The Crystal Maze (disingkat TCM) adalah acara kuis petualangan Britania Raya, yang diproduksi oleh Chatsworth TV, dan ditayangkan di Channel 4, sejak tanggal 15 Februari 1990 sampai 10 Agustus 1995, setiap Kamis. Terdapat 1 musim setiap tahunnya, di mana di setiap musimnya terdiri dari 13 episode. Acara ini dibawakan oleh Richard O'Brien pada musim I-IV dan Edward Tudor-Pole pada musim V-VI. Setiap episode ditayangkan selama 60 menit (termasuk commercial break). Selain 78 episode reguler (kumulatif), juga terdapat 5 episode spesial, dengan durasi tayang yang sama.
Di Indonesia, acara ini pernah ditayangkan di TVRI pada tahun 1996-1998. Selama penayangannya di TVRI, acara ini ditayangkan tanpa jeda iklan/commercial break.
REGULASI
Spoiler for regulasi:
Di setiap episodenya, ada 3 kontestan laki-laki dan 3 kontestan perempuan yang akan bermain.
Satu orang kontestan bertindak sebagai kapten tim dan 1 orang kontestan bertindak sebagai wakil kapten tim.
Permainan akan dilaksanakan dalam 4 zona, setiap zona memiliki 3-4 permainan.
Setiap permainan akan dimainkan oleh 1 orang kontestan, rekannya boleh memberi petunjuk dari luar ruangan permainan.
Waktu bermain di setiap ruangan permainan adalah 2 menit, 2 menit 30 detik, atau 3 menit; yang akan mulai dihitung setelah pembawa acara menutup pintu ruangan permainan.
Kapten tim akan menentukan siapakah kontestan yang akan bermain dan jenis permainannya (jika kapten terperangkap dalam ruangan permainan, maka wakil kapten akan menentukan siapakah kontestan yang akan bermain dan jenis permainannya).
Setiap permainan akan dinyatakan berhasil jika dan hanya jika kontestan pemain berhasil membawa kristal seukuran bola golf keluar dari ruangan permainan sebelum waktu bermain habis.
Jika tidak ingin terperangkap dalam ruangan permainan, maka kontestan harus keluar dari ruangan permainan sebelum waktu bermain habis.
Kontestan akan terperangkap dalam ruangan permainan jika dan hanya jika kehabisan waktu bermain atau melakukan 3 kali kesalahan (untuk permainan dengan sistem terperangkap secara otomatis).
Kontestan yang terperangkap dapat dibebaskan dengan cara membayarnya dengan 1 kristal sebagai tebusan.
Setiap kristal yang terkumpul akan memberikan waktu bermain sebanyak 5 detik di babak kubah kristal (crystal dome)
.
JENIS PERMAINAN
Spoiler for jenis permainan:
Fisik
Kecepatan dan kekuatan
Keahlian
Ketangkasan dan ketelitian
Mental
Kemampuan otak yang sering melibatkan matematika atau asosiasi kata
Misteri
Logika dan kecerdikan
ZONA PERMAINAN (THE MAZE)
Spoiler for zona permainan:
Industrial (musim I-III)
Terletak di sebelah kanan atas dalam peta TCM (kuadran I koordinat kartesius).
Berlatar belakang sebuah pabrik industri kimia yang diklaim sebagai tempat pembuatan permainan.
Menggunakan jam analog sebagai penghitung waktu.
Kontestan yang tidak bermain dapat memberi petunjuk kepada kontestan yang sedang bermain lewat layar monitor.
Ocean (musim IV-VI)
Terletak di sebelah kanan atas dalam peta TCM (kuadran I koordinat kartesius).
Berlatar belakang kapal SS Atlantis yang tenggelam dan terperangkap dalam gelembung udara di tepi jurang di Samudera Pasifik.
Menggunakan jam analog sebagai penghitung waktu.
Kontestan yang tidak bermain dapat memberi petunjuk kepada kontestan yang sedang bermain lewat layar monitor.
Aztec
Terletak di sebelah kiri atas dalam peta TCM (kuadran II Koordinat kartesius).
Berlatar belakang sebuah perkampungan kecil pada tahun 1518, sebelum Hernán Cortés menaklukkan Kerajaan Aztec.
Menggunakan jam air sebagai penghitung waktu.
Kontestan yang tidak bermain dapat memberi petunjuk kepada kontestan yang sedang bermain lewat jendela.
Futuristic
Terletak di sebelah kiri bawah dalam peta TCM (kuadran III koordinat kartesius).
