freddyguarinAvatar border
TS
freddyguarin
Bangun rusun di Marunda, Ahok jual tanah 10 ha di Kelapa Gading gan


Pemprov DKI Jakarta mempunyai lahan 10 hektare di wilayah Kelapa Gading. Tanah milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI itu sehari-hari hanya dibuat untuk tempat alat-alat berat.

Karena kurang optimal penggunaannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana menjual tanah tersebut. Hasil penjualan tanah itu akan dibelikan tanah lagi di wilayah Marunda.

"Tanah kita yang PU ada 10 hektare lebih di Kelapa Gading itu kan daerah mahal. Kalau daerah Kelapa Gading kamu taroh alat berat kan lucu, terlalu mahal terlalu mewah gitu loh," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (27/3).

Karena itu, Ahok berkeinginan tanah yang nilainya mahal tersebut dibarter dengan tanah harganya lebih murah. Selain bisa menaruh alat berat, sisa lahan tanah lainnya bisa sebagai lahan untuk membangun rusunawa.

"Makanya kita kasih di Jakpro (PT Jakarta Propertindo), Jakpro kan perusahaan kita, eh kamu tolong beli nih, nilai tanah ini berapa, kamu carikan tanah pengganti 10 hektare yang sama tapi dekat di Marunda," jelas Ahok.

Jika dibelikan di wilayah Marunda, tentu saja akan lebih murah. "Marundanya dekat rumah susun, selisih dong timpang banget di bawah satu juta di sini. Di sana bisa puluhan juta nih, sisa duitnya kamu bikinkan rumah susun sama bengkelnya, PU tadi buat taruh alat-alat berat, saya pengen selesainya 7 bulan delapan bulan," ujarnya.

Alasan Ahok memusatkan pembangunan rusun di Marunda, karena wilayah ini akan menjadi pusat industri. "Kita mau pusatkan di Marunda, kenapa? karena KBN akan bangun lagi 170 hektar pabrik-pabrik akan menyerap 30-40 ribu tenaga kerja. Jadi kamu kerja langsung dekat," jelas Ahok.

Pembangunan rusun baru di Marunda nanti bisa ditempati oleh orang-orang yang biasa tinggal di bantaran kali. Sebab, kali-kali di Jakarta tahun ini akan dinormalisasi.

"Iya (tahun ini). Jadi kita enggak pakai tender, kita mau selesai cepet. Nah Itu yang mau kita lakukan sekarang. Supaya bisa cepet, Pak Gubernur inginnya orang-orang yang tinggal di pinggir-pinggir di sungai ini langsung ditaruh di rumah susun," tandasnya.



sumber : http://www.merdeka.com/jakarta/bangu...pa-gading.html
0
17.3K
232
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.