Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heryrapAvatar border
TS
heryrap
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!
Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Langsung aja nih...

1. Robot ikan Ciptaan Rory Doyle dan Para Peneliti Essex University.
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Para ilmuwan Inggris berhasil merancang robot ikan untuk mendeteksi pencemaran air. Jika uji coba pertama yang akan dilaksanakan tahun depan di pelabuhan Gijon, Spanyol utara itu sukses, para ilmuwan akan segera menggunakannya di sungai, danau, dan laut-laut di seluruh dunia.
Profesor Huosheng Hu selaku salah satu pembesutnya menyatakan bahwa robot ini diharapkan mencegah penyebaran polusi dengan melacak sumbernya. Jika percobaan sukses, si robot akan diterjunkan di berbagai belahan dunia untuk melakukan misi yang sama.

Pembuatan robot berbentuk ikan bawal ini menghabiskan dana 20.000 pounsterling atau Rp 319 juta per satuannya. Gerakannya seperti ikan asli dan dilengkapi dengan sensor kimiawi untuk mendeteksi sampah polusi berbahaya, seperti bocoran kapal atau pipa bawah tanah.

Robot itu bisa beroperasi secara mandiri dan dirancang untuk menjelajahi lautan dalam kurun waktu beberapa bulan. Dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun bagi para peneliti di Essex University untuk membuatnya.

Ikan-ikan robotik ini akan mengirimkan informasi yang diserapnya ke daratan dengan menggunakan teknologi Wi-Fi. Tidak seperti ikan robot sebelumnya yang memerlukan tombol pengendali, ikan-ikan robot generasi baru ini secara independen akan mampu melacak polusi tanpa berinteraksi dengan manusia.

2. Ecci/Ecce Robot yang Mempunyai Otot, dan Mampu Memperbaiki Kesalahan Sendiri.
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Ecci terlihat seperti robot yang dikuliti dari versi StarsWars C-3PO dalam adegan film saat bersama dengan
R2D2. (Lucasfilm)
Robot bernama Ecci ini adalah robot pertama yang memiliki otot dan ‘tendon’ serta ‘tulang’ yang membantunya bergerak. Semuanya dibuat dari plastik yang secara khusus dapat dikembangkan.
Dan merupakan yang paling canggih dari semua jenis robot, karena memiliki otak dengan kemampuan mengoreksi kesalahan-kesalahannya—suatu sifat yang sebelumnya hanya dimiliki oleh manusia.Dikembangkan oleh tim ilmuwan pada Universitas Zurich, Ecci, adalah merupakan robot pendek bagi Eccerobot. Ecce dalam bahasa latin berarti Behold (melihat). Robot ini menggunakan serangkaian motor listrik untuk menggerakkan sendi tendon yang saling terkait.Dan komputer yang diisi dalam otak Ecci memberikan sinyal untuk mengetahui kekeliruan guna belajar dari kesalahannya

3. Curiosity : Robot Penjelajah Mars Baru Buatan NASA
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Konsep fitur "seniman" NASA Mars Science Laboratory Curiosity rover, Robot Curiosity untuk menyelidiki kemampuan Mars masa lalu atau sekarang untuk mempertahankan kehidupan mikroba. Curiosity sedang diuji dalam persiapan untuk peluncuran pada musim gugur 2011(25 November - 18 Desember 2011). Curiosity memeriksa batu di Mars dengan satu set alat di ujung lengan Curiosity, yang memanjang sekitar 2 meter (7 kaki). Dua instrumen pada lengan dapat mempelajari batuan dekat. Juga, bor dapat mengumpulkan bahan sampel dari dalam batu dan "sendok" dapat mengambil sampel tanah. Lengan dapat saringan sampel dan memberikan bubuk halus untuk instrumen untuk analisis menyeluruh.
Tiang, atau "kepala," meningkat menjadi sekitar 2,1 meter (6,9 kaki) di atas permukaan tanah, sekitar setinggi pemain basket. Tiang ini mendukung dua instrumen penginderaan jauh: Kamera Mast, atau "mata," untuk melihat
warna didaerah sekitarnya dan bahan yang dikumpulkan oleh lengan, dan instrumen ChemCam, yang merupakan laser yang menguap bahan dari batu
hingga sekitar 9 meter (30 kaki) dan menentukan terbuat dari elemen apa batu tersebut.

