QiudyAvatar border
TS
Qiudy
Layanan Blackberry Internet Service XL Mengecewakan
Saya adalah salah satu pelanggan lama XL. Saya sudah menggunakan jasa telekomunikasi dari XL Axiata ini sejak 7 tahun lalu. Dulu, saya juga pernah mengalami ketidak nyamanan dengan provider ini, namun masalah tersebut teratasi dengan segera dan tidak pernah terulang kembali.

Namun, saat ini saya kembali merasakan ketidak nyamanan dengan provider XL. Masalahnya terletak pada layanan Blackberry Internet Service (BIS) dari XL yang tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kronologisnya begini :

Saya merupakan Blackberry user yang sudah cukup lama memakai smart phone ini. Selama saya menggunakan Blackberry, saya cukup jarang mengaktifkan layanan full service BIS XL. Saya lebih sering memilih paket BIS XL GAUL (Rp 50.000/bln) dimana paket yang saya pilih ini hanya memungkinkan saya untuk mengakses Blackberry Messenger (BBM), Facebook, dan Twitter (catatan : selama ini saya hanya menggunakan BBM & 2 jejaring sosial tsb saja). Sesekali saya mengaktifkan layanan full service BIS XL yang memungkinkan saya untuk melakukan browsing, push mail, download, dll. Dan itu semua tidak ada kendala sampai awal Juli kemarin.

Awal Juli kemarin, saya mengganti Blackberry saya dari Onyx menjadi Dakota. Kebetulan paket BIS XL GAUL saya juga hampir habis masa langgananannya saat itu. Akhirnya saya putuskan untuk melanjutkan paket BIS XL tetapi saya ingin upgrade menjadi BIS XL FULL SERVICE. Saya telah melakukan top up pulsa sebesar Rp 100.000,- dan memilih paket BIS XL Xmart Plan Rp 99.000/30 hari. Saldo pulsa saya berkurang sebesar harga paket tsb. Setelah mendapat sms notifikasi pendaftaran paket BIS XL Xmart Plan tsb, saya melepas baterai Blackberry saya dan menyalakannya kembali. Saat itu, saya hanya mengecek fungsi BBM saja, dimana BBM berfungsi dan aktif seperti biasanya. Saya juga sempat mencoba browsing dan tidak ditemukan masalah apapun.

Sampai akhirnya, pada tanggal 6 Juli saya menemukan suatu problem. Saya tidak dapat mengakses Blackberry Application World, Facebook, dan Twitter. Saat itu saya sedang berada di Ancol. Kalau saja saat itu saya tidak berada di luar rumah, saya tentu tidak akan mengetahui masalah ini karena di rumah saya menggunakan wifi dan device saya sering terhubung dengan wifi di rumah.

Saat itu saya hanya diam saja, tidak menelepon CS XL / ke counter XL. Saya pikir hanya masalah sinyal / problem sementara dari jaringan XL. Esoknya, pada tanggal 7 Juli saya kembali mencoba membuka BB Application World karena ingin mendownload suatu program. Namun, hal ini tidak dapat saya lakukan karena muncul notifikasi kalau saya harus terhubung dengan jaringan wifi / mengupgrade data plan saya (dalam hal ini paket BIS XL saya) agar dapat membuka BB Application World. Lalu, saya mencoba membuka Facebook dan Twitter dan hal serupa saya alami. Berkali – kali halaman news feed Facebook saya refresh tapi hasilnya blank page dan muncul notifikasi, begitu juga dgn Twitter saya.

