sakazakiiAvatar border
TS
sakazakii
Ternyata Ada 4 Video Turis Belanda yang Coreng Citra Bali
Ternyata Ada 4 Video Turis Belanda yang Coreng Citra Bali

Jurnalis Belanda yang menyamar sebagai turis, Kees van der Spek (sumber: Facebook)

Denpasar - Dalam beberapa hari terakhir, Bali digemparkan ulah polisi yang meminta uang damai kepada turis asal Belanda yang melanggar lalu lintas, dan kemudian mentraktir sang turis minum bir dengan uang damai.

Ulah polisi nakal tersebut telah diunggah ke situs Youtube, dan hingga Sabtu (6/4) pagi telah ditonton sebanyak lebih 830.000 kali.

Adalah Kees van der Spek, turis asal Belanda yang ternyata berprofesi sebagai jurnalis investigasi kriminal, yang merekam peristiwa memalukan tersebut.

Selain mengunggah tayangan polisi lalu lintas yang memeras, van der Spek juga mengunggah pula peristiwa lain yang mencoreng Bali sebagai daerah tujuan wisata internasional.

Tidak tanggung-tanggung, ada empat video yang diunggah di Youtube, yang mempertontonkan secara vulgar kenakalan oknum aparat polisi, oknum petugas di bandara, dan pramuwisata.

Pada Kamis (4/4) lalu, misalnya, van der Spek mengunggah video pemerasan oleh petugas di Bandara Ngurah Rai. Video yang diberi judul “Bribes To Customs Officials Ngurah Rai Airport” tersebut berdurasi 2 menit 39 detik.

Rekaman itu diawali gambaran suasana sesaat sebelum mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai. Video kemudian berlanjut menuju terminal kedatangan internasional, dan melalui proses pemeriksaan.

Saat pemeriksaan inilah, tampak terlihat tangan van der Spek sedang menggenggam sejumlah uang dan kemudian diberikan kepada petugas dengan cara jabat tangan. Sesaat setelah itu, dia bersama dua rekannya menuju mobil yang sudah menunggunya.

Dua rekaman video lain, yang juga sudah diunggah ke Youtube adalah tindakan penipuan oleh pramuwisata. Salah satunya diberi judul “Bali/fraud to tourists in Bali”. Video dengan dua tema yang sama diunggah oleh van der Spek sejak Senin (1/4) lalu bersamaan dengan video polisi yang terima suap.

Isi video tersebut menggambarkan kecurangan petugas money changer. Kecurangan itu terjadi saat turis menukarkan uangnya ke dalam pecahan rupiah. Uang yang diberikan oleh petugas money changer tidak sesuai dengan nilai yang ditukarkan.

Modusnya, oknum pramuwisata menghitung uang di hadapan turis, dan jumlahnya pas. Namun, saat diberikan, petugas mengurangi jumlah uang, dengan cara menjatuhkannya ke bawah meja.

Proses menjatuhkan ke bawah meja ini terekam secara detail. Hal yang sama juga dilakukan oleh petugas money changer di tempat lain. Keseluruhan tayangan itu berdurasi 5 menit 28 detik.

Video keempat menyoroti modus penipuan oleh pemandu wisata yang berkedok menjual paket tur berhadiah kepada van der Spek.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ngurah Wijaya, menyayangkan penayangan video-video tersebut melalui situs Youtube.

Sebab, hal tersebut jelas mengungkap perilaku buruk oknum di Bali, dan dikhawatirkan berdampak negatif terhadap citra pariwisata di Pulau Dewata tersebut. Namun, dia mengaku belum melihat tayangan tersebut.

“Kami sudah minta berkali-kali kepada pemerintah untuk melakukan sweeping terhadap money changer yang tidak punya izin. Usaha yang tidak punya izin ini berpotensi untuk melakukan kecurangan,” tegasnya.

Penulis: 137/FEB
Sumber: berita
Sumber: 4 video nya hasil kerjaan bule


Coreng Bali juga coreng Indonesia . . Sial emang tuh bule . . Tapi semoga kedepannya menjadi yang lebih baik . . Tambahin juga dech video agan2 yang model seperti ini . . Sebagai tambahan evaluasi kedepannya. .

Terimakasih mimin-momod-dan partisipasi semuanya yang sudah menjadikan thread ini menjadi HT



kurang dari 12 jam yang diliat sekitar 44.00O viewer, mantap,.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Okay,. Lanjut baca ke post #4 harus hehe
Diubah oleh sakazakii 08-04-2013 15:38
0
69.7K
983
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.