4. Robot NASA yang akan dikirim ke Bulan
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Tim kecil ilmuwan NASA di Johnson Space Center Houston akan meluncurkan robot pertamanya ke bulan. Seperti apakah robot ini?.
Pesawat Discovery besok akan diluncurkan bersama dengan robot manusia (robonot). Nantinya, robonot akan menjelajah bulan menggunakan kendaraan kecil berbahan bakar metana cair dan oksigen cair.
Setelah mendarat, robot ini akan berjalan pada permukaan bulan dan melakukan beberapa tugasnya. Kelompok lain ilmuwan NASA telah mengajukan permohonan mengirimkan jenis robotnya sendiri ke bulan dalam 1.000 hari ke depan. Mereka menyebutnya Proyek M.

Proyek M muncul akibat kurangnya pendanaan dan birokrasi sehubungan dengan riset luar angkasa. Musim gugur lalu, Obama menghentikan administrasi pendanaan proyek Konstelasi Houston di mana akan mengirimkan astronot sebelum 2020.
Kami frustasi. Kami berhasil membuat Engineering Directorate di JSC dan kami tahu bisa melakukan yang lebih baik. Bakat sudah ada, kami hanya perlu mengeluarkannya, tulis project manager Matt Ondler pada halaman utama situs Proyek M.
Menurut New York Times, Proyek M membutuhkan dana lebih dari US$ 450 juta (Rp 4 triliun).

Juru bicara NASA mengatakan Proyek M merupakan salah satu dari banyak ide yang berkembang di lembaga itu. Namun, proyek ini belum mendapat izin untuk berjalan.

5. Lengan robot berkendali pikiran
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

25 Mei 2010. Christian Kandlbauer (21), warga Austria, menjadi orang pertama di dunia yang dapat beraktivitas dengan ”lengan robot” berkendali pikiran. Seluruh lengan kiri palsu Christian bekerja mirip dengan lengan aslinya, sedangkan di bagian kanan tubuh dipasangkan prostetik biasa.

Empat tahun lalu, Christian kehilangan kedua lengannya, mulai dari pangkal lengan, setelah kesetrum daya 20.000 volt.

Para ahli di sebuah perusahaan teknologi medis berbasis di Jerman, Otto Bock Healthcare, yang mengembangkan lengan robot berkendali pikiran itu menyatakan, lengan palsu kiri Christian merupakan proyek pertama di Eropa. Hasil uji coba itu diumumkan dalam sebuah konferensi internasional di Leipzig, Jerman, dalam waktu dekat, sekaligus menandakan teknologi itu siap meninggalkan laboratorium untuk digunakan masyarakat luas.

Pasien di Eropa dapat segera merasakan manfaat teknologi itu dalam beberapa bulan ke depan,” ujar Dr Hubert Egger, Kepala Riset dan Pengembangan Proyek Lengan Prostetik Berkendali Pikiran itu.

Christian merupakan pasien di Eropa yang menjalani prosedur secara tuntas dan menjadi orang pertama di Eropa dengan lengan robot berkendali pikiran. Di masa depan, mereka berharap dapat memenuhi kebutuhan para pasien akan teknologi itu.

6. ROBOT MOTOMAN : ROBOT YANG PANDAI MEMASAK OKONOMIYAKI
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Robot MotoMan SDA1 dari perusahaan Yaskawa Electric, Jepang adalah robot yang juga bisa memasak makananan yang digemari di Jepang yaitu Okonomiyaki (mungkin di Indonesia mirip dengan martabak telor).
Sebenarnya robot ini sendiri diciptakan untuk merakit kamera digital disposable tetapi ternyata robot ini juga pintar untuk membuat okonomiyaki.
Robot ini mempunyai tinggi 135cm dan berat 220 kg mempunyai 2 tangan yang cukup panjang sehingga mempunyai jangkauan yang luas.

7. RIBA: ROBOT YANG TUGASNYA MENGGENDONG PASIEN DI RUMAH SAKIT
Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) adalah sebuah robot yang diciptakan oleh Japan Institute of Physical and Chemical Research (RIKEN) yang dikhususkan untuk mengangkat atau tepatnya menggendong pasien di rumah sakit.
RIBA nantinya akan menemai para suster yang biasanya memang kesulitan untuk mengangkat pasien dari/ke atas ranjang.
Selain menggendong pasien, RIBA juga dilengkapi dengan Face and Voice recognition dimana RIBA mampu menjalankan perintah melalui suara dan mengenali para suster atau orang yang bekerja di rumah sakit.

Robot-Robot Menarik gan (+) PIC.. MASUK GAN !!

Sayangnya RIBA yang beratnya mencapai 180 kg ini hanya mampu menggendong seorang pasien dengan berat sampai 61 kg.


Sumber : Dari berbagai sumber di google

Sekian ane berbagi ilmu dengan para agan agan.
kalo berkenan boleh emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Tapi jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh heryrap 16-02-2013 01:18
0
4.2K
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.