apa.sajaAvatar border
TS
apa.saja
Tugas Seorang Moderator Forum (Berat juga ya?!)
Quote:


Quote:


@Mod: Kalau ada yg salah mohon koreksi, atau mungkin ada penambahan

Seorang forum moderator mengawasi aktivitas komunikasi sebuah forum internet. Dia memonitor pertukaran kontributor dan membuat keputusan tentang konten dan arah thread. Memindahkan diskusi dari satu bagian ke yang lain untuk menjaga topik terorganisir juga merupakan pekerjaan umum untuk moderator forum.


Jika nada forum menjadi ajang pertikaian atau mulai bergerak ke arah serangan pribadi, moderator biasanya memiliki keleluasaan mengunci diskusi untuk mencegah suasana memanas, Dia juga dapat menyembunyikan diskusi/thread yang dianggap tidak layak diskusikan/ditampilkan lebih lanjut. Sebaliknya, moderator forum juga dapat memposting sebuah diskusi/thread tanpa batas walaupun dikit yg komentar, karena diskusi/thread dianggap layak dan berguna.


Tugas moderator beragam. Beberapa moderator hampir tak terlihat, mereka hanya muncul ke permukaan ketika situasi/masalah timbul yang tampaknya tidak mungkin diatasi sendiri. Moderator forum lain selalu ada dipos mereka, siap untuk bersyafaat pada petunjuk terkecil dari suatu wacana. Moderator forum publik sering harus menegakkan aturan terhadap perilaku dan kesopanan, sebagai kontributor publik mereka cenderung aktif berkomunikasi tanpa meninggalkan pos,


Forum swasta terkait dengan suatu website atau kelompok sering beroperasi sedikit berbeda. Moderator mungkin akrab dengan anggota, dan mungkin lebih longgar dalam menegakkan aturan. Standar sangat berbeda dalam forum, dan pendatang baru disarankan untuk memposting dengan hati-hati sampai mereka mendapatkan nuansa umum dari atmosfer forum. Terlepas dari topik forum atau suasana, sebagian melarang pertukaran materi ilegal atau hak cipta.


Moderator kadang-kadang didorong untuk bergabung dalam suatu diskusi, terutama jika mereka memiliki keahlian dan pengalaman atas topic yg didiskusikan atau berkontribusi dalam memberi saran2. Forum lainnya lebih suka moderator mereka benar-benar objektif dan tidak memihak. Kadang-kadang moderator mengarahkan suatu diskusi jikalau suasana memanas yg bisa menimbulkan konflik berkepanjangan (ini sf dc emoticon-Big Grin)


Selain bertindak sebagai orang tua atau wali konten forum, moderator forum juga bertanggung jawab untuk menjaga integritas forum dengan cara2 lain. Hal ini memerlukan pengetahuan tentang HTML dan ketajaman pd pergerakan, penggabungan, penambahan , dan penghapusan teks, grafik, dan link. Kontributor akan sering bertanya pd moderator untuk membantu mereka dlm masalah teknis dengan akses situs dan posting.


Tambahan tugas seorang moderator forum mungkin termasuk relokasi diskusi ke bagian yang lebih tepat, menutup atau mengunci thread didasari kurangnya minat contributor pd thread tsb atau kurangnya aktifitas terbaru, mengedit posting untuk kejelasan atau konten, dan menghapus thread. Penghapusan Thread dapat bersifat sementara atau permanen, tergantung pada kebijaksanaan dari moderator.


Jika kontributor bertindak kasar dan menolak untuk menghentikan perilaku yang tidak dapat diterima, moderator biasanya memiliki kewenangan untuk memberikan sanki pd pengguna.


emoticon-I Love Kaskus
emoticon-I Love Indonesia

nb: ts mau nyangkul dulu, ntar balik lagi emoticon-Big Grin
nona212
nona212 memberi reputasi
1
4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.