Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kimak.KawAvatar border
TS
Kimak.Kaw
Menteri Pertanian : Harga Daging RI Lebih Murah Ketimbang di Singapura dan Prancis
Ekonomi - Hari ini Pkl. 00:04 WIB
Mentan: Harga Daging RI Lebih Murah Ketimbang di Singapura dan Prancis


Jakarta, (Analisa). Menteri Pertanian RI, Suswono membantah tudingan harga daging sapi di Indonesia tertinggi di dunia. Meskipun harga daging sapi di DKI Jakarta telah menyentuh Rp 90.000 per kilogram (kg), namun itu dinilainya masih lebih rendah daripada harga daging di Singapura dan Prancis.
"Harga daging sapi di Indonesia termahal di dunia. Itu tidak benar. Kita masih di bawah Singapura dan Prancis. Daging kan ini ada klasifikasinya, misal untuk steak dia butuh daging masuk katagori prime class (kelas satu)," tutur Suswono di Kantor Kementerian Pertanian, Ragunan Jakarta, Jumat (1/3).

Suswono menjelaskan, lonjakan harga daging sapi tertinggi, hanya terjadi di wilayah DKI Jakarta saja. Ini terjadi, karena DKI bukan sebagai sentra penghasil daging.

Selain itu, sambung Suswono tingginya harga daging di DKI karena harga sapi bakalan impor yang didatangkan dari Australia ikut naik sehingga mempengaruhi harga daging di DKI, yang juga dipenuhi oleh daging dan sapi bakalan impor.

"Kami sudah undang 2 hari lalu pelaku feed loader (importir penggemukan sapi) mereka menjelaskan karena harga di Australia tinggi. Sehingga jatuhnya bobot hidup Rp 32.000 per kg. Itu alasan yang dikemukakan," tambahnya.

Untuk mengerem laju harga daging, Kementan akan memfasilitasi penjualan daging sapi lokal hasil binaan Sarjana Membangun Desa (SMD) yang dihasilkan dari sentra penghasil daging di seluruh Indonesia.

Dengan harga Rp 81.000 per kg, harapannya daging sapi dengan merek Esemde ini, bisa mengerem tingginya harga daging sapi di DKI. Selain itu, Suswono mengklaim, hari ini kerjasama dengan KAI untuk pengakutan daging beku mulai berlaku sehingga bisa ikut berperan menekan harga.

"Ditambah jaringan SMD, para pelaku usaha (peternak dan rumah ptong hewan) di Jatim dan Jateng diangkut kereta. KAI komitmen angkut pakai kereta dalam bentuk frozen (beku), ini bisa turunkan harga," cetusnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebut harga daging di Indonesia khususnya DKI dua kali lipat lebih mahal dibandingkan negara tetangga seperti Singapura. Harga daging di Singapura hanya dijual Rp 45.000 per Kg. Untuk mengerem laju tersebut, maka BUMN meminta diberi jatah kuota impor sapi bakalan dan daging beku.

"Singapura harga daging cuma Rp 45.000 per kg," tutur Dahlan.(dtc)



http://www.analisadaily.com/news/rea.../#.UTD_XKKBmFA


Terima Kasih Pak Mentan... Harga Daging di Indonesia masih lebih murah ketimbang Singapura dan Perancis... hihihi ... emoticon-Ngacir
Diubah oleh Kimak.Kaw 01-03-2013 19:28
0
4.8K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.