Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

block186Avatar border
TS
block186
Ingin Memelihara Hamster? Ini Dia Cara&Tips Lengkapnya
Assalamualaikum kaskusers seluruh Indonesia
Ane udah sekitar setahunan memelihara hamster sekarang mau sharing pengalaman ane tentang memelihara hamster. Maaf kalo ada yang tidak sesuai pokoknya sih ini cara ane berdasarkan tanya kiri-kanan sama browsing.

Yang harus dipersiapkan:
Hamster
Spoiler for Hamster Panda:

Spoiler for Hamster Dominan:

Hamster yang ane pelihara sejauh ini baru 2 jenis, yang panda sama dominan. Harganya kisaran Rp.25.000an perekor gan, tapi denger-denger kalo beli bukan di petshop seperti di jalan Barito harganya bisa cuma Rp.15.000an. Ane recommend 22nya kok untuk dipelihara karena sama-sama bagus menurut ane, tapi ane lebih suka Panda karena ane suka aja warnanya yang hitam putih. Ohiya ada juga yang tipe roborovski itu tipe hamster dwarfs (kecil) dan super lincah, tapi harganya agak mahal sekitar Rp. 50.000an gan perekor.

Kandang
Kandang Hamster juga bervariasi, cuma yang ane sarankan yang berukuran besar karena hamster itu binatang yang lincah jadi lebih baik kandang yang sedang-besar. Ane waktu itu beli sekitar Rp.100.000an yang ukuran 50x40.
Spoiler for 50x40:

Spoiler for 40x30:

Spoiler for yang Rp.20.000an:

Ohiya Kandang jangan lupa dikasih serbuk kayu atau Pasir untuk alasnya, dan dibersihkan seminggu sekali. Serbuk Kayu&Pasir; yang biasa harganya Rp.5.000an. Kalo serbuk kayu yang wangi harganya Rp.25.000 isinya 1kg. Sesuai kebutuhan dan isi kantong pada saat itu aja gan emoticon-Malu (S)

Makanan
Quote:

Makanan Hamster bisa dibeli di toko-toko hewan, ane menggunakan herk Hamsfood dengan harga kisaran Rp.27.000 per box besar atau ada yang Rp.13.000 untuk yang kecil, Hamster jangan dikasih sayur terus-menerus, itu hanya sebagai snack kalau bisa hanya sekali seminggu karena kalau dikasih makan sayur secara terus menerus pencernaannya akan terganggu dan hamsternya akan diare emoticon-doctoremoticon-Busa
Bisa juga bikin makanannya sendiri caranya campurin aja;
Havermut/gandum (oat yang macem quaker oat gitu) (30%)
Biji jagung (5%)
Beras merah (5%)
Kacang kedelai (10%)
Biji bunga matahari/kuaci (5%)
Kacang tanah (5%)
Millet (10%)
Dedek Halus (25%)
Kacang hijau (5%)

Millet sama dedek halus bisa beli di toko burung gitu, inget kuacinya jangan yang asin yang kayak kita makan an jangan banyak-banyak ya gan kalo engga bisa obesitas kayak hamster ane

Minum
Spoiler for dot hamster:

Hamster minum dengan dot khusus yang mengalirkan air apabila dijilat hamster, kalau ditaruh di mangkuk minumannya biasanya hamsternya basah gitu bulunya atau tumpah-tumapahan

Mainan
hamster juga perlu mainan biar ga bosen, dan ada aktivitas supaya ga obesitas, biasanya sih mainannya pasarannya Wheel (roda) yang buat dia lari-larian

Cara Merawat:
Cara merawatnya ga macem-macem sih gan, biasa aja.
Kasih makan tiap hari tapi jangan kebanyakan aja.

Terus cuci Bersih kandang tiap seminggu sekali, caranya disikat aja semuanya, terus airnya ane kasih antiseptik biasanya, kalo pake sabun jangan lupa bersihin sampe bener-bener bersih. Sebelum masukkin hamsternya kedalem lagi pastiin udah bener-bener kering gan kandangnya

Hamsternya juga dibersihin caranya: masukkin pasir mandi ke mangkuk yang bibirnya ga tinggi ke dalem kandangnya gan, ah entar biasanya hamsternya geliat-geliat sendiri di pasir mandinya sambil gali-gali. kalo udah cukup bersih keluarin deh gan mangkuk isi pasir mandi tadi dari kandang hamsternya.

