Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

haki91Avatar border
TS
haki91
Kebun Raya Bogor Tempat Wisata Favorit Dunia
Kebun Raya Bogor Tempat Wisata Favorit Dunia


Kebun Raya Bogor atau Botanical Garden Bogor sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keunikannya patut dibanggakan tidak hanya berekreasi, di tempat ini pengunjung dapat menambah pengetahuan tentang keragaman tanaman dan tumbuhan, ungkap Iteng Dayana K, S. Hut, Staff Jasa Informasi, di Jl.Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, (10/13) Minggu.

Menurut Iteng Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar, jenis tanaman 3.342 koleksi dan secara keseluruhan tanaman yang ada di kebun ini 15.000 jenis tanaman. Secara sejarah didirikan oleh seorang bangsawan prof Reinwardt pada 18 Mei 1817.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP RI ) nomer 106 tahun 2012, tanggal 1 Maret 2013 lalu berlaku tarif pengunjung Kebun Raya Bogor seperti tiket masuk di kenakan harga Rp.14.000 per orang, tiket khusus wisatawan asing Rp. 25.000 per orang, kendaraan keliing roda empat Rp. 30.000, parkir kendaraan roda dua Rp. 5.000, dan tiket sepeda keliling Rp.5.000.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang telah di sediakan diantaranya ruang konservasi, laboratorium, perpustakaan, café de daunan musium zoologi. Jam buka kebun 07.30-17.00, kantor 07.00-15.30, dan hari senin sampai jum’at 08.00-16.00, ungkapnya Iteng.

Menurut Iteng, wisatawan yang mengunjungi Kebun Raya Bogor setiap tahunnya semakin meningkat. “kalau asing biasanya dari Eropa, mayoritas dari Belanda kemudian kita juga mempunyai masyarakat domestik. Juga patut dibanggakan”. Keunikan dan hal yang menarik di wisata ini, ada beberapa tanaman langka seperti, bunga bangkai amorphophallus, tanaman salak asli Betawi, tanaman kayu besi, tanaman kayu hitam, koleksi bunga anggrek, dan tanaman lainnya terdapat di tempat wisata ini, dan juga pohon tertua yang umurnya ratusan tahun.

Ia mengatakan mengetahui Kebun Raya Bogor bukan tempat rekreasi semata tetapi diharapkan para wisatawan agar timbulnya rasa cinta terhadap tanaman. “ Tidak hanya melepas lelah disini, tidak hanya melihat pemandangan yang bagus tetapi masyarakat benar-benar melihat cantik, menarik dan kemudian unik”, ungkap Iteng.

Menurut pengunjung Sandi, salah satu mahasiswa perguruan tinggi swasta Depok, “memilih tempat wisata Kebun Raya Bogor selain bagus tempat ini natural udaranya segar masih banyak pohon”, ia menambahkan tempat ini juga tidak hanya tempat rekreasi tetapi sarana pendidikan mengenai tumbuhan.

Sandi menanggapi kebersihan di tempat wisata ini kebersihan yang masih kurang bersih. “harapannya sih semoga ada lebih di tingkatkan lagi fasilitasnya, dan juga kebersihan, itu aja supaya naturalnya terjaga”, ungkap Sandi

Sementara itu Isma salah satu pengunjung asal depok, memilih tempat wisata ini karena suasananya sejuk, tenang , dan tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. “saya tidak suka ke tempat wisata yang terlalu ramai makanya saya kunjungi tempat ini bersama teman saya”, ia berharap dari pihak Kebun Raya Bogor lebih di tingkatkan agar lebih baik, ujarnya. (ab)

























0
1.8K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.2KThread12.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.