Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

emergency.lampAvatar border
TS
emergency.lamp
[HOT] Digelar, Kontes Menamai Planet 'Sepupu' Bumi


San Francisco - Sebuah perusahaan swasta menggelar kontes yang cukup unik, yakni kontes mencari nama baru untuk sebuah planet. Seperti apa?

Perusahaan bernama Uwingu ini memutuskan untuk mencari nama baru bagi planet bernama Alpha Centauri Bb. Planet yang kerap dianggap sebagai 'sepupu' dekat Bumi tersebut memiliki permukaan berbatu dan berjarak 4,3 tahun cahaya dari planet yang kita diami ini.

"Nama Alpha Centauri Bb adalah sebutan bagi para astronom yang terdengar cukup membosankan di telinga kebanyakan orang. Sekarang, mari kita lihat, nama apa yang diinginkan penduduk Bumi untuk planet sepupu terdekat," kata CEO Uwingu, Alan Stern, yang juga mantan peneliti NASA.

Menurut Stern, kontes ini merupakan cara baru menyatukan penduduk Bumi dari berbagai rentang usia dan negara dalam penemuan eksoplanet. "Juga untuk mendanai penelitian dan pendidikan luar angkasa dalam prosesnya," imbuhnya.

Alpha Centauri Bb ditemukan pada Oktober 2012 dan dinyatakan terlalu panas untuk menampung kehidupan. Planet ini berada di sistem Alpha Centauri yang merupakan sistem terdekat dengan Matahari kita.

Peserta kontes ini dipungut biaya sebesar US$4,99 atau sekitar Rp48 ribu. Pihak Uwingu menyatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendanai eksplorasi ruang angkasa, pendidikan, dan riset.

Kontes yang dibuka pada 19 Maret ini akan berakhir pada 15 April 2013. Para pemenangnya akan menerima plakat dan beberapa materi lain, seperti berlangganan gratis majalah astronomi selama satu tahun.

Dilansir HuffingtonPost, sejak kontes ini dibuka sudah ada beberapa nama usulan yang telah masuk ke meja panitia. Beberapa di antaranya adalah Adalia, Bakich, Carbonia, Degenhardt, Enkidu, Fanelia, Ghandi, Heinlein, Ionus, Jodrell, Kepler, Lanador, Mandella, Namaste, Outpost, Pantheon, Queloz, Requiem, Serenity, Thanagar, Uhuru, Vulcan, Wookiee, Xenorbia, Yoda, dan Zappa.

Anda punya usulan nama lain untuk planet ini? Langsung saja ikuti kontesnya di sini
_______________________________________________________
Spoiler for Sumber:

Spoiler for -:
0
950
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.