Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LinHerdinaAvatar border
TS
LinHerdina
ARB Diingatkan Soal Lapindo
ARB Kembali Diingatkan Soal Lapindo


Dari salah satu media cetak kemarin hari saya baca soal ARB yang kembali diingatkan soal Lapindo. Hm..menarik juga sih, soalnya sepengetahuan saya proses pelunasan ganti rugi Lapindo sendiri memang tengah berlangsung. Kalau masih banyak sentimen negatif terhadap ARB terkait ganti rugi Lapindo, ya memang balik lagi ke interpretasi masing-masing lah ya. Nah mungkin saya akan coba sedikit review artikel dari media cetak Rakyat Merdeka yang saya baca.

ARB Diingatkan Soal Lapindo

Artikel dari Rakyat Merdeka tersebut berjudul “Ical Diingatkan Lunasi Utang Korban Lapindo”. Dalam artikel ini diangkat pernyataan dari seorang Pakar Politik UI, Donny Rimbawan, bahwa persoalan Lapindo seharusnya diselesaikan ARb sejak tahun 2009 lalu sesuai perpres. Apabila persoalan ini masih terus menaungi ARB, tentunya akan berakibat pada pencapresan ARB sendiri.

Ada pula pernyataan Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis terkait hal di atas. Menurutnya, jika merunut pada Undang-undang (UU) Pilpres Pasal 5 huruf (g), seorang capres dilarang mempunyai utang yang berpotensi merugikan negara. Lebih lanjut Margarito akhirnya menyarankan agar Minarak Lapindo Jaya segera melunasi sisa tanggungan kepada seluruh korban. Tujuannya agar persoalan Lapindo sendiri tidak menjadi ganjalan untuk pencapresan ARB.

Lalu bagaimana tanggapan dari pihak ARB sendiri? Ketua DPP Partai Golkar, Hajriyanto Y.Tohari mengungkapkan bahwa persoalan Lapindo sebenarnya bukanlah urusan ganti rugi. Merunut pada keputusan Mahkamah Agung (MA), bahwa luapan lumpur Lapindo merupakan bencana alam. Oleh karena itu apa yang selama ini Minarak Lapindo Jaya bayarkan kepada para korban sebenarnya merupakan jual-beli aset warga berupa tanah dan properti warga.

Lanjutnya, Golkar dan ARB sendiri memang ingin menyelesaikan persoalan Lapindo. Melihat masalah persoalan Lapindo ini sendiri yang telah dipolitisasi sejumlah pihak, Hajriyanto tidak khawatir sama sekali.

Seperti diketahui, pihak Minarak Lapindo Jaya memang telah menyatakan akan menyelesaikan pelunasan jual-beli pada tahun ini. Targetnya Bulan Mei mendatang, pelunasan tersebut selesai.

——

Well, apapun itu pemberitaannya dan bagaimana kita menanggapinya, balik lagi memang ke diri masing-masing ya. Kalau saya sendiri boleh beropini, saya doakan agar proses ganti rugi (atau jual beli aset) bisa berjalan lancar. Kan semua itu yang terpenting biar warga Sidoarjo yang jadi korban merasa senang karena haknya telah diperoleh kembali. Iya kan? emoticon-Kiss

Referensi:
Rakyat Merdeka - Ical Diingatkan Lunasi Utang Korban Lapindo
(1 April 2013, Halaman 12)
Spoiler for Rakyat Merdeka:
Diubah oleh LinHerdina 03-04-2013 03:56
0
2K
37
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.