Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabayan98Avatar border
TS
kabayan98
Hati-hati pasang variasi motor gan,bisa-bisa bahaya !
Tidak ada yang salah memasang aksesoris atau melakukan modifikasi pada sepeda motor yang digunakan sebagai transportasi harian. Dari penampilan enak dilihat, namun kemungkinan bisa mengurangi kenyaman atau mengganggu keselamatan. Khususnya bila aksesori tersebut dibuat dari bahan berkualitas rendah. Sebaiknya, hindari menggunakan bahan seperti berikut.

1. Handgrip alumunium/krom
Spoiler for :

Berfungsi mengatur gas (putaran mesin). Grip yang dibuat dari alumunium dengan permukaan licin akan mempersulit pengendara mengontrol gas saat berkeringat dan terutama saat hujan.

2. Pijakan Kaki (footpeg) alumunium
Spoiler for :

Pijakan (footpeg) ditawarkan dengan berbagai bentuk, mulai dari minimalis hingga modern. "Ada beberapa bentuk yang menyalahi aturan sehingga tidak sesuai dengan pijakan kaki dan menjadi licin disaat hujan. Ini akan sangat mengganggu. Terutama saat kita menginjak rem atau mengganti gigi.

3. Tuas kopling/rem
Spoiler for :

Tuas kopling atau rem sebenarnya lebih baik menggunakan desain pabrik karena bentuknya disesuai dengan jari-jari tangan kita. Jika bentuk tuas tidak sesuai akan mempengaruhi daya cengkram saat jemari menarik tuas rem/ kopling. Juga bisa membuat tangan cepat lelah jika desainnya kurang bagus.

4. Kulit atau alas jok
Spoiler for :

Hindari pemakaian kulit licin dan papas jok yang semakin tipis. Saat ini banyak papas jok dijual dengan bentuk seperti papan selancar. Desain seperti ini membuat pengendara cepat lelah. "Bayangkan jika jok tersebut, tipis dan dilapisi lagi denganb kulit yang licin. Bahayanya besar sekali,"

5. Peninggi (raiser) setang
Spoiler for :

Pemakaian raiser memang tidak salah dan bisa membantu pengendalian lebih nyaman. Kendati demikian, masih ada beberapa produsen raiser yang tidak bertanggung jawab karena menggunakan bahan berkualitas rendah. Akibatnya, raiser tersebut mudah patah karena berkarat atau dibuat dari bahan yang rapuh.
"Raiser berkualitas rendah bila kesenggol langsung patah. Ini sering terjadi. Teliti dulu bahannya sebelum membeli dan memasangnya,"

6. Ban Tipis dan kecil
Spoiler for :

Belakangan ini sering kita lihat pengguna sepeda motor yang menggunakan ban kecil, tipis dan off road. Untuk ban kecil dan tipis pastinya akan membahayakan Anda jika musim hujan seperti ini. Motor akan mudah tergelincir.
"Permukaan ban yang kecil itu otomatis memiliki daya cengkraman yang kecil. Apalagi pada musim hujan,"

Bahaya yang kedua yakni saat menerjang lubang yang tergenang oleh air. Motor akan lebih mudah jatuh. Hal ini karena dengan ukuran ban yang kecil dan tipis tidak dapat meredam guncangan dengan baik.

Sementara untuk ban dengan model off road. Jika digunakan di aspal ataupun beton daya cengkramnya kurang baik. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, motor akan mudah tergelincir. "Ban off road itu kan cocok untuk di jalan tanah. Kalau di aspal atau beton cengkramannya kurang,"

7. Menggunakan lampu HID Putih
Spoiler for :

Para bikers sejati yang doyan aksesoris juga sering mengaplikasikan lampu HID berwarna putih pada motornya. Ini dilakukan untuk mengejar gaya.
Memang jika digunakan di malah hari dan didukung cuaca yang bagus lampu HID putih ini akan jauh lebih menarik.
Tapi jika musim hujan apakah akan tetap aman?
"Sebaiknya hindari dulu jika musim hujan. Sebab saat hujan sinar yang dihasilkan lampu itu tidak akan menembus dengan jauh. Alhasil jarak pandang Anda tidak akan jauh,"
tidak ada salahnya menggunakan lampu HID saat musim hujan. Tapi lebih baik jika musim hujan pilih lampu HID berwarna kuning dan memiliki spesifikasi 43000k.
"Kalau warnanya sedikit menguning masih bisa menembus derasnya air hujan. Beda dengan lampu yang warna putih,"

8. Dan inilah part modif yang paling berbahaya gan !!!
Spoiler for :


Trus gimana cara modif yang aman ?
kalo menurut ane sich cukup ganti yang ini aja gan
Spoiler for :


Mau modif silahkan aja gan,tapi safety first ya emoticon-Smilie , pentingkan keselamatan sendiri dan fikirkan keselamatan orang lain emoticon-Smilie

emoticon-I Love IndonesiaSekian dan terima kasihemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh kabayan98 09-02-2013 04:26
surichi90
surichi90 memberi reputasi
1
26.4K
236
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.