KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Ngobras] Serunya Dengerin Streaming KASKUS Radio
Halo-Halo Agan & Aganwati!


emoticon-Toastemoticon-Angel emoticon-Toast


Masih inget sama NGOBRAS kan? Itu loh, Ngobrol Bareng Komunitas. Di ujung Maret ini komunitas yang mau KASKUS kupas adalah komunitas yang pastinya selaras seiring seirama dengan tema KASKUS bulan ini: Whats on Your Playlist. Komunitas ini udah cukup lama hadir menemani Kaskuser disetiap waktu.

Langsung aja kita genjreng: KaskusRadio, yang kali ini diwakilin sama momod & adminnya: zenk & youleea

emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio


Halo Gan, apa kabar? Gimana kabar temen-temen di KaskusRadio?

Halo juga KASKUS! Kabarnya baik-baik aja. Masih tetep setia menemani Kaskuser 24 jam tiap hari.




Ceritain dong tentang sejarah KaskusRadio. Kapan pertama kali mengudara & siapa-siapa aja yang jadi pengurusnya saat itu?

Pada mulanya Andrew Darwis-lah yang memulai KaskusRadio di tahun 2002. Pada saat itu banyak sekali radio internet yang beredar di dunia mIRC dan Andrew memulai mendirikan KaskusRadio berbasis playlist yang bisa di putar atau dipilih melalui webpage dan langsung akan terputar di radio. Kemudian Andrew juga mengajak beberapa moderator untuk menjadi penyiar di KaskusRadio.

Seiring waktu berjalan, ternyata server radio itu memakan banyak resources server KASKUS pada saat itu, sehingga KaskusRadio terpaksa vakum.

Setelah beberapa lama radio vakum, di 2004, Zenk punya inisiatif untuk kembali menghidupkan kembali KaskusRadio. Dibantu bersama beberapa moderator lainnya seperti chantique, maleficus dan DJ-DJ lain, akhirnya KaskusRadio bisa konsisten terus mengudara hingga saat ini.


Ceritain juga dong konten atau program-program siaran yang diputer di KaskusRadio?

Program radio di KaskusRadio memang sedikit berbeda dengan radio-radio lainnya. Sebagian besar program acara kita serahkan sepenuhnya kepada para DJ KaskusRadio. Jadi biasanya para DJ yang mempersiapkan materi siaran, lagu yang diputar, dan hal-hal semacamnya. Makanya, program acara di KaskusRadio itu beragam, ada yg membahas tentang percintaan, musik dan lagu-lagu top hits, film, gosip artis, berita politik, bahkan sampai bahasan tentang dunia supranatural juga ada di KaskusRadio.

Kita juga sering ngadain event atau lomba asah kreativitas untuk Kaskuser dan biasanya acara-acara ini juga kita promokan di forum KASKUS, contohnya lomba membuat lagu untuk menyambut Hut RI, lomba menyanyi lagu daerah, lomba foto 'I Love KaskusRadio', dan masih banyak lagi. Pastinya banyak hadiah seru yang kita tawarkan untuk para pemenang lomba.


Ada berapa DJ di Kaskus Radio? Gimana sih caranya menjadi DJ di Kaskus Radio?

DJ KaskusRadio banyak sih kalau diitung dari sejak berdirinya. Tapi yang aktif untuk saat ini ada 15 orang yang tersebar di seluruh dunia.

Caranya untuk jadi DJ KaskusRadio sebenernya gampang, Kaskuser gak perlu punya pengalaman di dunia broadcasting kok, yang penting punya suara yang asik didengar, pengetahuan musik yang cukup, bisa teamwork, plus komitmen untuk rajin on air menghibur kaskuser. Tinggal kirim sample suara 3 menit plus biodata ke admin@kaskusradio.com. Kalau memenuhi syarat dan ada posisi DJ yang dibutuhkan, akan kita hubungi dan kita seleksi.





Ada cerita-cerita seru, lucu, atau menarik ga selama KaskusRadio mengudara?

Banyak banget cerita lucu dan seru selama KaskusRadio mengudara, entah itu di dunia maya maupun dunia nyata, entah itu tentang DJ-nya atau listenernya.

Kalau tentang DJ-nya ada cerita lucu dan mengenaskan yaitu ketika salah satu DJ sedang asik on air sampai dia tidak sadar kalau rumahnya kebakaran. Ada juga DJ yang on air sambil ditemani pocong sampai ada gangguan teknis pas siaran. Trus ada juga salah satu DJ yang punya fans anak SD lho.

Tapi mungkin yang paling seru itu adalah interaksi antara DJ dan listener karena di website KaskusRadio tersedia kolom untuk chat atau biasa kita sebut 'KaskusBox'. Banyak sekali obrolan seru dan lucu sampai kadang2 rahang sakit nahan ketawa. Pokoknya tiap hari selalu aja ada yang bikin ketawa di KaskusBox.