Berlatar belakang sebuah stasiun luar angkasa yang jauh dari Bumi pada tahun 2494, yang ditinggalkan setelah Perang Galaktik II tahun 2245.
Menggunakan jam digital sebagai penghitung waktu.
Kontestan yang tidak bermain dapat memberi petunjuk kepada kontestan yang sedang bermain lewat layar monitor.
Medieval
Terletak di sebelah kanan bawah dalam peta TCM (kuadran IV koordinat kartesius).
Berlatar belakang sebuah puri tempat tinggal pembawa acara pada tahun 1302.
Menggunakan jam pasir sebagai penghitung waktu.
Kontestan yang tidak bermain dapat memberi petunjuk kepada kontestan yang sedang bermain lewat jendela.
PROSES PERMAINAN
Spoiler for permainan:
Ketika tim memulai "Crystal Maze", mereka harus mengatasi hambatan untuk memasuki zona pertama mereka.
Industrial
Memanjat tong minyak dan jaring kawat ke dalam celah di atas pintu, dan/atau membuka gerbang atau pintu dengan kunci. Ocean
Mengikat/menghapus kisi-kisi logam dan turun lewat tangga jaring. Aztec
Menyeberang dengan 2 perahu dengan mengikuti arus sungai. Futuristic
Menjawab pertanyaan yang diajukan komputer. Medieval
Membuka atau memanjat gerbang jeruji.
Richard O'Brien mengawalinya dengan meniup peluitnya. Ed Tudor-Pole mengawalinya dengan membunyikan suara berbeda: membunyikan klakson kapal (Ocean), meniup kulit kerang (Aztec), menonaktifkan alarm setelah menjawab pertanyaan (Futuristic), membunyikan lonceng (Medieval).
THE GAMES
Spoiler for the games:
Setiap permainan memiliki batas waktu dua, dua setengah, atau tiga menit. Jika kontestan gagal untuk keluar dari ruangan dalam batas waktu ini, sebelum timer mencapai nol, mereka akan terkunci didalam permaianan.
Selain itu pada sebagian kecil permainan, yang dikenal sebagai 'otomatis lock-in' game, kontestan juga bisa terkunci dalam dengan melakukan pelanggaran, misalnya dengan menyentuh lantai jika ini dilarang untuk pertandingan itu, atau dengan cara membunyikan alarm kesalahan 'tiga kali. Jika kontestan melanggar aturan hukuman dalam 'lock-in otomatis' permainan, mereka akan terkunci langsung. Kontestan yang 'dikunci' tidak dapat bermain lebih jauh, kecuali kapten tim memilih untuk membeli kebebasan kontestan pada biaya dari kristal sebelumnya diterima, yang bisa dilakukan setiap saat setelah lock-in.
Untuk mengeluarkan anggota tim yang terkunci diperlukan anggota tim untuk membawa kristal ke ruang di mana kontestan terkunci, meninggalkan kristal kedalam zona permainan dimana anggotanya terkunci. Jika kedua kapten dan wakil kapten terkunci dalam, seorang kapten baru akan dipilih di tempat, meskipun ini tidak pernah benar-benar terjadi.
THE CRYSTAL DOME
Spoiler for the crystal dome:
Setelah melalui 4 zona, kontestan akan bermain di kubah kristal(Crystal Dome). Kubah Kristal adalah replika kristal yang diperoleh kontestan selama permainan dengan tinggi 16 kaki. Kubah kristal dikelilingi sebuah saluran yang berisi air.
Di dalam kubah terdapat Lembaran emas dan perak yang akan di terbangkan oleh kipas dari bawah dome. setelah lembaran emas diterbangkan maka peserta akan berusaha mengambil lembaran tersebut sebanyak-banyaknya sesuai dengan waktu yang mereka dapat (waktu didapat dari jumlah crystal dikali 5 detik). Setelah waktu habis, pembawa acara akan meniup peluit kedua tanda kontestan selesai mengumpulkan kertas, selanjutnya kontestan diperkenankan keluar dari kubah kristal setelah pintu dibuka.
Lembar perak akan mengurangi lembar emas.
Jika mendapatkan 100 emas setelah dikurangi lembar perak maka peserta akan mendapatkan hadiah liburan untuk semua anggota tim.
tetapi jika kurang dari 100 maka peserta hanya akan pulang membawa suvenir crystal saja.
[/list]
CRYSTAL MAZE DI YUTUB
[YOUTUBE]
[url][youtube]Iw-lscBAfks[/url]
TERIMAKASIH TELAH MEMBACA TRID ANE GAN..