Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Ichsan13030531Avatar border
TS
Ichsan13030531
PESAN KU UNTUK ANDA YANG SEDANG MENUNTUT ILMU
Assalamualaikum Wr.Wb
Perkenankanlah ane untuk membagi beberapa pengalaman ane tentang bagaimana cara belajar atau menuntut ilmu dengan baik. Ane membuat threads ini bukan semata-mata karena ane sudah benar dan baik dalam menuntut ilmu, ane pun masih harus banyak berbenah dalam seluruh aspek hidup ane.
Dalam menuntut ilmu :
1. Niat kan lah hati anda dalam menuntut ilmu hanya karena mencari keRIDHOan NYA,bukan hanya karena ingin mendapatkan sesuatu penghargaan yang baik,entah itu berupa nilai, piagam, rangking atau sejenisnya, kalau anda hanya mengharapkan itu maka hanya itu yang anda dapat.
2. Pilihlah ilmu yang prioritasnya lebih utama, bagi saya pribadi (ilmu agama), menurut saya seseorang yang tidak mengenal agama nya, sepintar dan secerdas apapun ia maka ia tidak akan mampu menaklukan musuh besarnya(setan).
3. Untuk ilmu umum, pilih lah ilmu yang sangat amat anda minati, kenapa demikian? sebab kemungkinan ilmu itu akan menjadi bidang keahlian dan sumber pencarian anda.
4.Pilihlah guru atau sekolah yang bagus, dan bagus itu belum tentu mahal, bagi saya sekolah dimanapun anda, entah sekolah favorit atau biasa, kalau anda tidak aktif dan kreatif itu semua terasa sama saja. Begitu pun guru, sepintar apapun guru anda, kalo anda tidak aktif dan kreatif, anda tidak akan mendapatkan apa-apa.Pilihlah guru yang baik sifat dan akhlaknya, jangan memilih seorang guru hanya dari title nya saja.
5. Jauhkan hal-hal yang mungkin membuat anda lalai dari tujuan menuntut ilmu,seperti :
- Terlalu banyak berbuat maksiat
- Menggampangkan sesuatu hal
- Tidak beribadah secara baik, benar dan sesuai.
- Terlalu banyak berbohong, dsb
6. Perhatikan makanan dan hasil jerih payah anda, usahakan dengan semaksimal mungkin semua itu anda dapatkan dengan cara yang halal, tidak berstatus meragukan apalagi haram.
Sebanarnya masih banyak hal-hal yang menyangkut tentang semua ini, karena keterbatasan pengetahuan ane yah cuma ini untuk sementara,
"janganlah lupa di sepanjang hidup kita meminta restu dari orangtua". Semoga bermanfaat, thanks
sumber:
-kitab ta'lim muta'alim
-Guru-guruku yang tercinta
-pengalaman hidupemoticon-I Love Kaskus
0
2.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.