Spoiler for Blackberry Application World yang tidak dapat diakses:


Spoiler for Facebook yang tidak dapat diakses:


Spoiler for Twitter yang tidak dapat diakses:


Hal ini akhirnya membuat saya kesal dan merasa rugi. Pada 7 Juli 2012, pukul 21.44 WIB, saya menelepon CS XL di nomor 817. Disitu saya berbicara dgn seorang CS wanita, namun tiba – tiba pembicaraan terputus. Saya pun menelepon kembali dan kali ini saya berbicara dgn CS pria. Saya menjelaskan permasalahan saya dan beliau menyuruh saya utk melakukan Host Routing Table dari device saya sebanyak 5 kali, lalu menunggu notifikasi sms. Saya menerima notifikasi sms yang menyatakan HRT sukses. Lalu beliau menyuruh saya melepas baterai dan mendiamkan selama 5 menit lalu menyalakan device kembali. Saya melakukan semua yang diperintahkan, namun hasilnya tetap sama. Saya tidak dapat membuka BB Application World, Facebook, dan Twitter, tapi BBM dan browsing aktif.

Saya menelepon kembali CS XL pada pukul 22.12 WIB, 7 Juli 2012. Saya jelaskan seluruh permasalahan saya dan prosedur HRT yg telah saya lakukan namun tidak menyelesaikan problem BIS saya tsb. CS tsb berkata akan membuatkan laporan utk saya dan akan diproses dalam waktu max. 3x24 jam. Saya menurut saja dan menunggu sms notifikasi yang “katanya” akan dikirimkan dalam waktu max. 3x24 jam.

Namun, sampai hari ini, 13 Juli 2012, saya belum mendapat sms notifikasi tsb. Akhirnya tadi pagi, pukul 7.44 WIB saya kembali menelepon CS XL. Saya menjelaskan kembali seluruh permasalahan saya, termasuk HRT dan pembuatan laporan. CS tsb menanyakan nomor laporan saya, namun saya jawab tidak tahu karena memang CS sebelumnya yang membuatkan laporan tsb tdk memberikan nomor laporan kepada saya. Untungnya, semua data permasalahan saya tercatat di server XL. Saya hanya diminta utk menyebutkan ulang PIN BB, IMEI, nomor telepon XL saya, dan alamat saya saja. Saya menanyakan estimasi waktu utk memperbaiki layanan BIS XL saya dan CS tsb dgn yakin menjawab laporan saya segera diproses dan dalam 1x24 jam saya akan mendapat sms notifikasi tsb.

Seharusnya saya memang menunggu terlebih dahulu 1x24 jam sebelum membuat thread ini, namun saat ini saya malah hanya bisa menggunakan fitur BBM saja, browser saya entah kenapa tidak dapat membuka halaman web apapun dan muncul notifikasi tidak dapat mengakses layanan browsing tsb.

Spoiler for Browser yang tidak dapat mengakses halaman website apapun:


Spoiler for Info layanan paket BIS saya:


Saya sebagai pengguna jasa telekomunikasi XL tentu saja sangat merasa tidak nyaman dengan masalah ini. Dan tentu saja saya merasa dirugikan dengan layanan BIS XL yg tdk dapat saya nikmati ini. Jika dihitung, kerugian saya sbb 99.000 : 30 hari = Rp 3.300/hari. Saya baru menyadari tidak dapat menggunakan layanan BIS XL full service dgn semestinya +- 8 hari (terhitung sejak 6 Juli 2012 s/d 13 Juli 2012). Total kerugian saya 8 x 3.300 = Rp 26.400,-

Nominal yang cukup lumayan bagi saya, karena dengan uang sejumlah sekian saya hanya dapat menggunakan fitur BBM dan browser (yang kini tdk dpt digunakan).

Sebagai pengguna setia XL, saya harap XL menindak lanjuti masalah saya ini dengan segera. Bukan masalah dari nominal pulsa yang terbuang sia – sia, tapi saya tentu membutuhkan fitur BIS full service tsb, terutama selama musim liburan seperti ini dimana saya lebih sering berada di luar rumah dan membutuhkan koneksi internet utk meng-update data serta berkomunikasi dgn teman – teman dan keluarga saya. Terima kasih.
0
12.5K
39
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.