Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jembeleyekAvatar border
TS
jembeleyek
Joyoboyo & Presiden Non Jawa
Ini harusnya masuk lounge tp apa daya lounge selalu sepi lagipun ini termasuk berita jugakan.... emoticon-Kiss


Menurut ramalan Joyoboyo, calon pemimpin Indonesia adalah mereka yang memiliki inisial “notonegoro” atau “no- to-no-go-ro”. Akhiran no, to, no, go dan ro identik dengan nama Jawa. Terawangan Joyoboyo ini bisa ditafsirkan bahwa calon pemimpin negeri ini harus berasal dari Tanah Jawa. Jika kita cermati secara baik, pada kenyataannya prediksi Joyoboyo ini tidak terbukti seluruhnya benar.

Coba kita telusuri. Presiden pertama Indonesia adalah Soekarno (no), kedua Soeharto (to). Sementara yang ketiga BJ Habibie, keempat Abdulrahman Wahid, kelima Megawati Soekarno Putri dan kelima Susilo Bambang Yudhoyono. Artinya, ramalan Joyoboyo mengenai ‘notonegoro’ berhenti di presiden kedua, yaitu Soeharto. Sementara untuk presiden ketika dan seterusnya tidak cocok. Artinya juga, tidak ada yang menjamin bahwa presiden RI harus berasal dari Jawa.

Sebagai bangsa yang terus berkembang, kita tidak boleh terbelenggu kepada ramalan dan sikap primordial. Pemimpin tidak bisa hanya dilihat dari mana ia berasal. Untuk menjadi pemimpin, tentu syaratnya bukan berdasar pada hasil terawangan, melainkan ia harus seorang yang memiliki jiwa leadership yang baik, mampu memberikan kenyamanan dan kepastian bagi orang-orang yang dipimpin, serta selalu melakukan hal terbaik bagi orang-orang di bawahnya. Tidak ada yang berani menjamin, pemimpin dari suku A lebih baik dari suku B. Apalagi menyangkut pemimpin bangsa.

Indonesia adalah Negara besar dengan ratusan juta penduduk, ratusan ribu pulau dan keberagaman latar belakang. Indonesia tidak hanya milik orang Jawa. Indonesia adalah negara kesatuan yang dimiliki oleh seluruh rakyat, dari Sabang sampai Merauke.

Dalam kepemimpinan, faktor Jawa-Non Jawa sepertinya tidak lagi menjadi acuan dalam birokrasi dan kepemimpinan di segala sektor. Artinya, di masa SBY, dikotomi Jawa-Non Jawa sudah tidak kental lagi. Untuk beberapa sektor kepemimpinan, banyak orang Non Jawa yang menduduki jabatan strategis. Misalnya, penunjukkan HR sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Penunjukkan HR tentu saja tidak asal ‘comot’ nama. SBY pastinya melihat sosok HR sebagai seorang pemimpin yang memiliki jiwa leadership.

Menko Perekonomian adalah jabatan strategis, karena kemajuan Indonesia sangat bertumpu pada bidang ekonomi. Kecakapan HR dalam memimpin kementeriaanya dan menteri-menteri di bawah koordinasinya terbukti mampu mengangkat perekonomian Indonesia. Ekonomi Indonesia terus tumbuh, dan pertumbuhannya mencapai 7% per tahun. Keluwesan HR dalam menjalin komunikasi dengan pemimpin ekonomi dunia sangat berpengaruh pada derasnya modal asing yang masuk ke Indonesia.

Sebagai pemimpin di kementerian perekonomian, HR juga sudah teruji dalam meredam gejolak harga barang dan kebutuhan pokok. Di bawah HR, Indonesia cukup kuat dalam menghadapi berbagai krisis ekonomi dan pangan dunia.

Gaya kepemimpinan yang egaliter dan mampu merangkul semua golongan, menyebabkan banyak pengamat meramalkan HR akan menjadi calon presiden potensial di Pemilu 2014 nanti. Tingkat popularitasnya yang terus naik, menjadikan PAN cukup pede untuk menempatkan HR sebagai prioritas utama calon presiden 2014.

Persoalan bahwa HR kelahiran Palembang, Sumatera Selatan dan bukan orang Jawa, serta tidak masuk dalam skema ramalan Joyoboyo, itu masalah yang bisa dijelaskan secara logika. Indonesia adalah Negara besar dengan berbagai macam latar belakang, sehingga diperlukan pemimpin yang memiliki leadership, cakap dalam berkomunikasi dan mampu merangkul semua golongan. HR memiliki itu semua, sehingga tidak ada alasan bagi siapa pun (yang mengaku rakyat Indonesia) untuk tidak memilihnya. Namun semua harapan mengenai HR itu harus dengan satu catatan, yang bersangkutan mau dicalonkan menjadi presiden di Pemilu 2014. Karena sejauh ini, HR belum memberikan sikap kesediaannya untuk maju menjadi calon presiden. hatta

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

seharusnya selanjutnya Ro? emoticon-Sundul Gan (S)

Apakah anda agan sekalian mencari ROini siapa? emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for INI DIA!!!:
0
4.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.