Sering-sering main gan sama hamsternya, biarin dia jalan-jalan di tangan agan, biar dia udah biasa dengan bau kita, jadi udah nganggep kita temen.

Melahirkan:

Kan biasanya kalo beli hamster sepasang-sepasang ya kan, nah nanti lama-lama si betina hamil tuh
ciri-cirinya hamster betina hamil:
1. Suka gali-gali serbuk kayu/pasir buat bikin kayak lobang ditengahnya (mungkin buat tempat tidur bayi kaliya) kalo agan pake pasir ane saranin ganti jadi serbuk aja biar nyaman buat si bayi.
2. Galak emoticon-Mad (S). Di pegang dikit gigit, apa-apa gigit.
3. Gendutan emoticon-Cape d... (S). Tapi gendutannya beda, kayak perutnya ketinggalan gitu kalo jalan emoticon-Big Grin
4. Lebih sering minum (ini gatau deh kenapa pokoknya kalo diperatiin gitu deh)


Spoiler for Bayi hamster:

Hamster kalo melahirkan bisa sampe 9 ekor loh gan. Kalo udah melahirkan, pastiin makanan dan minumannya ga pernah kosong, terus jangan sering-sering diliatin karena kalo engga si induk bakalan stres gan, terus anaknya jadi ga keurus. terus JANGAN PEGANG bayi hamster yang masih merah, karena nanti kalo udah kita pegang-pegang nanti baunya jadi bau manusia, terus bisa digigit sama ibunya atau malah dimakan. emoticon-Berduka (S). Terus kalo bisa kandangnya di tempat yang gelap dan ga terlalu berisik ya gan biar si ibu ga stress.
Nanti Kalo hamster udah gede, berbulu, udah melek, dan udah ga menyusui lagi, hamster udah bisa dipisah dari orang tuanyaa

Pertanyaan seputap miara hamster:
1.) Gimana cara Jinakkin Hamster?
Agak tricky sih jinakkin ya gan, caranya taro makanan hamster di tangan terus kasih makan langsung dari tangan biar dia kebiasa dengan bau kita. terus pelan-pelan ya gan biar hamster ga nganggep kita ancaman. Sering digigit sih jatohnya, tapi emang gitu biar cepet baek. emoticon-Malu (S)

2.) Boleh gak mandiin hamster?
boleh sih, Kalo bisa jangan deh gan, pake air, tapi pake pasir mandi aja

3.) Sayur boleh atau engga buat hamster?
Boleh, tapi bukan yg daun2an , tapi sebagai snack bukan makanan pokok, karena kalo kebanyakan makanan yang basah hamster bisa ada gangguan pencernaan.

4.) Makanan yang gaboleh?
Jangan kasih makan coklat, daun-daunan, atau makanan berbumbu emoticon-Bingung (S)

5.) Minumnya harus air mateng?
Iya, karena biar mengfhindarkan dari penyakit aja gan emoticon-Malu (S)

Budget yang harus dikeluarkan (rata-rata kalau di petshop):
1.) kandang Rp. 100.000
2.) hamster Rp. 50.000 (sepasang)
3.) Tampat minum Rp. 10.000
4.) Alas serbuk kayu Rp. 25.000
5.) Makanan Rp. 25.000
6.) Pasir mandi Rp. 25.000
TOTAL: Rp.235.000 (kalau semuanya beli di petshop)
Kalo beli di tempat lain seperti di jalan barito bisa cuma sekitar Rp.135.00an totalnya gan kalo pintar-pintar menawar emoticon-Blue Guy Smile (S)

tambahan
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Sejauh ini sampe sini dulu deh gan
nanti kalo ada waktu ane update lagi emoticon-Big Grin
maaf kalo misalkan ada yang salah, tiddak berkenan, atau bahkan salah kamar. Maklum
newbie emoticon-Malu (S)

Kalo bisa bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan
Diubah oleh block186 30-03-2013 08:00
1
16.3K
102
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.