Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Fx-ZeroAvatar border
TS
Fx-Zero
[Propaganda] Foto Latihan Perang Korut Diduga Palsu

SEOUL - Korea Utara (Korut) sempat mengumumkan bahwa mereka menggelar latihan militer besar-besaran di saat yang sama dengan latihan militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS). Foto-foto latihan perang itupun dirilis, namun saat ini foto itu dicurigai palsu. Dalam foto latihan angkatan laut yang dirilis Korut, terlihat delapan kapal berbantalan udara yang mengangkut para pasukan amfibi negeri komunis itu. Namun ketika diamati dengan lebih cermat, Korut tampaknya hanya mengerahkan lima kapal, dan ketiga kapal dalam foto itu adalah gambar yang sudah diedit.

Foto itu dirilis oleh media Pemerintah Korut KCNA, dan diunggah oleh situs-situs berita internasional. Seorang pakar fotografi, Alan Taylor, sangat yakin bahwa negeri komunis itu telah memanipulasi foto-foto latihan perangnya dengan cukup baik. "Dua kapal berbantalan udara itu sedang melaut mendekati pantai, di dekat fotografer, muncul pula foto satu kapal serupa. Mereka menduplikasi foto itu dan mengkopinya. Dua kapal berbantalan udara lainnya juga terlihat sama," ujar Taylor, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (28/3/2013).

Taylor menjelaskan pula, Korut berhasil menyamakan warga dan tekstur foto yang diduplikasi olehnya sehingga foto itu terlihat sangat realistis. Butuh kejelian yang ekstra-tinggi untuk mengamati keaslian foto-foto itu. Penemuan ini bukanlah penemuan utama yang berkaitan dengan propaganda Korut.

Pada Desember 2011, tepatnya saat pemakaman mendiang Kim Jong-Il, Korut pun dituduh memoles foto prosesi arak-arak peti mati Kim Jong-Il di Pyongyang. Dalam foto yang dirilis Korut, terlihat jutaan warga mengerubungi pawai itu. Namun media Jepang merilis foto lain yang sangat berbeda ketimbang foto yang dirilis Korut.

Selain pada kematian Kim Jong-Il, Korut juga merilis foto Kim Jong-Il yang berada di barisan militer yang sudah diedit. Namun terlihat kesalahan yang cukup mencolok dalam proses editing foto itu. Menurut editor foto dari AFP Eric Baradat, keaslian dari foto yang dirilis KCNA bisa terungkap dengan mudah. Namun teknik edit foto yang dimiliki para pakar fotografi Korut dinilai sudah berkembang dengan sangat baik.

Source
0
4.8K
48
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.