Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabay4nAvatar border
TS
kabay4n
[HOT] Akhirnya terungkap Juga pelaku penyerangan LP Cebongan
Di Jamin No emoticon-Blue Repost
Spoiler for No Repost:


Pelaku telah Musnahkan Senjata yang Digunakan


Ketua tim investigasi TNI AD Brigjen TNI Unggul K Yudhoyono menyatakan bahwa enam pucuk senjata yang digunakan dalam penyerangan LP Cebongan, Sleman, DI Yogyakarta, telah dimusnahkan pelaku.

Meski demikian, penyerangan itu diakui tidak direncanakan. Alasannya, senjata yang digunakan tidak diambil dari gudang senjata Kopassus, melainkan dari medan latihan.

"Pengakuan para pelaku (sembilan anggota Kopassus) bahwa barang bukti sudah dimusnahkan dan dibuang ke Sungai Bengawan Solo," kata Brigjen TNI Unggul K Yudhoyono dalam siaran pers di Kartika Media Center, Jakarta, Kamis (4/4).

Meski demikian, Brigjen Unggul mengaku tidak menerima mentah-mentah pengakuan tersebut.

"Para pelaku menjawab dengan jujur bahwa sebagian (senjata) dibakar, dan itu sudah (kami) dapatkan," jelasnya.

Hasil investigasi TNI AD menyebutkan serangan tersebut menggunakan enam pucuk senjata. Terdiri dari, tiga senapan AK-47, dua replika AK-47, dan satu replika pistol Sig Sauer. Tiga senapan AK-47 dibawa pelaku dari tempat latihan di Gunung Lawu.

"Senjata yang dibawa tidak diambil dari gudang (senjata), tapi dari medan latihan. Senjata yang lain adalah replika, seperti air soft gun," ungkapnya.


Penyerang LP Cebongan Bergerak dari Gunung Lawu

Tim investigasi TNI Angkatan Darat mengatakan 11 anggota Komando Pasukan Khusus Grup II Kandang Menjangan Kartosuro yang bermarkas di Sukoharko, Jawa Tengah, sebagai pihak di balik kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Wakil Kepala Komandan Pusat Polisi Militer sekaligus Ketua Tim Investigasi Brigadir Jenderal (TNI) Unggul K Yodhoyono memastikan aksi tersebut tidak direncanakan. Mereka bergerak secara spontan usai latihan di Gunung Lawu.

"Sementara ini yang kami temukan belum ada unsur perencanaan. Yang kami temukan hanya reaksi yang begitu hebat," kata Kata Unggul dalam jumpa pers di Kartika Media Center, Kamis (4/4).

Unggul menjelaskan, beberapa anggotanya sedang latihan di Gunung Lawu. Mereka mendapat kabar bahwa salah satu anggota Kopassus dibunuh. Kemudian mereka turun gunung menuju LP dan terjadilah penyerangan.

"Itu memang tindakan reaktif secara spontanitas yang memang dilakukan oleh seorang prajurit yang mempunyai jiwa korsa yang besar, apalagi satu komando," kata Unggul.

Menurut Unggul, senjata yang dibawa para pelaku bukan diambil dari gudang, melainkan dibawa usai latihan. Mereka membawa enam pucuk senjata, terdiri dari tiga jenis AK-47, dua AK-47 replika (semacam air soft gun), dan satu pucuk pistol.

"Senjata tidak diambil dari gudang. Tetapi dari medan latihan langsung turun," kata Unggul.

Unggul mengatakan, 11 orang terlibat penyerangan. Satu orang menembak empat tahanan hingga tewas, delapan orang membantu melarikan CCTV, menganiaya sipir, dan dua lainnya sempat mencegah, namun tidak berhasil.

Empat tahanan yang ditembak mati merupakan tersangka kasus pembunuhan terhadap anggota Kopassus, Serka Heru Santoso, di Hugo's Cafe, Sleman, 19 Maret lalu.

Menurut Unggul, Serka Heru pernah menjadi salah satu atasan pelaku.

Kepada tim investigasi, pelaku mengaku berhutang budi kepada Heru karena pernah diselamatkan saat di lapangan. Atas dasar itulah, Unggul menyebut penyerangan didasari jiwa korsa dan rasa kehormatan.




SUMBER

SUMBER

Brigjen Unggul K Yudoyono mengatakan, para pelaku penyerangan LP kelas II B Cebongan Sleman, Yogyakarta adalah anggota Kopassus group 2 Kartosuro dan ada 11 anggota yang terlibat.


** Dari awal kejadian Ane sih sudah Feel, kalau ini dilakukan oleh Tim Terlatih, dan ternyata...**




Gak nolak Gan untuk emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Apalagi untuk emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Semoga Bermanfaat Gan
emoticon-Shakehand2
Diubah oleh kabay4n 04-04-2013 17:30
0
3.2K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.