKL tapi ada numpadnya dengan layout yang cukup standar dibandingkan dengan keyboard lainnya. Cuman di sisi negatifnya itu psisi dari tombol insert, delete, page up and os on itu turun ke row dibawahnya, jadi perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan layout yang agak lain. Tapi di sisi positifnya , kita bisa mendapatkan keyboard TKL tapi dengan layout numpad normal dan mode switching yang gampang banget emoticon-Wink.


Numpad yang terintegrasi dengan tombol page up dan kawan-kawan. Pretty much useful kalo sering switch antara numpad mode dan normal mode. Untuk yang mau mengetik dengan keyboard fullsize tapi terbatas di space boleh coba menggunakan keyboard ini.

Diubah oleh Massacare 12-04-2013 08:30
0
10K
32
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Review Lab
Hardware Review Lab
icon
2.2KThread975Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.