Selain itu, DJ dan listeners sering mengadakan kopdar atau gathering dan tentunya kalau sudah ketemuan acaranya selalu rame dan asik. Pokoknya ga ada gap antara DJ dan listener, seru deh Gan!


Program apa yang paling direspon seru sama para listener?

Program yang paling di respon adalah program request lagu... hahaha!
Yang pasti sih kalau tiap ada DJ mengudara di KaskusRadio, tanggapan listener positif, ada acara KR Hits Request Session, KUMAT (Kuliah Malam Jumat), NGOPAJA (Ngobrolin Apa Aja), KPop, Santai Bareng Vay, Midnight Tunes, sampai program acara BERGADANG (Bergoyang Dangdut)



Kira-kira keunikan apa yang ngebedain antara KaskusRadio sama radio-radio streaming online lainnya?

Keunikannya adalah para DJ diberi kebebasan untuk membuat program acara dan menyiapkan materi siaran sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jadi DJ harus kreatif dan up to date tentang segala macam info sebagai bahan untuk siaran mereka.

Selain itu, keunikan KaskusRadio ya seperti yang kita sebutkan tadi, kita punya satu 'ruang interaksi' antara DJ dan listener yang kita namai KaskusBox (chatbox). Disana kita bisa ngobrolin apa aja, tanya apa aja, minta lagu pas ada DJ on air, nanggepin materi siaran DJ, pokoknya apa aja deh.


KASKUS Radio pernah ngadain baksos ga? Kapan en kayak apa acaranya?

Iya pernah, akhir tahun 2011. Waktu itu kita bikin acara baksos 'Like The Charity' with Sahabat Anak Tanah Abang. Konsepnya, setiap 1 'like' yang didapat KaskusRadio fanpage maka KaskusRadio akan menyumbang 500 rupiah.

Waktu itu kurang lebih ada 20.000 like di KR fanpage. Kita menyalurkan hasil event ini untuk Sahabat Anak di Tanah Abang dan sumbangan yang kami berikan yaitu berupa alat tulis, snack, minuman,dsb. Penyerahan sumbangan dilakukan oleh para DJ dan listener setia KaskusRadio. Disana kita tidak hanya memberikan sumbangan tapi juga menghibur adik-adik kita dengan acara-acara dan lomba yang seru.






Kami dengar KaskusRadio pernah terlibat dalam acara-acara yang melibatkan musisi lokal bahkan internasional ya?

KaskusRadio berkesempatan menemui artis papan atas dari dunia international maupun dalam negeri karena hasil kerjasama dan undangan dengan pihak label rekaman dan artist management. Selain itu juga karena kerjasama oleh KASKUS untuk menjadi media partner.







Sekarang kira-kira berapa jumlah pendengar KaskusRadio?

Ada sekitar 20-30 ribu listener. Dahulu perbulan visitor sempat mencapai 100 ribu unique visitor.


Gosipnya nih, bareng-bareng sama KASKUS mau ada rencana "pembaruan" di Kaskus Radio ya? Pasti seru dong ya... Kayak apa tuh rencananya?

Kita pengennya sih di umur KaskusRadio yg sudah mencapai 9 tahun ini, kita bisa kasih sesuatu yang lebih untuk Kaskuser semua. 9 tahun untuk internet radio itu bukan umur yang pendek lho. Rencananya KaskusRadio akan dirombak dan akan dibikin lebih serius memiliki crew yang tetap dan bisa mensupport kebutuhan radio secara real. Doain aja deh ya semoga cepat terealisasi rencana 'pembaruan' ini.




Terakhir, apa nih pesennya buat Kaskuser yang demen Ngaskus tapi belum jadi pendengar KaskusRadio?

Dua kata deh buat yang belum pernah denger KaskusRadio: RUGI GAN! hehehe... Langsung aja ketik kaskusradio.com dan nikmati sensasi yang beda dalam menikmati siaran radio.

Selain itu, Kaskuser bisa nambah temen atau bahkan dapet jodoh lho Gan, ciyus gak boong, banyak buktinya!


Oke deh Gan, thanks atas waktunya. Keep playing your playlist, DJ!

Sama-sama Gan, jangan lupa ya dengerin terus KaskusRadio, Radionya Anak Indo.

=====

Nama Komunitas: KaskusRadio
Berdiri Sejak: 12 Maret 2004
Link Forum: http://www.kaskus.co.id/forum/58/kaskusradiocom
Link Web: www.kaskusradio.com
Moderator: zenk
Lokasi Basecamp: Kaskus Playground


Diubah oleh KASKUS.Editor 29-03-2013 20:13
0
17.4K
356
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.