Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cingisbotakAvatar border
TS
cingisbotak
5 Hal yang Memotivasi Siswa Mencontek Saat Ujian
Langsung aja gan.

Spoiler for Mencontek:

Mencontek adalah segala tindak kecurangan siswa untuk mencapai tujuan terterntu, baik untuk mendapatkan nilai yang besar ataupun penghargaan dan pujian dari orang lain. Berikut adalah 5 Hal yang memotivasi seorang siswa melakukan tindakan mencontek saat ujian.

1. Untuk Mendapatkan Nilai yang Besar

Spoiler for Nilai bagus:

Hal ini merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap kegiatan mencontek, jika seorang siswa mendapat nilai besar otomatis dia akan dibanggakan oleh orang tuanya maupun gurunya.

2. Karena tekanan dari orang tua

Spoiler for Tekanan:

Mungkin ini juga salah satu yang paling banyak terjadi. Jika siswa mendapatkan nilai ujian yang "jelek", kebanyakan orang tua malah menyalahkan anaknya sendiri bahkan terkadang ada yang sampai memberikan hukuman yang tidak wajar. Jika sudah terbiasa seperti ini maka seorang anak pasti "memaksakan" dirinya untuk mencapai nilai yang bagus dengan cara apapun, dan yang paling banyak adalah dengan cara mencontek. padahal akan lebih baik jika orang tua membuat struktur pola belajar anak yang nyaman dan efektif bagi anak, tidak perlu lama asalkan nyaman.

3. Kurang Percaya Diri saat Ujian Berlangsung

Spoiler for Minder:

Mungkin banyak siswa yang sudah belajar tetapi pada saat ujian berlangsung dia tidak percaya diri (bisa karena pengalaman buruk) dengan jawabannya sendiri. Padahal belum tentu jawaban temannya itu benar dan siapa tahu jawaban siswa tersebut benar. Oleh karena itu setiap siswa harus diberi keyakian dan kepercayaan diri oleh guru maupun orangtua.

4. Lengahnya Guru Pengawas Ujian

Spoiler for Lengah:

Ingat gan, "Kejahatan bukan saja karena ada niat, tapi karena ada kesempatan". kalau ada kesempatan, kenapa tidak? pasti itu yang ada dipikiran siswa sebelum melakukan kegiatan mencontek. Oleh karena itu guru pengawas ujian seharusnya lebih tegas lagi, jika tidak siswa pasti akan sangat kesulitan saat Ujian Nasional karena sudah terbiasa mencontek. Pada Ujian Nasional guru yang mengawas bukanlah guru dari sekolah sendiri, melainkan guru dari Sekolah lain atau bahkan pengawas dari lembaga pemerintahan.

5. Guru memarahi siswa yang nilainya jelek

Spoiler for Marah:

Bayangkan aja gan kalau cuma kita yang dapet nilai jelek saat ujian? sedangkan gurunya selalu marah kalau kita dapet nilai jelek, udah gitu soalnya susah. mau ga mau kegiatan contek mencontek berlangsung pada saat ini. Seharusnya guru memberikan motivasi pada siswa yang mendapat nilai jelek agar bisa mendapatkan nilai yang lebih baik dari ujian sebelumnya.

6. Pergaulan

Spoiler for Pergaulan:

Yang ini tambahan dari agan iceiscool, terima kasih tambahannya. Pergaulan memang sesuatu yang tidak pernah lepas dari setiap orang. tetapi pergaulan itu ada yang negatif dan yang positif. jika seorang siswa berada dipergaulan yang negatif dan tidak selektif dalam menanggapinya maka siswa itu akan terjerumus ke hal - hal yang negatif. Seorang siswa pasti akan menjadi malas belajar, membantah orang tua. karena siswa itu malas belajar maka siswa ini tidak akan bisa menghadapi soal - soal ujian. jadi pasti dia akan melakukan hal mencontek, tetapi mencontek disini biasanya dia membuat "contekan" didalam sebuah kertas. karena bila mencontek pada temannya tidak akan diberi, kenapa? karena perilakunya yang tidak disukai oleh teman - temannya.




Pesan TS
Spoiler for Pesan:


Kalau trit ini bermanfaat
emoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh cingisbotak 31-03-2013 11:45
0
6.4K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.